Pentingnya Pencarian Informasi (Information Literacy Class – January 2021)

Para mahasiswa tentu sering kali digentarkan dengan satu kata ini, yaitu skripsi. Seram rasanya jika membayangkan suatu saat nanti kalian harus dihadapkan dengan satu tugas yang akan menentukkan kelulusan kalian. Belum lagi ditemani dengan banyaknya cerita horror mengenai dosen yang susah dihubungi, ataupun dosen yang galak. Ya siapa sih yang tidak geram jika terus-terusan harus merevisi hal yang sama terus menerus? Harus sangat perfect deh rasanya baru mendapatkan tanda tangan dari dosen. Tapi tenang guys! Universitas Ciputra Library terus menerus menghujani kita dengan berbagai ilmunya yang tentunya dapat membantu kita di masa perkuliahan ini! UC Library kali ini kembali mengadakan kegiatan Information Literacy Class yang diadakan pada tanggal 26 Januari 2021 lalu. Acara ini dihadiri oleh 51 orang melalui Zoom Meeting dengan harapan para pesertanya bisa belajar tips and trik cara menelusur informasi dan mencari bahan referensi untuk tugas akhir, belajar mengenai penggunaan koleksi e-resources, menelusur koleski tugas akhir, pencarian informasi pada Online Public Access Catalog, informasi layanan UC Library di masa pandemi serta belajar reference manager Endnote yang sangat berguna untuk mendukung proses pengerjaan penelitian dan tugas akhir.

Acara yang dimulai sekitar Pkl. 14.00 WIB ini diawali dengan sesi pertama yang dinarasumberi oleh Bapak Raden Panji J., S.S selaku staff perpustakaan Universitas Ciputra dan menjelaskan tentang pentingnya penelusuran informasi yang akurat. “Sebelum kita memulai dalam membuat tugas akhir, kita perlu mengetahui dulu apa sih topik bahasan yang  mau kita ulas. Seperti yang kita tahu, penelusuran informasi sendiri bisa dilakukan melalui media tercetak seperti buku, majalah, jurnal, dll. Namun kita juga bisa melakukan pencarian melalui online loh!” Demikian paparan Pak Panji. Pentingnya penelusuran informasi ini dilakukan agar kita dapat mengidentifikasi sumber-sumber informasi di internet yang kita butuhkan. Tahu sendiri kan, ada jutaan sumber informasi di Internet namun hanya ratusan atau ribuan saya yang mungkin berkaitan dengan topik bahasan kita. Nah, Pak Panji disini berusaha menjelaskan kepada kita bagaimana untuk menentukan strategi pencarian yang tepat nih! Pak Panji mulai dengan memperkenalkan kita dengan 2 website yang digunakkan untuk pencarian jurnal ilmiah Indonesia yaitu http://garuda.ristekbrin.go.id dan juga http://e-resources.perpusnas.go.id/. Keduanya tentu memiliki artikel maupun jurnal-jurnal terpercaya yang tidak usah diragukan lagi! Tapi perbedaannya, di perpusnas kamu harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota yah! Kedua website tersebut tentu akan membantu kita mencari artikel-artikel yang kredibel, dibanding kamu harus menyelusuri website-website yang tidak jelas dan luas di google. Nah setelah memperkenalkan kita dengan 2 website tadi, Pak Panji kemudian menjelaskan juga mengenai beberapa domain yang bisa dipakai dan domain yang harus dihindari untuk menjadi suatu sumber informasi. Jenis-jenis domain itu sendiri sebenarnya ada 4, yaitu edu, gov, com, dan net. Namun tidak semuanya itu terpercaya loh, hal ini biasanya dikarenakan adanya sumber yang terbuka bagi semua orang untuk menyunting artikel tersebut. Maka dari itu, semua orang memiliki akses yang terbuka dan bisa saja memberi informasi salah di website tersebut. Beberapa domain yang harus dihindari yaitu blogger/blogspot, wordpress, tumblr, journal, blog, weebly, penzu, dan juga Wikipedia. Nah hayoloh siapa diantara kalian yang daridulu kalau mencari artikel selalu di domain-domain diatas? Teliti lagi yah teman-teman.

Nah setelah kalian tahu mana yang bagus untuk diakses dan mana yang tidak, sekarang kalian juga bisa mengetahui rating/peringkat jurnal yang kalian akses. Ini tentu akan sangat membantu kita ketika melakukan pencarian di internet. Kalian pasti mau dong mencari jurnal yang sudah terpercaya dan lengkap? Oleh karena itu kalian bisa melihat peringkat jurnal di beberapa website seperti sinta.ristekbrin.go.id, scopus.com, dan scimagojr.com. Dengan begitu, kalian bisa mengurangi adanya journal-journal palsu dan tidak kredibel dan langsung menuju ke journal dengan rating yang tinggi. Nah untuk mahasiswa UC sendiri nih, tahu gak sih kalian kalau ternyata UC sudah menyediakan situs tersendiri untuk melakukan pencarian topik skripsi/tesis. Caranya, kalian bisa langsung mengakses ke dspace.uc.ac.id  dan tinggal kalian cari judul tugas akhir yang hendak kalian jadikan referensi dalam tugas akhir kalian.

Setelah itu, dilanjutkan sesi kedua oleh Bapak Teofilus, S.E., M.M. (Dosen International Business Management UC, Guest Reviewer Jurnal Sinta) di mana di sesi ini dijelaskan mengenai salah satu aplikasi publish or perish. Singkatnya, aplikasi ini bekerja untuk mencari suatu artikel yang tentu sudah kredibel dan dilengkapi dengan informasi-informasi seperti berapa orang yang sudah mengakses artikel tersebut, tahun berapa informasi tersebut dibuat, dan rankingnya juga loh! Aplikasi ini tentu akan sangat membantu kalian khususnya yang sedang pusing mikirin skripsi. Jika masih kurang juga, kalian juga bisa mengakses ke openknowledgemaps.org dimana website itu merupakan sebuah tools untuk mengetahui ada apa saja yang bisa akita bahas dalam satu topik tertentu. Nah jadi kalian gak perlu susah-susah lagi nih mikirin mau bahas apa lagi, karena semua sudah lengkap disana! Dilengkapi dengan sumber pdf dan artikel lainnya loh untuk mengetahui urgensi kita saat menulis suatu topik bahasan. Setelah itu Pak Teofilus juga menjelaskan bagaimana mensitasi dan membuat daftar pustaka dan mengolah jurnal di reference manager Endnote .

Masih ragu untuk mengikuti kelas seperti ini? Kapan lagi mendapat informasi mahal secara gratis dan ditemani juga dengan dosen-dosen yang ramah! Oh ya, UC Library juga ternyata tidak hanya mengadakan kegiatan sebulan sekali seperti ini loh, namun mereka juga sering melakukan kunjungan untuk menumbuhkan kecintaan akan literasi di masyarakat, mengadakan quiz, E-Newsletter yang tayang setiap 2 bulan, dan banyak lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *