ORANG PENTING DALAM SEJARAH YANG JUGA SEORANG PUSTAKAWAN

Hay UC People, tahukah kamu setiap tanggal 7 Juli diperingati sebagai Hari Pustakawan sekaligus hari jadi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Hari Pustakawan pertama kali dicanangkan pada 7 Juli 1990 sedangkan IPI lahir pada 7 Juli 1973. Namun seringkali profesi Pustakawan ini terlupakan gitu aja ya GenK, karena dikira terlalu ketuaan buat kita-kita. Padahal, seiring berjalannya waktu, pekerjaan pustakawan justru cocok banget buat kita para anak muda yang melek teknologi loh!

Tahukah juga kalian kalau dalam sejarah, ada banyak orang penting yang juga pustakawan lho, siapa aja sih mereka? Check it out!

 

  1. GRIMM BERSAUDARA (PUSTAKAWAN DAN PENULIS CERITA JERMAN)

Wilhelm and Jacob Grimm, 1847; daguerreotype by Hermann Blow

 

Tentu anda pernah membaca atau didongengkan ceritera Cinderella atau Putri Salju. Penulisnya adalah Jacob Grimm. Grimms ‘Fairy Tales pertama kali diterbitkan pada tahun 1812, tetapi ceritanya, termasuk “Hansel dan Gretel”, “Cinderella”, dan “Putri Salju”, masih merupakan cerita anak-anak klasik yang terus-menerus diciptakan kembali sebagai drama, film Disney, dan banyak lagi.

Jacob Grimm bekerja sebagai pustakawan di Kasel, Jerman setelah lulus dengan gelar sarjana hukum. Selama waktu itu, Jacob Grimm dibantu saudaranya Wilhelm Grimm (sering disebut sebagai Grimm Bersaudara) mengumpulkan berbagai cerita rakyat Jerman dari warga biasa, dengan harapan menyatukan wilayah kerajaan atas dasar berbagi budaya yang sama.

Karya Jacob Grimm dan saudaranya ini seakan abadi, buku cerita, drama dan film dalam berbagai versi terus digubah hingga saat ini.

 

2. LAURA BUSH (IBU NEGARA AMERIKA YANG JUGA PUSTAKAWAN)

Mantan Ibu Negara Laura Bush memperoleh gelar Master dalam Ilmu Perpustakaan dari University of Texas di Austin setelah bekerja sebagai guru sekolah dasar. Sebagai Ibu Negara Texas, dia mendukung kampanye George W. Bush dan memulai proyek publiknya sendiri tentang pendidikan dan literasi.

Ketika George W. Bush menjadi Presiden Amerika Serikat, Laura mendukung inisiatif perekrutan pustakawan dan mengunjungi banyak perpustakaan di seluruh dunia, untuk mengkampanyekan pentingnya penguatan literasi masyarakat.

 

3. GOLDA MEIR (PRESIDEN DAN PERDANA MENTERI PUSTAKAWAN)

Golda Meir adalah perdana menteri keempat Israel, dari 1969-1974. Dia juga salah satu dari dua puluh empat orang yang menandatangani deklarasi kemerdekaan Israel pada tahun 1948; pernah menjadi duta besar untuk Uni Soviet; Menteri Tenaga Kerja dari 1949-1956, dan inspirasi untuk drama Broadway Golda, yang dibintangi oleh Anne Bancroft. Namun, sebelum karier politiknya yang menonjol itu, Golda Meir bekerja sebagai seorang pustakawan.

4. MAO ZEDONG

Mao Zedong adalah orang yang berhasil menyatukan Tiongkok selama 1940-an dan 50-an dan membentuk awalnya Republik Rakyat Tiongkok. Ia adalah seorang pustakawan. Pada tahun 1918, Mao tinggal di Peking China dengan memulai karir sebagai asisten pustakawan di Universitas Peking.

5. SEYD MOHAMMAD KHATAMI

Seyd Mohammad Khatami adalah presiden kelima Iran dan mantan Menteri Kebudayaan Iran. Dia juga mantan kepala Perpustakaan Nasional dan Organisasi Arsip Iran. Dia dianggap reformis dalam budaya dan politik Iran, mendukung kebebasan berekspresi dan diplomasi luar negeri.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *