Riset Rancang Bangun Sistem Unggah Mandiri Tugas Akhir

Pada 26 April 2021 lalu Anthony Theon (20417901) yang merupakan mahasisiwa tingkat akhir dari prodi IMT melakukan penelitian di UC Library selama 50 hari. Theon diminta untuk meneliti pengembangan sistem unggah mandiri tugas akhir UC Library.

Sejak awal waktu magang Theon berdiskusi dengan pak Abi dan pak Chrisyandi sebagai penanggung jawab selama Theon magang di UC Library tentang bagaimana pengembangan sistem unggah mandiri yang ingin dibangun. UC Library berharap agar sistem yang terbangun dapat mengintegrasikan antara Ciputra Information System dan dspace.

Pada hari yang ke 29 Theon berusaha mengkonfirmasi alur yang telah dikerjakan kepada Tim UC Library dan Tim ICT. Demo awal ini masih dalam bentuk sederhana untuk mendapatkan feedback dari Tim UC Library dan Tim ICT. Simulasi dibuat dalam bentuk aplikasi web dengan tujuan agar mahasiswa UC dapat upload tugas akhir secara mandiri dan dapat tervalidasi oleh Dosen pembimbing dan Admin Library. Bahasa pemrograman yang digunakan ialah HTML, CSS, PHP, MySQL, Blade. Framework yang digunakan ialah Laravel.

Setelah Theon selesai menunjukkan demonya, pak Abi menjelaskan kepada Tim ICT bahwa pada alur upload mandiri ada bagian approval dari dosen pembimbing, tujuannya ialah untuk menghindari pengumpulan file TA yang belum final ke UC Library. Menurut Bu Linda (Tim ICT) penambahan alur dapat dibicarakan dengan pihak BAA jika ingin ditambahkan. Beliau menambahkan agar pada pertemuan berikutnya Theon dapat menampilkan demo full dengan menambahkan field yang sesuai dengan ketentuan pengumpulan tugas akhir dan keseluruhan proses upload mandiri dari awal hingga akhir, baik itu dari tampilan mahasiswa, dosen dan admin library. Menurut pak Nugroho (Tim ICT), Theon harus melakukan riset terlebih dahulu dari interface dari CIS ke dspace, setelah itu baru menentukan alurnya seperti apa. Hal ini dimaksudkan agar filter API antara CIS dan dspace bisa disesuaikan. Pak Nugroho juga memberikan referensi untuk memudahkan Theon memahami cara kerja dspace.

Untuk pengembangan selanjutnya hasil riset dari Theon akan diberikan kepada Tim ICT untuk diterapakan pada kedua sistem tadi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *