Mengenal software Publish or Perish dan Mendeley Cite | Information Literacy Class August ’22

Teknologi yang semakin berkembang di zaman modern ini menyebabkan sebagian manusia untuk berbuat curang salah satunya adalah “copy paste”. Copy Paste pertama kali ditemukan oleh ilmuwan di tahun 1973-1976 yang berdampak pada berkembangnya praktik plagiarism hingga pemberitaan hoax atau berita tidak benar. Sebagian besar pelaku akademis melakukan hal curang di ranah intelektual. Pencurian dalam dunia akademik biasanya dilakukan melalui pengakuan hasil karya orang lain baik karya tulis, seni, maupun lainnya.

Plagiarism identik dengan pencurian ide. Plagiarism merupakan penculikan atau pencurian kata-kata yang disusun oleh orang lain. Tentu hal ini menjadi salah satu tindakan yang harus dihindari bahkan PERMENDIKNAS No. 17 Tahun 2010 telah melarang beberapa tindakan plagiarism ini. Agar praktik plagiarism dapat berkurang, setiap individu memiliki hak untuk membuat perlindungan kepemilikannya. Pada Information Literacy Class (ILC) yang diadakan UC Library ini, kalian akan diajak untuk memahami bagaimana cara mengutip karya ilmiah dengan benar sehingga karya tulis yang kalian buat dapat terhindar dari claim plagiasi.

Dalam pertemuan ILC ini, pak Pandi menjelaskan bahwa Mendeley desktop akan dihentikan pada 2 september 2022 dan akan diganti dengan Mendeley Site. Pada dasarnya keduanya sama yaitu mengumpulkan referensi. Pak Panji juga memberikan penjelasan mengenai cara membuat akun, cara cek windows, link Mendeley, dan link blog Mendeley. Mendeley cite harus terintegrasi dengan Microsoft Word versi 2016 dan terbaru. Pak Panji juga menjelaskan bahwa Mendeley Cite berkesinambungan dengan Publish or Perish yang merupakan aplikasi mencari jurnal atau referensi. Penjelasan Pak Pandi mengenai Publih or Perish sangat detail loh, dijamin kalian akan paham untuk mengoperasikannya. Tentunya juga akan mempermudah aktivitas perkuliahan kalian.

Mendeley Cite dan Publish or Perish akan memudahkan pekerjaan dalam melakukan sitasi, terutama jika kalian sudah menyisipkan file di “Group” maka file tidak akan hilang meskipun sudah dihapus. Sangat efisien bukan? Selain itu UC Library juga melayani untuk update windows bagi mahasiswa yang memiliki kendala tepatnya di ruang ICT. Kalian tentu akan terbantu dengan fasilitas ini. Pak Pandi juga selalu terbuka bagi kalian jika merasa kebingungan dalam mengoperasikan baik Mendeley Cite maupun Publish or Perish. Jadi, tunggu apa lagi? Simak dan ikuti terus yuk ILC ini, banyak ilmu yang bisa kalian dapat.

Nah itulah beberapa kegiatan di ILC kali ini, menarik bukan? Sebagai seseorang yang berada di lingkungan pendidikan tentu kalian tidak ingin disebut plagiator bukan? Nah kalian dapat memanfaatkan Mendeley untuk mengutip karya ilmiah ya. Untuk kalian yang masih bingung, lebih detailnya dapat kalian saksikan di Information Literacy Class (ILC) ya karena akan ada banyak informasi setiap bulannya. Selain itu pemateri di ILC juga ramah loh, kalian bisa bertanya apapun terkait kendala kalian. Jangan lupa simak terus ya video di UC Library. See you on the next ILC!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *