Let’s Learn from Jack Ma (Seorang Milyarder dari Negara Tirai Bambu!)

Terlahir miskin, itu bukan salahmu, tetapi mati dalam keadaan miskin, itu baru salahmu. Kata-kata yang menyadarkan banyak orang ini telah dilontarkan oleh Bill Gates sebagai pendiri Microsoft itu. Sudah banyak kisah hidup seseorang yang sungguh menginspirasi kita untuk menjadi sukses. Tahukah kalian Jack Ma, seorang pengusaha terkenal yang berasal dari China tersebut ternyata juga memiliki masa lalu yang kelam. Namun akhirnya ia berhasil untuk mewujudkan impiannya dan menjadi orang terkaya di China dan menempati posisi ke-23 diantara banyaknya miliarder dunia. Ma Yun atau yang sering dikenal sebagai Jack Ma lahir di Hangzhou, Zhejiang, China pada tanggal 15 Oktober 1964. Ia hidup dengan sederhana di Hangzhou namun harus terus dihadapkan dengan berbagai masalah.

Sebelum Jack Ma sukses, ternyata kehidupan Jack Ma tidak semulus yang kalian perkirakan. Bagaimana tidak, bayangkan saja dari 30 perusahaan yang ia lamar namun tidak ada yang menerima lamarannya tersebut. Paling parahnya, dari 24 lamaran di KFC, hanya ada 23 orang yang diterima dan menyisakan Jack Ma sebagai satu-satunya yang ditolak. Melihat tertutupnya jalan kerja di perusahaan tersebut, Jack Ma tidak putus asa dan memilih untuk bekerja sebagai guru Bahasa Inggris. Banyaknya turis yang datang ke Negara China, akhirnya membuat Jack Ma lebih berantusias untuk mengajar dan mencari lebih banyak pengalaman di tempat kerjanya. Pada usia 12 tahun hingga 20 tahun, Jack Ma harus berangkat ke hotel dimana tempat ia mengajar menggunakan sepeda selama 40 menit lamanya. Selama 8 tahun pekerjaannya itu, ia dapat belajar banyak terutama dari cerita para turis yang disampaikan kepadanya. Ia merasa bahwa banyak perbedaan yang ada antara Negara orang lain dan juga Negaranya.

Pada tahun 1995, dimana internet masih susah ditemukan, Jack Ma melakukan penelusuran di internet dan mengesearch kata-kata “beer” dan “China” untuk pertama kalinya. Namun ia menyadari bahwa tidak ada satupun situs yang mengulas mengenai negaranya itu. Oleh karena itu, Jack Ma akhirnya berpikiran untuk mengenalkan negaranya di internet. Berbekalkan keberanian, Jack Ma yang tidak memiliki pemahaman apapun mengenai computer atau emailpun bersama dengan seorang temannya akhirnya menciptakan sebuah website dimana ia akan membuka jasa terjemahan Bahasa China. Siapa yang menyangka, akhirnya hal ini menjadi awal dari kesuksesannya. Hanya dalam beberapa jam saja, iapun menerima email yang membuat situs miliknya berkembang pesat. Hal ini yang kemudian menjadi fondasi terbentuknya Alibaba Group empat tahun kemudian. Situs pertama yang ia buat yaitu Alibaba.com merupakan tempat pertama di internet yang menghubungkan eksportir China dengan pembeli di negeri lain. Alibaba inipun berhasil menarik banyak investor karena idenya yang dianggap cukup ‘gila’ dan sangat berguna. Alibaba ini berhasil mengalahkan eBay sebagai situs jual beli online yang berada di Amerika Serikat.

Situsnya pun terus dikembangkan hingga akhirnya ia berhasil untuk membuat Taobao Marketplace dan Tmall.com yang hingga saat ini telah mendominasi portal pengiriman di China. Ia berhasil menjadi pendiri retailer online terbesar di China dan mendirikan Alibaba Group. Ide gila yang telah dilontarkan membuat Jack Ma mendapat julukan sebagai ‘Crazy Jack’. Jack Ma juga mempunyai misi yang mulia, ia tidak menceritakan mengenai kehebatannya, namun ia lebih berfokus untuk membantu para konsumennya dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Hingga saat ini, Jack Ma masih memegang status sebagai orang terkaya kedua di China dengan kekayaan yang menyentuh Rp 854 triliun. Alibaba sendiri masih menjadi pasar digital terbesar di China dan telah menaungi kurang lebih 80% dari penjualan online dari China. Pria berusia 56 tahun ini telah berhasil untuk mewujudkan impiannya sebagai pengusaha sukses. Kisah hidup Ma membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin, dan terlahir miskin bukanlah menjadi sebuah alasan kalian tidak bisa sukses ya!

 

Daftar Pustaka

Anonimus (2020, Jan 7). Biografi Jack Ma Orang Terkaya di China Pendiri Alibaba.com. voffice.co.id. diakses . 24 Januari 2021.

Anonim (2015, November 2). Kisah Hidup Jack Ma Bisa Menyadarkan Kamu, Menjadi Kaya itu Butuh Perjuangan. Cekaja.com. Diakses di https://www.cekaja.com/info/kisah-hidup-jack-ma-bisa-menyadarkan-kamu-menjadi-kaya-itu-butuh-perjuangan. 24 Januari 2021.

Kristo, Fino (2021, Jan 6). Perjuangan Hidup Jack Ma yang Diceritakannya Sendiri. Detik.com. Diakses di https://inet.detik.com/cyberlife/d-5322638/perjuangan-hidup-jack-ma-yang-diceritakannya-sendiri. 24 Januari 2021.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *