Lahan Hijau Sama Luasnya dengan Bangunan.Majalah Rumahku.No.130.X.2017.Hal.63

KONSULTASI ARSITEKTUR OLEH: S. EVERT INDRAWAN

Dear Redaksi Rumahku,

Saya memiliki sebidang tanah yang cukup luas. Adapun lahan yang ada ini akan saya gunakan untuk membangun rumah tinggal. Saya ingin memiliki rumah dengan luasan lahan hijau yang agak besar atau memiliki bobot kurang lebih sama luas dengan luas bangunan. Ruang hijau ini saya buat dengan tujuan supaya anak-anak saya bisa bermain dengan leluasa atau jika saya memiliki rejeki lebih bisa membangun kolam renang kecil untuk mereka. Ruang tidur yang saya perlukan sejumlah 4 buah, jika memungkinkan saya ingin memiliki ruang keluarga dan ruang makan yang luas.

Selain ruang tersebut saya juga memerlukan pavilion tamu terpisah yang saya gunakan untuk menemui relasi bisnis atau keperluan bisnis saya. Sebagai informasi tanah yang saya miliki ini terletak diarea yang kurang memungkinkan bagi anak-anak kami untuk bermain diluar karena jalan yang ramai. Sedapat mungkin rumah ini tidak menghadap kejalan. Untuk kendaraan saya memiliki 2 mobil yang biasa saya pakai dan milik istri. Mohon disiapkan 1 ruangan untuk menampung mobil tamu sehingga tidak perlu parkir diluar ajlan. Mohon saya dibantu dengan rancangan saudara yang minimalis namun tropis. Terima kasih.

Alex, Tarakan

Bapak Alex yang baik,

Terimakasih atas pertanyaan yang Bapak sampaikan. Secara umum desain yang saya buat berbentuk ramping sehingga sirkulasi udara yang masuk bisa maksimal. Posisi bangunan juga saya buat tidak menempel pada sisi kiri maupun kanan bangunan sehingga cahaya alami maupun udara bisa masuk dari segala arah. Ruang tidur sebanyak 3 buah saya letakkan dilantai 2 dan 1 buah di lantai 1, dengan tujuan agar ruangan publik dilantai 1 bisa semakin luas dan kualitas aktivitas sosial dengan teman dekat maupun saudara bisa semakin baik karena ruang yang lapang.

Pada bagian pavilion tamu saya siapkan ruang tidur untuk tamu, atau mungkin bisa digunakan untuk orang tua yang berkunjung dilantai 1 supaya mudah diakses oleh mereka yang berusia lanjut. Ruang servis seperti dapur maupun laundry saya siapkan juga lantai 1 supaya memudahkan dalam aktivitasnya. Demikian kira-kira usulan rancangan dari saya semoga bermanfaat.

 

Sumber: Rumahku.No_.130.X.2017

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *