Kyahi Naga Megamendung

Keris ini dinamakan Kyahi Naga Megamendung, terinspirasi dari motif batik Megamendung Cirebon yang sangat terkenal.

Bilah nya dikerjakan oleh Pande Misyanto dan Empu Matlai dari Aengtontong Sumenep tahun 2021. Bilah di disain dengan penuh pertimbangan dan dikerjakan dengan teliti dan terampil. Pamornya ditata dengan sangat cermat sehingga menyambung dan menyatu dengan rapi.

Sandangan keris Kyahi Naga Megamendung adalah bergaya Surakarta, didisain oleh Galeri Omah Nara. Warangka nya dibuat dari kayu jati dengan pelet kendit putih yang langka. Pendoknya dibuat dengan gaya bunton dengan ukiran naga dengan inisial PB X. Jejeran nya dari kayu Tayuman dan mendak nya parijoto bahan kuningan, keduanya dibuat dari bahan lawas.

Dhapur Naga Siluman berarti kekuasaan yang tak dipertontonkan, yang tidak dipamerkan. Sedangkan pamor Megamendung punya makna kesabaran dan penguasaan diri.

Sehingga makna gabungan antara dhapur keris dan pamornya adalah untuk mengingatkan pemilik nya, bahwa hendaknya kekuatan dan kekuasaan yang dimiliki tidak usah di pamerkan, melainkan justru di selimuti dengan kesabaran dan penguasaan diri yang baik. Dengan demikian kekuasaan dan kekuatan tersebut akan menjadi ramah sehingga membuat nyaman orang disekelilingnya; namun pada saat di butuhkan, kekuatan itu akan tetap bisa di fungsikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.