Pamer Busana Kulit Kerang Mutiara. Surya, 17 November 2020, Hal. 3. FPD

SURABAYA, SURYA – Mahasiswa Fashion Product Design and Business Universitas Ciputra (UC) menjadi satu dan antara yang memamerkan karya fasion dalam ‘Surabaya Fasion Parade’ secara virtual, 7-8 November 2020.

Karya yang ditampilkan beragam, dari busana kerja multistyle, lounge wear, baju pesta glamor, dan berbagai macam aksesori menarik dari bahan-bahan unik.

Cindy Suryanto merancang busana Ready to Wear Deluxe dengan memanfaat-kan kulit kerang mutiara sebagai alternatif material beading.

“Limbah kulit kerang yang tidak merniliki nilai lebih, saya olah dengan teknik upcycle yang diaplikasikan ke busana,” kata maha-siswi ini.

Hasilnya, karya dengan nilai jual, nilai guna, nilai estetika serta menampilkan sisi artistik dari segi perancangan. Target pasarnya, perempuan menengah ke atas yang sering menghadiri formal event.

Rancangannya fokus pada siluet busana bustier atau korset dan tren warna white, black, dan ash grey dipilih untuk menonjolkan detail beading pada busana.

Untuk style desain, direksi dan sillhouette busana yang dipamerkan terlihat elegan, mo-dem dan edgy, dengan tujuan menunjukan sisi keunikan dari aplikasi material beading.

Cindy berharap, industri fasion terutama para desainer dapat membuka lebih banyak peluang dengan memanfaatkan limbah kulit kerang secara sustainable agar dapat di-upcy-cle dan digunakan sebagai alternatif.

“Saya ingin membantu memperluas lapang-an kerja dengan berbagai perajin SDM untuk lebih meningkatkan sustainability pada ling-kungan,” ungkap peraih Juara Fashion Design CNNFW 2016 ini. (zia)

 

Sumber: Surya. 17 November 2020. Hal. 3

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *