Mengulas 8 Sifat untuk Sukses Menurut Buku ‘8 to be Great’

Sebuah mitos menceritakan bahwa kesuksesan itu diwariskan dari orang tua ke anak-anak mereka, tetapi penelitian yang dilakukan oleh Richard St. John, penulis buku 8 to be Great (Call no. 158.1 JOH d) menujukan bahwa cerita itu tidak benar.
“Aku telah mewawancarai banyak anak dari orang-orang sukses tetapi hal itu bukan karena sukses bersifat genetis. Akan tetapi karena mereka mengamati orang tua, meniru orang tua, dan secara perlahan mengembangkan delapan sifat sukses dalam diri mereka sendiri.” Kata Richard seperti dikutip dalam buku To Be Great. Richard menyimpulkan delapan kunci sukses seseorang.

 

Passion: Mengerjakan apa yang kita cintai adalah hal yang penting. Dengan mencintai apa yang kita kerjakan, kita dapat membuat sebuah perubahan besar dalam hidup.

Work: Sifat kedua adalah bekerja keras. Dengan kerja keras kita akan menjadi berbeda dengan orang yang bekerja secara biasa. Kerja keras akan memberikan hasil yang sesuai nantinya dengan usaha yang sudah kita lakukan.

Focus: Dengan fokus, kita sedang mengasah kemampuan kita sehingga menjadi ahli dalam bidang yang sedang kita kerjakan.

Push: Memotivasi diri sendiri dari rasa takut, rasa ragu dan rasa malu menjadi hal yang penting menurut Richard dalam hal menjadi sukses.

Ideas: Memiliki ide menjadi hal yang penting untuk menjadi sukses. Dengan memilik ide, kita akan dapat melangkah lebih jauh dalam kehidupan ini.

Improve: Sifat selanjutnya adalah melakukan pengembangan diri. Orang yang selalu mengembangkan diri dengan melakukan evaluasi guna memperbaiki diri dan kinerjanya pada suatu bidang akan membuat dirinya dan kinerjanya lebih baik lagi kedepannya

Serve: Sifat ketujuh yang Richard ungkapkan adalah sifat melayani orang lain. Orang sukses itu tidak sukses untuk dirinya sendiri saja, tapi juga dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Persist: Sifat terakhir adalah tekun. Mereka yang tekun sekalipun menghadapi kegagalan, atau kemalangan, pada akhirnya mereka akan berakhir dengan sebuah kesuksesan besar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *