Satu Tahun Pandemi: Bagaimana Pandemi Membawa Perubahan Positif Bagi Diri

Sudah 1 tahun lebih berlalu kita hidup berdampingan dengan virus mematikan yakni virus Covid-19. Kemunculannya yang diberitakan dimana saja, dibahas dimana saja, dan terjadi dimana saja membuat eksistensinya tidak pernah padam. Seluruh media yang kita konsumsi sehari-hari hampir tidak mungkin tidak memberikan informasi mengenai berita terkini Covid-19. Hingga saat ini, belum terlihat jelas kapan pandemi ini akan selesai meskipun vaksin bagi virus ini telah ditemukan. Pasalnya, virus Covid-19 jenis baru yang bermutasi lebih cepat dari virus sebelumnya yakni jenis B117. Sedangkan setelah uji coba virus dilakukan, masih terdapat kasus orang yang sudah di vaksin masih bisa tertular Covid-19.

Dalam masa pandemi yang sulit ini tentunya kita tidak bisa berlarut-larut merasa tertekan dengan keadaan yang ada karena keadaan yang sekarang ini harus kita terima dan jalani meskipun sulit. Hidup harus tetap berjalan tentunya kita menjalani dengan cara yang baru sesuai dengan situasi dan kondisi masa pandemi. Di masa pandemi ini saat mayoritas kegiatan diluar rumah dilarang dengan tujuan untuk memutus rantai Covid-19 membuat kita terisolasi dari dunia luar. Hal ini tentu saja memberikan rasa bosan, tertekan, stress, gelisah, cemas, gangguan emosi, emosional, dan lain sebagainya mulai muncul dan mendorong kita untuk berkeliaran diluar mencari dan beraktivitas diluar seperti sebelum pandemi terjadi.

Pandemi tidak hanya memberikan kepahitan bagi hidup kita namun juga pembelajaran. Pembelajaran ini dapat berupa pengendalian diri untuk tidak egois dengan menerapkan protokol kesehatan agar kita tidak menjadi pembawa virus bagi orang lain, tidak egois dengan berkeliaran jika tidak perlu keluar rumah, dan dapat menjadi sarana bagi kita untuk lebih memperhatikan diri kita sendiri dan orang lain disekitar kita yang terdekat, contohnya keluarga.

Dengan banyaknya kegiatan dirumah dapat memberikan waktu yang lebih bagi kita di rumah bersama keluarga. Kita juga bisa mengembangkan diri dengan menemukan jenis hobi baru yang kita sukai yang bisa digunakan untuk melewati waktu dan mengusir bosan. Seperti yang hits dilakukan masa pandemi ini banyak hobi-hobi baru yang bisa dilakukan dirumah menjadi populer. Contohnya menanam tanaman, memelihara ikan, bermain musik, belajar bahasa, berolahraga, dan lain sebagainya.

Yah meskipun banyak pekerjaan yang menjadi sulit untuk dikerjakan di masa pandemic ini, namun itu juga mengajarkan kita untuk tetap tabah dan berjuang lebih lagi untuk menghadapi realita yang ada. Banyak orang yang terkena dampak dari pandemic ini seperti terkena PHK, maupun pengurangan gaji. Namun tidak sedikit juga ternyata generasi muda yang mulai bergerak untuk membuka bisnis-bisnis baru seperti membuka online shop makanan, berjualan pakaian, dan banyak lainnya. Tidak hanya untuk menjaga diri tetap produktif, namun juga mendapatkan uang saku lebih! Lumayan bukan?.

Yuk belajar untuk melihat segala sesuatu dari sisi positifnya juga!. Barangkali dari hobi baru yang kamu lakukan di rumah bisa menjadi suatu peluang bisnis yang lebih besar bagi kamu di kedepan hari bukan?.

 

Daftar Pustaka

Putri, Maria (2021, Februari 24). Berdiam di Rumah Sepanjang Pandemi Ternyata Bawa Efek Positif. Kompas.com. diakses pada https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/24/060000820/berdiam-di-rumah-sepanjang-pandemi-ternyata-bawa-efek-positif. 11 Maret 2021.

Tim CNN. (2020, Mei 5). Dampak Positif-Negatif Pandemi pada Hubungan Keluarga. Cnnindonesia.com. Diakses pada https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200514141751-284-503363/dampak-positif-negatif-pandemi-pada-hubungan-keluarga. 11 Maret 2021.

Ramadhanny, Fitraya. (2020, April 12). 3 Perubahan Positif Bumi yang Mesti Dijaga Usai Pandemi Corona. Detik.com. diakses pada https://inet.detik.com/science/d-4973896/3-perubahan-positif-bumi-yang-mesti-dijaga-usai-pandemi-corona. 11 Maret 2021.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *