Plagiarism 101 & Reference Manager Mendeley – INFORMATION LITERACY CLASS (March 2022)

Information Literacy Class : March 2022

 

Siapa sih disini yang suka kalau karangan pribadi diambil hak miliknya oleh orang lain? Tentu tidak ada yang akan suka jika di plagiat bukan? Bahkan pada PERMENDIKNAS no. 17 tahun 2010 saja sudah dengan jelas menuliskan mengenai beberapa pasal plagiarisme. Namun nyatanya, memang masih banyak sekali kasus plagiarisme khususnya pada kalangan siswa atau mahasiswa. Nah, pada Information Literacy Class (ILC) bulan Maret 2022 yang diadakan oleh UC Library ini kalian akan diajarkan tips & trik untuk menghindari plagiarisme. Setelah itu kalian akan diajarkan cara menggunakan reference manager mendeley agar kalian mudah menyusun tulisan ilmiah. Selain itu ada juga lho informasi tentang bagaimana caranya mendapatkan sumber literatur dari berbagai sumber e-resources yang sah. Acara yang dipandu oleh Pak Raden Panji J. Udik Esbiantoro, S.S | (Staff Perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya (Pustakawan)) ini juga memberikan informasi seputar layanan UC Library yang dapat kalian manfaatkan selama pandemi.

Bagi kalian yang bingung mengenai bagaimana caranya menurunkan prosentase similarity index plagiarisme, mungkin kalian harus mencoba beberapa cara seperti paraphrase. Paraphrase sendiri merupakan suatu cara meminjam ide ataupun gagasan dari sebuah sumber tanpa menjadi plagiat. Melakukan paraphrase ini bisa dimulai dengan cara memahami makna dari sumber terlebih dahulu, mencatat kata kunci, lalu kemudian menulis kembali dengan kata-kata kalian sendiri atau bisa juga dengan merubah struktur kalimat. Bagi kalian yang masih kebingungan, ternyata ada banyak tools yang dapat membantu kalian dalam melakukan paraphrase, contohnya seperti dupli checker, paraphrasing tool, quillbot, spinner.id, juga smodin. Dalam melakukan sitasi, kalian juga bisa menggunakkan beberapa tools reference manager seperti endnote, Zotero, Mendeley, refworks, dan banyak lainnya. Namun pada ILC ini, kita akan berfokus dalam penggunaan Mendeley sebagai reference manager tools.

Dalam ILC ini, kita juga akan diajarkan cara-cara untuk mengakses E-Journal Emerald secara serentak ataupun bersamaan. Jadi jika kita mengalami kendala dalam mengakses E-Journal Emerald tersebut, kita bisa langsung mengonsultasikannya kepada Pak Panji. Situs Emerald ini akan membantu kalian dalam mencari journal atau buku yang hendak kalian cari.

Selanjutnya, dilanjutkan juga dengan penjelasan mengenai Mendeley Desktop. Bagi kalian yang belum pernah mendengar mengenai Mendeley Desktop, maka kalian akan mendapatkan banyak sekali informasi penting khususnya bagi kalian yang hendak mengerjakan tugas akhir kalian. Mendeley Desktop sendiri merupakan suatu alat yang dapat membantu kita dalam mensitasi dalam sebuah karya tulis. Pak Panji menjelaskan secara detail mulai dari bagaimana cara mendownload aplikasi Mendeley Desktop ini sendiri hingga cara penggunaannya. Selain Mendeley, juga akan ada Install tools dimana juga bisa digunakan dalam tugas kalian. Ada 2 hal yang perlu di install, yaitu install web importer, dan yang kedua adalah install Ms Word Plugin. Ini berfungsi agar ketika kita menggunakan suatu sumber dari website, yang nantinya akan di masukkan kedalam Mendeley dan kemudian akan connect ke dalam Ms Word. Pak Panji akan menjelaskan serta juga memberikan berbagai macam contoh mengenai penggunaan dari Mendeley tersebut, jadi bagi kalian yang masih bingung tidak perlu takut.

Dalam ILC ini, kalian juga bisa belajar mengenai cara untuk membangun database (Look up DOI). Digital Object Identifier (DOI) berarti alat pengenal permanen suatu dokumen elektronik. Pada look up DOI ini, tentu disarankan untuk selalu membaca artikel terlebih dahulu agar mengerti mengenai apa yang ada didalam artikel tersebut sebelum melakukan sitasi. Selain DOI, bisa juga membangun database dengan cara menginput manual. Hal ini biasanya dilakukan jika sudah tidak ada lagi sumber elektronik yang bisa dicari. Juga, bisa dari buku, journal, atau artikel yang memang sudah sangat lama sehingga tidak ditemukan sumber elektroniknya.

Jadi, untuk kalian yang masih bingung dalam menurunkan prosentase plagiarisme baik dalam tesis ataupun tugas kalian, kalian bisa mengikuti seminar Information Literacy Class yang diadakan UC Library setiap bulannya!. Dijamin deh kalian akan mendapatkan banyak sekali informasi yang berguna bagi tugas-tugas kalian!. Ditambah lagi, diakhir pertemuan ILC ini, UC Library selalu mengadakan permainan dari Quizzi yang berhadiah menarik! See you on the next Information Literacy Class.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.