Layanan UC Library selama New Normal

Menanggapi Surat Edaran Rektor No. 007/UC-REC/SE/VII/2020 mengenai Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021. Maka dengan ini Perpustakaan Universitas Ciputra menginformasikan kepada seluruh pemustaka bahwa:

 

  1. Perpustakaan buka secara terbatas dengan jam layanan sebagai berikut:

Jam Buka Perpustakaan:

o   Senin – Jumat: 07.30 – 16.30 WIB

o   Sabtu: TUTUP

 

  1. Perpustakaan hanya membuka layanan baca di tempat khusus koleksi Tugas Akhir/Skripsi/Thesis, sirkulasi peminjaman, perpanjangan, dan pengembalian koleksi buku khusus bagi sivitas akademika yang sedang mengerjakan Tugas Akhir/Skripsi/Thesis, dan tenaga pendidik, serta tenaga kependidikan Universitas Ciputra Surabaya.

Perpustakaan tidak memfasilitasi kegiatan diskusi dan berkelompok di seluruh area perpustakaan.

 

  1. Bagi pengunjung Perpustakaan, mulai 14 September 2020 sebelum berkunjung harap mengisi Google Form berikut: bit.ly/visituclib

Dalam 1 hari akan dibagi 2 sesi jam kunjungan, sesi 1: Pkl 07.30-11.30 WIB, sesi 2: Pkl 12.30-16.30 WIB, dan per sesi maksimal kuota 20 pengunjung.

Untuk jam kunjungan berikutnya, pemustaka harus memberi jeda waktu 1 hari setelah kunjungan sebelumnya. Jika jam kunjungan sudah memenuhi kuota maksimal, yaitu 20 orang/hari, maka pemustaka akan diinformasikan kembali untuk mengganti jadwal kunjungan.

 

  1. Proses layanan sirkulasi menerapkan jarak aman yaitu 1 meter antar individu (ditandai dengan garis).

 

  1. Setiap pengunjung perpustakaan WAJIBmengenakan masker dan melakukan prosedur cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer di setiap titik yang disediakan. Pengunjung yang tidak menggunakan masker TIDAK DIPERKENANKANmasuk area perpustakaan.

 

  1. Layanan Book Delivery Service.

UC Library siap mencari dan mengirimkan buku selama UC People di rumah saja. Untuk memanfaatkan UC Library Delivery Service silahkan perhatikan beberapa ketentuan berikut:

  • UC Library Delivery Service hanya melayani pemustaka yang berada di area Surabaya
  • Akses katalog online di http://bit.ly/uclib_opac lewat gadget/laptop/PC.
  • Screenshot atau printscreen buku yang ditemukan pada katalog online.
  • Peminjaman buku melalui WA ke +62 823-3079-9731 (Bu Ella) atau +62 878-5266-8696 (Bu Inggrit) dengan menyertakan:
  • Hasil printscreen atau screenshot buku.
  • Screenshot atau foto KTM (Mahasiswa), Kartu ID (tenaga pendidik/tenaga kependidikan)
  • alamat atau lokasi pemustaka.
  • Pemustaka akan mendapatkan balasan verifikasi melalui pesan Whatsapp dari staff perpustakaan berisi informasi buku yang dipinjam, tanggal pengembalian serta Tata Tertib Peminjaman yang harus ditaati
  • Staff perpustakaan akan menyiapkan dan mengirimkan buku yang dipesan pada:
  • Pengiriman dilakukan pada hari Senin-Jumat, pkl. 07.30-16.30 WIB setelah proses verifikasi petugas
  • Pemesanan pada hari Senin-Jumat, pkl. 07.30-15.30 WIB. Jika pemesanan lebih dari jam yang ditentukan akan diproses pada hari berikutnya
  • Staff perpustakaan akan mengirimkan bukti Receipt Peminjaman melalui pesan Whatsapp kepada peminjam.
  • Biaya pengiriman melalui Gosend atau Grab Delivery ditanggung oleh peminjam.
  • Paket yang diterima harap dikonfirmasi (lebih dari 30 menit setelah pengiriman kami anggap paket telah diterima).
  • Hal-hal yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan dimusyawarahkan lebih lanjut

 

  1. Bagi mahasiwa yang sudah meminjam koleksi mohon tetap memperhatikan email reminder dari UC Library tentang waktu pengembalian buku. Jika tidak memungkinka mengembalikan koleksi langsung ke perpustakaan, kami menghimbau bagi pemustaka dapat mengembalikan koleksi via ojek online dengan ketentuan sebagai berikut:

 

  • Peminjam menginformasikan kepada staff perpustakaan mengenai buku yang akan dikembalikan beserta NIM melalui contact person: Bu Essy (WA ke +62 817-0389-5544, email: essy.marischa@ciputra.ac.id)
  • Staff perpustakaan memeriksa status buku tersebut dan menginformasikan denda yang harus dibayar (jika ada) kepada peminjam
  • Staff perpustakaan mengarahkan peminjam untuk mengembalikan buku yang dipinjam melalui ojek online
  • Peminjam wajib:
  • Menginformasikan judul buku yang akan dikembalikan
  • Menginformasikan nama driver ojek online kepada staff perpustakaan
  • Menginformasikan kepada staff perpustakaan bahwa buku sudah diterima oleh security UC
  • Staff perpustakaan melakukan:
  • Menginformasikan kepada peminjam bahwa buku sudah diambil di security
  • Memproses pengembalian buku melalui sistem
  • Memfoto lembar pengembalian buku dan mengirimkan kepada peminjam melalui WhatsApp/email

 

8. Layanan Tugas Akhir dapat menghubungi: Pak Tito (WA +62 812-1749-0033, email: pango.dato@ciputra.ac.id)

9. Bagi civitas UC yang memerlukan bahan referensi e-journal, e-book, dan video dengan cara mengisi google form: https://bit.ly/uclib_ref

Dengan menyebutkan Nama, NIK/NIM, Subject/Judul referensi. Contact Person: Pak Panji (WA: 085607002175, email: panji@ciputra.ac.id)

 

  1. Untuk memenuhi kebutuhan informasi silahkan mengoptimalkan akses daring (online) e-resources di link berikut: https://www.uc.ac.id/library/e-resources/

 

  1. Jika ada pertanyaan atau kebutuhan terkait perpustakaan dapat menghubungi melalui WA Pustakawan Pak Tito di +62 812-1749-0033 atau direct message ke akun instagram @uc_library, dan email: library@ciputra.ac.id

 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama baiknya kami ucapkan banyak terima kasih.

Stay Safe, Stay Healthy, Stay Productive UC People

Video Layanan New Normal UC Library

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *