Online Shop Stuck? Apa Penyebabnya? (IG hack for your business)

Woman showing an Instagram icon 

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pada zaman ini, media sosial merupakan salah satu alat untuk menyatukan manusia dari segala daerah. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa warga millennial yang berusia 13-29 tahun mendominasi pemakaian media Instagram pada tahun 2020 ini. Hal ini menunjukkan bahwa para 75% remaja pada masa kini semua telah aktif dalam membuka Instagram. Tidak heran lagi jika Instagram kini juga dijadikkan sebagai media yang paling aktif untuk memasarkan suatu penjualan. Pada masa pandemic ini, terbukti banyaknya perkembangan online shop yang baru muncul, namun tidak sedikit juga mereka yang mengalami kebuntuan dalam hal pemasarannya. Sebenarnya, apa sih yang menjadikkan online shop di Instagram itu mengalami stuck/kebuntuan? Kita lihat sama-sama yuk beberapa faktor dibawah ini.

Seperti yang kita tahu, Instagram memiliki banyak fitur yang dapat berfungsi dan membantu pekerjaan online shop kalian agar tetap efektif dan efisien. Tapi beberapa online shop mungkin tidak menggunakannya dengan baik, sehingga ini mungkin dapat menjadi salah satu alasan mengapa online shop kalian stuck.

  1. PENTINGNYA BIO

Pertama, mari kita bahas dari fitur biografi pada Instagram itu sendiri. Bagi kalian yang sudah membuat online shop di Instagram, kalian pasti tahu dong pentingnya mencantumkan nama, username, website, dan bio. Biasanya, selain username, nama adalah salah satu hal yang dapat menarik perhatian pengguna Instagram ketika mereka hendak mencari sesuatu. Contohnya, jika kalian mau berjualan makanan berbentuk desserts, kalian bisa mencantumkan nama ‘’Premium Desserts Surabaya” atau menonjolkan penjualan kalian seperti “First Premium Bite-Sized Desserts Surabaya”. Hal ini bisa memudahkan orang-orang yang memang mencari desserts premium di kota Surabaya. Jadi, pastikan nama yang kalian gunakan adalah nama yang jelas dan menarik yah! Selain itu, untuk brand kalian sendiri, kalian bisa menaruhnya pada username sehingga mereka tahu mengenai keunikan brand kalian. Jika kalian mempunyai website, atau website yang dapat memudahkan konsumen untuk menggapai kalian, kalian bisa menulisnya juga di website kalian. Terakhir, bio sendiri bisa kalian gunakkan untuk mendeskripsikan slogan kalian atau hal-hal yang menarik lainnya!.

  1. STORY DAN HIGHLIGHTS

Selain bio, sekarang kita beralih ke salah satu fitur yang tidak kalah pentingnya, yaitu story dan highlights. Story dan highlights mempunyai effect yang cukup besar pada strategi penjualan online shop. Walaupun ada keterbatasan waktu yaitu 24 jam di story Instagram, namun kalian bisa menunjukkan story-story yang ingin kalian simpan dan bisa dilihat sewaktu-waktu di Highlights Instagram kalian. Keunggulan story ini sendiri biasanya adalah memberi sesuatu yang baru setiap harinya, sehingga penonton pada story kalian bisa terus teringat mengenai brand kalian karena adanya story yang diupload setiap waktu. Jadi, jangan lupa untuk aktif membuat story dan konten-konten baru ya guys! Eits, ternyata tidak hanya itu loh! tapi didalam story ini sendiri ternyata kalian bisa melakukan polling online atau survey online. Melalui hal ini, secara tidak langsung kalian juga dapat mendengar dan menjalin komunikasi dengan penonton story kalian. Hal ini sangat baik agar penonton story kalian juga merasa dan ikut terlibat dalam setiap perjalanan bisnis kalian!

  1. THE POWER OF FEED

Dilanjutkan dengan memposting videos dan foto yang mencerminkan bisnis kalian. Hal ini juga sangat penting mengingat ini adalah salah satu fitur yang diandalkan oleh Instagram dari dahulu hingga sekarang. Postingan kalian bisa disukai, dibagikan, juga dikomen oleh banyak orang yang melihatnya. Fitur komen ini juga cukup penting mengingat banyaknya orang yang nantinya mungkin menyampaikan pendapatnya melalui komen post. Pelanggan tentu akan lebih puas ketika komennya dibalas secara langsung oleh pemilik akun bukan? dan kepuasan pelanggan tentu harus menjadi yang utama bagia kalian!. Pastikan postingan kalian cukup menarik untuk dilihat oleh orang-orang yah! Jadi kalian juga akan mendapatkan like yang banyak dan memenangkan algorithm Instagram itu sendiri.

  1. TENTANG ALGORITMA

Berbicara mengenai algorithm, sebenarnya apa itu?, dan apa dampaknya bagi bisnis kalian sendiri?. Hampir semua media social yang melibatkan massa akan mempunyai sistem algorithmnya sendiri. Hal ini bertujuan agar postingan yang kamu lihat itu sesuai dengan apa yang kamu sukai. Jadi, untuk mengetahui apa yang benar-benar kamu sukai, Instagram akan menggunakan data dari postingan mana yang kamu sukai, akun yang kamu kirim pesan, akun yang kamu cari, dan orang-orang yang kamu kenal di kehidupan nyata. Contohnya, jika sehari-hari kamu melihat video komedi mengenai kucing dan anjing, maka yang muncul di exploremu dikemudian hari kemungkinan besar adalah komedi kucing dan anjing. Menarik bukan? Nah, ini bisa juga menjadi salah satu peluang kalian agar postingan online shop kalian bisa muncul di explore seseorang loh! Oh ya, jangan lupa menggunakkan hastag yang berhubungan dengan bisnis kamu yah! Ini juga bisa memudahkan calon pelangganmu untuk mencari apa yang mereka inginkan loh! Jadi pastikan posting  konten sesering mungkin dan yang menarik agar memenangkan algorithm pada kategori kalian masing-masing yah! Sebab semakin banyak konten yang kamu post, maka semakin banyak kemungkinan seseorang untuk melihat postinganmu dan terikat pada akunmu.

  1. DIRECT MESSAGE

Selanjutnya, kalian juga bisa melakukan pembicaraan secara langsung dengan calon pelanggan kalian loh! Yup, Instagram juga mempunyai fitur Direct Messages yang terus dikembangkan. Tahukah kalian bahwa Direct Messages Instagram kini juga bisa diakses melalui desktop? Fitur ini memang masih baru, namun sangat berguna dan meningkatkan efesiensi pekerjaan daripada harus menjawab Direct Messages melalui telefon genggam. Tentu dengan adanya fitur ini, bisa meningkatkan kecepatan pekerjaan, berkomunikasi lebih baik dengan calon pelanggan, juga meningkatkan engagement bisnis kalian!

  1. FITUR INSIGHT

Selanjutnya, kalian bisa menggunakkan data-data yang telah disediakan oleh Instagram pada akun Instagram kalian. Pada fitur insights, kalian bisa melihat demographic yang mengakses akun Instagram kalian. Salah satu contohnya, kalian bisa melihat umur terbanyak yang mengakses Instagram kalian, gender audience kalian, hingga jam-jam dimana audience kalian aktif. Disini, kalian juga bisa melihat perkembangan online shop kalian, jadi kalian tahu apa yang harus dievaluasi setiap harinya.

Gimana? Semua fitur yang ditawarkan di Instagram ini sangat membantu dan gratis loh! Tapi kalau kalian merasa sudah melakukan ini semua dan masih mau mencari pasar yang lebih besar lagi, maka kalian juga bisa menggunakan fitur promote di Instagram dengan membayar sesuai dengan keinginan kalian. Kalian bisa mengatur berapa kisaran orang yang akan melihat konten kalian, juga bisa mengatur bagaimana orang melihat postingan kalian.

Tunggu apa lagi? Yuk perbaiki bisnis di Instagram kamu! Siapa tahu dengan melakukan hal-hal diatas ini dengan tekun, kalian bisa menggapai lebih banyak calon pelanggan lain. Semangat terus yah untuk pengembangan bisnisnya!.

 

Daftar Pustaka

Chen, Jenn. (2020, August 4). Social Media Demographics to inform your brand’s strategy in 2020. Sproutsocial.com. diakses pada https://sproutsocial.com/insights/new-social-media-demographics/ 29 October 2020.

Warren, Jillian (2020, Februari 3). This is How the Instagram Algorithm Works in 2020. Later.com. diakses pada https://later.com/blog/how-instagram-algorithm-works/#:~:text=The%20Instagram%20algorithm%20wants%20to,who%20is%20closest%20to%20you.. 29 October 2020.

Barnhart, Brent (2018, November 6). The Top 12 Instagram tips your brand needs to act on. Diakses pada https://sproutsocial.com/insights/instagram-tips/. 29 October 2020.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *