Pustakawan UC menjadi fasilitator SLDC

Pada Kamis, 8 Juli lalu, salah satu Pustakawan UC, Pak Christye Dato Pango, S.Sos., M.A. menjadi salah satu fasilitator SLDC (Student Mentor Leadership and Development Camp) yang diadakan oleh Student and Alumni Affairs (BMA). Acara ini dilaksanakan dalm rangka membimbing mahasiswa baru melalui program Mentoring yang berlangsung selama 1 tahun atau 2 semester. Untuk melengkapi kemampuan para mentor maka pihak BMA mengadakan pelatihan-pelatihan agar mentor lebih mengetauhi bagaimana cara-cara menangani mentee, misalnya cara bertanya yang baik dan informasi spesifik terkait pembelajaran di masing-masing program studi.

Latar belakang kegiatan SLDC?

Masa transisi atau masa perpindahan dari SMA menuju kuliah adalah fase penting karena berbagai perubahan dapat muncul, sehingga tidak menutup kemungkinan mahasiswa baru mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan menyesuaikan lingkungan kampus. Oleh karena itu Universitas ciputra selalu membimbing mahasiswa baru melalui program Mentoring yang berlangsung selama 1 tahun atau 2 semester. Mentoring sendiri dimulai tepat setelah Oweek atau saat minggu pertama perkuliahan.

Mentoring adalah program yang di desain oleh Universitas Ciputra untuk semua mahasiswa baru, tujuannya untuk membantu mahasiswa baru dalah berdaptasi, belajar mengenai campus life dan lain sebagainya. Program mentoring ini pertama kali direlease lebih dari 8 tahun lalu. Dari tahun ke tahun mentoring juga mengalami berbagai perubahan dan pembaharuan agar mentoring terus berkembang kearah yang lebih baik.

Mahasiswa yang dapat menjadi Mentor adalah mahasiswa tingkat lanjut yang memiliki prestasi academic dan karakter yang baik. Salah satu harapan dari kegiatan mentoring ini adalah mentor dan mentee dapat menjadi teman sehingga ketika mahasiswa baru memerlukan bantuan bisa di arahkan mengingat jenjang usia yang tidaklah jauh. Inilah yang menjadi salah satu faktor pendorong yang membuat mahasiswa baru merasa lebih nyaman ketika sharing.

Untuk melengkapi kemampuan para mentor maka pihak Biro Mahasiswa dan Alumni (BMA) mengadakan pelatihan-pelatihan pembicaranya berasal dari dosen – dosen Psikologi, pembina SU, Konselor, dosen PA masing-masing prodi yang bertujuan agar mentor lebih mengetauhi bagaimana cara-cara menangani mentee, misalnya cara bertanya yang baik dan informasi spesifik terkait pembelajaran di masing-masing program studi. Universitas Ciputra berharap melalui program ini mahasiswa baru dapat menjalani fase transisi dengan lebih baik dan memiliki pertemanan yang sehat.  Mengingat tugas dan tanggung jawab mentor sangat besar maka BMA memepersiapkan sebuah modul khusus untuk pembekalan mentor sebelum kakak mentor bertugas melalui Student Mentor Leadership and Development Retreat dan Student Mentor Leadership and Development Camp yang diselenggarakan selama 6 hari.

 

Tujuan diadakan SLDC?

1.      Mentor mampu mengenali dan menerima dirinya dengan lebih baik, mengembangkan intrapersonal skill (SLDR dan Day 3)

2.      Mentor mampu menciptakan lingkungan pertemanan yang sehat agar mentee dapat mengembangkan potensi diri (Day 1)

3.      Mentor mampu menciptakan lingkungan pertemanan yang sehat untuk mengembangkan relasi sosial yang berkualitas bagi mentee (Day 2)

4.      Mentor mampu memfasilitasi proses penyesuaian diri mentee pada lingkungan kampus (Day 2)

5.      Mentor mampu mengidentifikasi problem akademik dan non akademik yang dapat berpengaruh pada kehidupan perkuliahan mahasiswa dan tindakan preventif yang dapat dilakukan. (Day 2)

6.      Mentor dapat menangani problem akademik dan non akademik yang muncul pada mentee (Day 4)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.