Pekerjaan Jaman Now itu Gimana Sih? (Liputan iTalk “Make Your Content Outstanding”)

Kehidupan manusia mau tidak mau pasti selalu terpengaruh dengan kehidupan sekelilingnya, dan secara tidak sadar pasti akan terjadi berbagai perubahan sosial didalamnya. Seiring dengan perkembangan jaman, tentu bertambah pula berbagai pekerjaan yang selama ini mungkin tidak pernah kita pikirkan. 10 tahun lalu, dimana internet mungkin masih belum cukup canggih, mungkin konsep dari pekerjaan yang ada di pikiran kita hanya akan tetap berkutat di pekerjaan fisik saja. Mulai dari chef, supir, jasa, dan beberapa pekerjaan yang ‘terlihat’. Namun siapa sangka ternyata sekarang jenis-jenis pekerjaan sudah banyak yang bertambah, namun tentu juga ada pekerjaan yang hampir punah loh!. Yap, salah satu pekerjaan yang kira-kira pada jaman ini sedang naik daun dan diminati oleh banyak orang yaitu menjadi salah satu konten creator.

Nah, kepo gak sih mengenai pekerjaan apa sih itu konten creator? Universitas Ciputra Library kembali mengadakan iTalk dengan judul ‘’Make Your Content Outstanding” yang digelar pada tanggal 11 Februari 2021 kemarin. iTalk yang diadakan melalui Zoom ini dihadiri oleh kurang lebihnya 223 partisipan dan mendatangkan 2 narasumber yaitu Miela Indarto sebagai Head of Content Kreativv dan juga Gabriela LD Swastika sebagai dosen fakultas Ilmu Komunikasi di UC. Yap, Universitas Ciputra juga menggandeng Kreativv yaitu salah satu Indonesia leading digital creative entrepreneurship media and community. Innovation Talk kali ini diadakan dengan harapan agar para pesertanya dapat menemukan ide kreatif, mengajarkan bagaimana menjadi copywriter yang handal, serta cara-cara untuk menjadi content creator yang kreatif serta unik ditengah masa pandemi ini.

Konten creator ini sendiri merupakan salah satu pekerjaan yang tentunya sangat menguntungkan loh! Pekerjaan ini terlahir dari maraknya penggunaan teknologi pada jaman ini. Jika dulu kita hanya melihat ada selebriti di televisi, namun sekarang seorang konten creator itu sendiri dapat diibaratkan sebagai seorang ‘artis di media social’. Pada sesi pertama Innovation Talk kali ini, Bu Gabriela atau Bu Gabby menjelaskan apa itu komunikasi massa, bagaimana mendistribusikan konten, apa yang perlu diperhatiin agar konten kalian diliat banyak orang/ prinsip persuasi, model pemasarannya, dan sekilas tentang copywriting dan content writing.

Sesi kedua yang dibawakan oleh Miela Indarto menjelaskan mengenai cara kerja dari seorang content creator itu sendiri. Platform social media itu sendiri selalu berkembang dan berubah tanpa henti. Sesuatu yang sedang hype hari ini, bisa saja terlupakan begitu saja sebulan kemudian. Nah hal ini dikarenakan banyaknya trend-trend baru yang dinamis terus beredar di masyarakat. Trend itu sendiri bisa berupa challenge, 1 minute video, memes, dan masih banyak lainnya. Belum lagi perubahan dari feature yang disediakan oleh media social itu sendiri. Media social seperti Instagram, TikTok, Facebook, YouTube, dan masih banyak platform lainnya tentu akan terus mengembangkan fiturnya agar penggunanya tidak bosan kan? Media social juga terus “menyuguhi” kita para penggunanya sesuatu yang baru sesuai dengan algorithmnya. Algorithm itu sendiri apa sih? Nah, pernah gak sih kalian merasa kalau beberapa jam lalu kalian sedang asik membahas suatu topik pembicaraan dengan teman kalian, eh ternyata salah satu topik pembicaraan tersebut muncul di explore media social kalian? Eits, itu bukan kebetulan loh!, tentunya media social seperti Instagram itu selalu menyiapkan post-post’an yang berhubungan dengan interest kalian!. Seperti yang kita tahu sendiri, ada milyaran orang yang menggunakan media social, dan tentunya setiap individunya memiliki interest yang berbeda-beda. Ada yang mungkin suka konten-konten romantic, comedy, fashion, creepypasta, dan masih banyak jenis lainnya loh. Nah dari sinilah dimana seorang content creator bisa mengembangkan bakatnya!. Seorang konten creator itu sendiri merupakan orang yang menyiapkan konten-konten kreatif agar para pengikut maupun penontonnya dapat menikmati konten yang mereka buat.

Sudah paham kan sekarang gambaran dari seorang content creator itu sendiri? Yuk kita lanjut ke cara pengembangannya! Seorang konten creator harus bisa menentukan interest mereka didalam suatu media. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui audiens dari para pengikut kalian itu siapa sih? Dan apa yang sebenarnya mereka cari ketika mengikuti kalian, namun ingat, jangan sampai salah sasaran yah! Seorang konten creator juga harus bisa memberikan konten-konten yang terbaik mengingat banyaknya competitor lain yang ada diluar sana. Jadi, pintar-pintarlah menangkap audiens di media sosial yah! Pastikan deh kalian tahu selera para pengikut kalian bagaimana. Kemudian setelah itu, kalian juga harus bisa mempersuasi para pengikut kalian untuk tetap percaya dan “mengikuti” kalian. Sesuai dengan yang dijelaskan oleh Bu Gabriela LD, bahwa terdapat 3 pillar penting saat kalian mempersuasi massa. Pertama, kalian harus menciptakan Ethos atau kredibilitas yang kuat dengan pengikut kalian. Kredibilitas ini sendiri bisa dibangun dengan cara menunjukkan track record dari kehidupan kalian di masa lampau. Dengan bagitu, pengikut kalian dapat menjadi lebih percaya karena track record kalian itu dipandang bagus oleh mereka! Kedua yaitu Pathos atau emotion, nah kali ini kalian bisa mulai untuk mencari koneksi dengan orang-orang maupun dengan penonton kalian. Caranya gimana sih untuk menjalin koneksi yang baik dengan penonton? Tentu kalian bisa memanfaatkan feature yang sudah disediakan oleh media sosial dong! Contohnya, di Instagram kalian bisa mulai dengan menggunakkan polling, QnA, maupun bercerita agar para pengikut kalian merasa dekat dengan kalian. Terakhir, ada juga logos atau logic yaitu dimana kalian harus bisa mengatur cara marketing kalian agar tidak sampai salah!

Tertarik untuk menjadi seorang content creator? Yuk mulai membuat konten-konten kreatif dan juga inovatif!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *