Membuat Resolusi Tahun Baru dari Buku “The Power of Habit”

Membuat resolusi selalu identik dengan pergantian tahun baru. Tapi tahukah kalian, resolusi akan bertahan lama apabila kita mengubah kebiasaan kita. Ya, Charles Duhigg dalam bukunya menjelaskan tentang bagaimana kebiasaan berpengaruh pada resolusi kalian.

  1. Membuat resolusi baru, berarti kalian siap membangun kebiasaan baru. Oleh karena itu, langkah pertama untuk membangun kebiasaan baru adalah dengan mengenali kebiasaan apa yang kalian ingin tinggalkan atau ubah. Dengan mengenali, otomatis kalian akan terus berusaha mencapainya serta menjadi alarm yang akan mengingatkan ketika kalian ingin menyerah.
  2. Kenali alasan mengapa kalian menulis resolusi yang tersebut. Apakah perubahan? Apakah karena seseorang? atau ingin mendapatkan sesuatu?. Apapun itu, mengenali alasan akan memberikan jawaban “mengapa kalian harus merubah kebiasaan kalian?”
  3. Ketahui reward yang akan didapatkan ketika kalian terus berusaha mencapai resolusi tersebut. Semakin besar, jelas dan menguntungkan reward yang didapatkan, maka otomatis kalian akan lebih bersemangat untuk mencapai resolusi.

Nah itu tadi beberapa tips yang tercantum dalam buku “the power of habit”. Sebenarnya masih banyak lagi yang dibahas dalam buku tersebut. Kalo kalian penasaran, buku ini tersedia di Library Universitas Ciputra loh. Kalian bisa dapatkan di Call di 158.1 DUH p

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *