Rumah Abu Han Bersiap Sambut Imlek.Jawa Pos.7 Januari 2018.Hal.7_Freddy H Istanto

SURABAYA – Rumah Abu Ha mulai menyiapkan diri menyambut perayaan Imlek tahun ini. Ada sejumlah tradisi di tempat sembahyang leluhur Han Bwee Koo itu. Baik menjelang maupun Bwee Koo itu. Baik menjelang maupun pada saat perayaan.

Beberapa persiapan yang terlihat di rumah ibadaha di Jalan Karet Nomor 72, Pabean, itu adalah bersih-bersih serta menyiapkan ratusan teh dan tempat sajian makanan. Minuman dan makanan disajikan menjelang perayaan Imlek. “Kalau dekat Imlek begini memang lebih sering ada yang sembahyang,” kata Prayitno Suwito, salah seorang penjaga Rumah Abu Han.

Ratusan cangkir itu disiapkan di bagian halaman belakang rumah. Bagian depan rumah, tempat persembahyangan, juga mulai dibersihkan. Bejan dupa beserta lemari berisi tablet (papan nama) arwah leluhur diusap dengan menggunakan kemoceng. Memebersihkan tablet bukan pekerjaa ringan. Ada ratusan tablet yang harus dijaga di rumah tersebut.

Bukan itu saja. Lantai marmer di ruang keluarga dan ruang sebahyang juga harus selalu bersih. Terutama menjelang momen-momen penting seperti Imlek. “Setiap Imlek sudah pasti ada acara keluarga di sini,” jelasnya (bii/c7/eko)

 

Sumber: Jawa-Pos.7-Januari-2018.Hal_.7

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *