Kesuksesan Lulusan Universitas Ciputra Surabaya di Bisang Human Resource Hotel. times.co.id. 28 April 2021. Siska. HTB

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/344556/kesuksesan-lulusan-universitas-ciputra-surabaya-di-bidang-human-resource-hotel

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Lulusan Universitas Ciputra Surabaya terbukti suskses di dunia kerja. Salah satunya Siska Septian Andriyani, sebagai sebagai Human Resources Supervisor di HARRIS Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya,

Sebagai salah satu hotelier yang berkecimpung di bidang Sumber Daya Manusia, Siska memiliki tantangan yang tinggi untuk bisa tetap bekerja secara professional.

Dia diharapkan mampu memberikan layanan terbaik untuk para staff hotel dan juga para tamu yang menginap di hotelnya. Pengalaman Siska, sebagai salah satu team pre-opening hotel HARRIS Bundaran Satelit yang dibuka tanggal 1 November 2019 lalu, membuatnya memiliki pengalaman yang berharga selama bekerja, mulai dari merekrut tim baru, memberikan training, membuat job desk dan standar operasional prosedur, serta menyiapkan dokumen untuk proses sertifikasi hotel bintang 4.

Karir Siska, di dunia perhotelan selama kurang lebih 3 tahun, dimulai langsung setelah dia lulus dari jurusan Hotel and Tourism Business (HTB), Universitas Ciputra Surabaya. Awal karir dia sebagai Event Sales Coordinator di Sales & Marketing Department dan kemudian berpindah ke HR & Training Coordinator (HRD) di sebuah hotel milik BUMD Jawa Timur.

Proses belajar yang dijalani selama perkuliahan membuatnya menjadi pribadi yang lebih open-minded, kritis, dan lebih siap untuk menjadi profesional hotelier. Selama kuliah di UC, lulusan SMAN 5 Surabaya ini mendapatkan banyak ketrampilan dan pengetahuan baru terutama mengenai Entrepreneurship (kewirausahaan), serta pengelolaan bisnis pariwisata dan perhotelan yang didukung oleh beberapa real-practice seperti program internshipnational dan international field trip, dan penyelenggaraan beberapa event. Proses belajar tersebut yang berhasil mengantarkan dia untuk bisa meniti karir profesional di industri perhotelan.

Siska menikmati karir yang dia jalani saat ini karena menurutnya industri perhotelan (hospitality) merupakan industri yang sangat dinamis dan challenging. Di tengah pertumbuhan hotel yang sangat pesat di Surabaya, para hotelier terus ditantang untuk memunculkan inovasi yang mendorong hotel untuk dapat bersaing dengan hotel-hotel lainnya.

Berkat usaha dan inovasi yang tim lakukan, Hotel HARRIS Bundaran Satelit Surabaya berhasil menduduki peringkat 1 hotel terbaik di Surabaya menurut review TripAdvisor saat ini. Inovasi yang dilakukan diantaranya dengan aktif mempromosikan konsep healthy lifestyle melalui program brand activation seperti dance HARRIS Move, penyelenggaraan kegiatan olahraga yang melibatkan masyarakat umum yaitu HARRIS Day, dan Live Streaming di Instagram yang menampilkan tutorial olahraga serta promosi F&B secara online.

Di sisi lain, tantangan yang lebih besar muncul dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Seiring dengan kebijakan pemerintah untuk membatasi kegiatan sosial masyarakat, industri perhotelan dihadapkan pada tantangan besar untuk dapat bertahan. Dalam kondisi yang sulit ini, tantangan yang dihadapi oleh para staff di Human Resources Department adalah bagaimana mereka bisa mengambil langkah dan kebijakan yang tepat terkait pengelolaan sumber daya manusia, serta bagaimana upaya untuk memotivasi karyawan agar tetap bersemangat di tengah kondisi pandemi.

Oleh karena itu, Siska aktif untuk menyelenggarakan serangkaian program training dan cross training antar departemen agar karyawan tetap memiliki kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri

Sebuah pengalaman yang menarik bagi Siska adalah bagaimana dia bisa menemukan profesi yang tepat sesuai dengan minat dan passion yang saya miliki. Sejak menjalani program internship di Quality Department di The Ritz-Carlton, Bali, Siska meluangkan waktu untuk belajar di departemen lain, seperti Front Office dan F&B Department.

Setelah lulus dari perkuliahan, wanita muda asal Surabaya ini tetap merasa curious dan terus mencoba menggali profesi yang sesuai dengan dirinya. Dari sanalah, dia bisa lebih mengenali potensi diri dan menyadari bahwa dirinya lebih cocok untuk menjalani karir sebagai HR practitioner. Karena Siska yakin bahwa bahwa karyawan adalah aset penting dari perusahaan yang harus dikembangkan agar perusahaan maju dan sukses.

Tantangan utama di Human Resources Department adalah bagaimana bisa menempatkan konsep “the right man in the right position” dan memahami bahwa setiap karyawan adalah individu yang unik, yang mempunyai karakter yang berbeda dan potensi masing-masing untuk dikembangkan.

Di samping itu, sebagai HRD  harus bisa menerapkan prinsip fair treatment dan transparansi ke semua karyawan agar tercipta lingkungan kerja yang kondusif dan suportif. Menurut Agoes Tinus Lis Indrianto, PhD, Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra Surabaya, seperti halnya Siska, para generasi muda, diharapkan harus mau untuk terus belajar dalam mengembangkan diri, dan mencari tahu potensi yang dimiliki.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *