Menjadi Buruh Karet di Tengah Kesibukan Kuliah. investigasi.today. 4 Januari 2022. FIKOM

https://investigasi.today/menjadi-buruh-karet-di-tengah-kesibukan-kuliah/

Surabaya, Investigasi.today – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, pada Desember lalu beberapa Mahasiswa Universitas Ciputra Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media (UC FIKOM) didampingi Wadah Asah Solidaritas (WADAS) berangkat ke Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Sumber Wadung yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Di tempat tersebut, mereka membuat sebuah video dokumenter untuk membantu publikasi mengenai aktivitas buruh yang ada disana dan dampak keberadaan WADAS dalam kehidupan mereka.

Warga sekitar menyambut hangat kehadiran para mahasiswa, dengan telaten mereka menjawab semua yang ditanyakan dan membantu semua yang dibutuhkan para mahasiswa.

Selama 3 hari di tempat itu, para Mahasiswa UC FIKOM membaur dengan masyarakat. Mereka menjalani kehidupan menjadi buruh karet, mulai dari cara mereka bekerja hingga kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi.

“Rasanya speechless, seneng, dan saat menemani mereka, Saya benar-benar melepas jati diri aku menjadi anak kota dan hidup sederhana bersama-sama,” ungkap Fika Fatimah (19), seorang Mahasiswa UC FIKOM yang mengikuti kegiatan ini.

“Berkesan banget, karena dapat merasakan langsung gimana menjadi seorang buruh dan pengabdian masyarakat bersama wadas, lebih mengerti program-program wadas bersama buruh juga,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Wadah Asah Solidaritas (Wadas) merupakan bagian dari karya sosial pendampingan buruh dari para Romo Kongregasi Misi (CM).

Sejak tanggal 26 Mei 2010 Wadas menjadi bagian dari Yayasan Kasih Bangsa Surabaya (YKBS) dan menjadi salah satu divisi untuk pendampingan buruh. ( */Elis)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.