Menelisik Sejarah Kawasan Jalan Sulung (14)_Ada Jalur Rel Kereta. Radar Surabaya. 12 Januari 2021. Hal.3. Chrisyandi.LIB

“Di gedung Lindeteves Jalan Sulung terdapat rel kereta api. Diperkirakan bekas rel tersebut dahulu digunakan untuk mengangkut persenjataan dan peralatan tempur yang disimpan di gudang tersebut.,” GINANJAR ELYAS SAPUTRA

            SEJARAHWAN sekaligus pustakawan Universitas Ciputra Surabaya Chrisyandi Tri Kartika, mengatakan, rel tersebut zaman dahulu digunakan sebagai sarana untuk mengangkut alat tempur buatan perusahaan tersebut.

Chirsyandi menuturkan, rel kereta tersebut dahulu digunakan sebagai sarana pengangkut alat berat ke berbagai wilayah dengan kereta api. Namun, posisi persis rel kereta itu, Chrisyandi tidak tahu ada di sebelah kanan, kiri atau bagian depan gedung.

“Itu (rel kereta, Red) ada satu jalur yang dibuat khusus saat Jepang berkuasa. Arahnya dari Stasiun Semut (Surabaya Kota),” ujar Chrisyandi kepada Radar Surabaya.

Chrisyandi menjelaskan, rel tersebut kini sudah lenyap tertimbun tanah dan aspal jalan. Namun masih ada beberapa bukti seperti pondasi, dan beberapa meter rel yang mencuat ke permukaan aspal jalan.

Seperti halnya bekas rel jalur trem yang beberapa masih kelihatan di beberapa jalanan di Kota Pahlawan ini. Namun sebagian besar sudah tertutup pembangunan di atasnya, seperti aspal jalan.

“Di situ ada dua lajur rel, yang satunya untuk angkutan alat berat atau alat tempur. Satu lagi untuk jalur trem. Sebagian masih terlihat sebagian hilang jejak relnya di beberapa lokasi,” jelasnya. (bersambung/nur)

 

            Sumber: Radar Surabaya. 12 Januari 2021. Hal 3

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *