TIPS ANTI PLAGIARISME UNTUK MAHASISWA UC

“Tinggal copy paste aja, dosennya gak ngecek kok”, kata-kata yang sudah tidak asing lagi diucapkan oleh para mahasiswa. Pada zaman millennial ini, akses internet sudah tidak lagi susah untuk didapatkan. Bahkan, mencari apapun sekarang sudah bisa dilakukan dengan cepat dan lengkap di internet. Hal ini menjadikan kasus plagiarisme mulai merajalela. Sangat disayangkan karena tujuan dari Pendidikan adalah untuk melatih para pelajar untuk bisa berpikir kritis daripada harus mengambil informasi dari internet tanpa membacanya terlebih dahulu.

Plagiarisme berasal dari bahasa yunani. Plagiarius bermakna penculik dan plagium berarti menculik. Dalam kamus besar bahasa indonesia “plagiat” diartikan sebagai pengambilan karya orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan sendiri. Plagiarisme tentu merupakan pelanggaran atas hak cipta sebagaimana diatur dalam uu no. 17 tahun 2010

 

2 hal paling dominan mengapa melakukan plagiat?

  1. Malas
  2. Panik

Tips menghindari plagiat:

  1. Mengatur waktu pengerjaan.
  • Hindari mengerjakan sistem kebut semalam, untuk menghindari copypaste karena terdesak waktu.
  1. Mencatat atau menyimpan temuan sumber referensi dengan reference management tools. Salah satunya dengan mendeley.
  • Gunakan sumber referensi yang dapat dipercaya.
  • Gunakan referensi yang berkaitan denga nisi karya tulis.
  1. Memparafrase kutipan.
  2. Menggunakan plagiarism tools, salah satunya turnitin.

 

Definisi paraphrase menurut kbbi, https://kbbi.web.id/parafrasa:

  1. Pengungkapan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi yang lain tanpa mengubah pengertian;
  2. Penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi.

Tips memparafrase:

  1. Pahami maknanya dengan membaca beberapa kali
  2. Mencatat kata kunci.
  3. Menulis ulang dengan kata-kata sendiri tanpa melihat sumber aslinya atau merubah struktur kalimatnya.
  4. Membandingkan hasil paraphrase dengan teks aslinya.

 

Bagi UC People yang hendak berkonsultasi seputar plagiarisme dan tips & trik parafrase, silahkan memaanfaatkan layanan Information Literacy Class UC Library.

Information Literacy Class atau Kelas Literasi Informasi merupakan program yang diselenggarakan oleh UC Library yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada sivitas akademika, khususnya mahasiswa dalam kegiatan akademik, dalam penelusuran informasi, sitasi serta kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah.
Kelas ini juga bertujuan untuk mengembangkan fungsi pustakawan di UC Library sebagai partner pengguna, untuk memberikan ilmu pengetahuan khusus yang berkaitan dengan kegiatan akademik civitas terutama dalam melakukan pengerjaan tugas akhir, penulisan ilmiah baik bagi dosen dan mahasiswa. Adapun topik yang sudah disusun oleh pustakawan Universitas Ciputra Surabaya dalam program kelas literasi informasi ini diantaranya adalah:

– Plagiarism 101
– Reference Manager Mendeley
– How to make Automatic Table of Content in MS Word

Untuk pengajuan kelas literasi informasi virtual (individu, kelompok, atau kelas), dapat diakses melalui tautan: https://bit.ly/requestilc
UC Library siap melayani dan mendampingi. Terima kasih 🙏

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.