Menyusun Talk Show Online yang Seru. Jawa Pos. 1 Oktober 2020. Hal. 20. IBM. Janice Karyadi

SURABAYA, Jawa Pos -Di masa yang serba online seperti sekarang ini tidak berarti menghalangi kegiatan berorganisasi. Misalnya, yang dilakukan salah seorang mahasiswa International Business Management (IBM) Universitas Ciputra (UC)  Janice Kariyadi. Perempuanyanglcinimenjabat presiden BMI Student Union UC, salah satu kegiatan organisasibesar di universitas tersebut, diundang untuk berbagi ceritanya mengenalkan leadershiplewatcaraonlineyangseru.

 Hal tersebut diceritakannya lewat ki/kshowonline lewat live Instagtam Universitas Ciputra. Mengangkat tema Leadership but Make It Online, Janice bercerita bahwa kegiatan online sekarang ini bisa dibuat lebih seru dan berbeda meskipun konsepnya seperti webinar. Kegiatan webinarlewatZoom cenderung kurang menarik audiens untuk aktif dan fokus. Untuk mengenalkan jurusannya pun, dia sempat membuat ta& show dengan tenia berbeda.

Dari situ Janice ingin mengusungkonsep yang lain. “Tapi, sebenamya ini juga adaptasi dari konsep webinar diZoomyangseringdiadaLqn selama pandemi iniya. Namun, yang bikin beda Icami nggakhanyaberinteraksi dengannarasumbemya di beda-beda tempat’,’ ceritanya.

Jika biasanya antarnarasumber dan moderator yang aktif menjalankan acara lewat Zoom, tapi berada di tempat masing-masing, kali ini mereka membawa narasumber dan moderator di tempat yang sama. “Nggak cuma itu. Kru yang bertugas juga ada di tempat yang sama. Waktu itu kebetulan pakai tempat di rumahlcu,” jelasnya.

Salah satu ruang di rurnahnya pun diubah menjadi ala-ala studio dengan konsep jung/e. Dengan begitu, konsep webinaryangbiasanya hanya mengajakpembic,ara ngobroljarakjauh, waktu itu bisa dilakukan dengan lebih dekat. Namun, tetap dengan protokol kesehatan yang ketat Konsepnya lebih seperti talkshow cli televisi denganmenghadirkan bintang tamu.

Keberhasilan untuk membuat talk show online yang tetap menarik pun ternyata tak luput dari kolaborasi. Dia berkolaborasi dengan banyak pihak untuk membuat talk showtersebut kekinian, tapi tetap online seperti yang dianjurkan. (ama/c13/tia)

 

Sumber: Jawa Pos. 1 Oktober 2020. Hal. 20

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *