Menelisik Jalan Undaan sebagai Warisan Kawasan Perdagangan (19)_NV. Volkhuisvesting Bangkrut Setelah Tiga Tahun Berdiri. Radar Surabaya. 31 Agustus 2020. Hal.3. Library

“Perusahaan NV. Volkhuisvesting yang didirikan oleh Pemerintah Kotamadya kala itu untuk membangun perumahan rakyat mengalami kebangkrutan hanya dalam waktu beberapa tahun saja,” Ginanjar Elyas Saputra

PERUSAHAAN NV. Volkhuisvesting yang pernah membangun perumahan rakyat di kawasan Undaan bangkrut setelah tiga tahun berdiri di tahun 1913. Perusahaan yang turut andil dalam pembangunan gedung penting serta fasilitas kota itu bangkrut karena kurangnya pemasukan.

Sejarahwan sekaligus pustakawan Universitas Ciputra Surabaya Chrisyandi Tri Kartika menjelaskan, perusahaan tersebut bangkrut karena mengalami hambatan dan dukungan dari pemerintah pusat dan kala itu.

“Karena dukungan pemerintah kotamadya yang kurang total saat itu membuat perusahaan NV. Volkhuisvesting mengalami kebangkrutan hanya berjalan tiga tahun setelah berdiri,” ujar Chrisyandi kepada Radar. Surabaya.

Hambatan yang dialami adalah tidak total dukungan keuangan yang cukup dari kotarnadya serta pemerintah pusat saat itu. Padahal perusahaan ini berkontribusi banyak dalam pembangunan gedung serta jalan di Kota Pahlawan saat itu.

Tak hanya soal dukungan, akan tetapi pemasukan dari penduduk saat itu terbilang masih rendah. Sehingga pemerintah pusat dan kotamadya menghentikan kerja sama dengan perusahaan swasta ini. “Karena masyarakat saat itu penghasilannya masih rendah. Sehingga untuk menyicil atau beli rumah masih keberatan,” tuturnya.

Karena kondisi itulah akhirnya NV. Volkhuisvesting tak mampu bertahan hingga mengalami kebangkrutan dan akhirnya harus tutup. Akan tetapi jejak dari kinerja NV. Volkhuisvesting beberapa masih bisa dilihat hingga saat ini di kawasan Undaan. (bersambung/nur)

 

Sumber: Radar Surabaya. 31 Agustus 2020. Hal.3

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.