JUST DO YOUR BEST! | Interview with Zita, Agata, and Melinda

Kembali lagi mahasiswa PSY UC memberikan kabar baik. Kali ini prestasi datang dari 3 mahasiswi yang giat berkompetisi walau sedang menempuh liburan semester. Mereka adalah Agata Sofia (PSY UC 2017), Melinda Evelien (PSY UC 2017), dan Zita Mugen (PSY UC 2016) yang telah berhasil menggaet juara 2 Lomba Cerdas Cermat di PICASO 2018. Lomba PICASO (Psychology Soegijapranata Academic Competition) 2018 adalah kompetensi akademik seluruh universitas Fakultas Psikologi se-Jawa yang diselenggarkan pada tanggal 5-7 Juli 2018 di Universitas Soegijapranata Semarang. Pada tahun ini, PICASO mengadakan lomba debat dan lomba cerdas cermat dengan tema The Biopsychosocial Perspective on Healthy Lifestyle.

UC Library berkesempatan ngobrol dengan mereka tentang capaiannya dan bagaimana UC Library juga ternyata memberikan ‘efek’ kepada mereka. Semangat ‘Do Your Best’ sangat terasa ketika berbincang bersama. Penasaran? Lets check it out!

 

  1. Bantuan seperti apa sih yang kalian dapatkan dari UC Library ketika kalian mempersiapkan lomba? (Bisa seputar buku-buku/literature yang dipakai, suasana tempat buat belajar)

Zita:

Bantuan yang saya dapat daru UC library sih paling utama soal buku. Bisa dibilang buku untuk lomba itu buku-buku impor yang di toko buku biasa jarang ada dan harganya mahal sampai jutaan. Dengan pinjam dari library kita terbantu banget jadi enggak usah repot cari dan beli. Kan waktu latihan lagi libur eh tapi library buka jadinya bisa latihan berjam-jam di library, enggak perlu bingung latihan di mana. Suasananya tenang dan nyaman jadinya makin semangat belajarnya

Agata:

Bantuannya seputar supply buku yang lengkap dan kondisi buku juga sangat baik. Selain itu didukung dengan tempat belajar di perpus yang sngat nyaman. Lagi, akses wifi yang cepat juga.

Melinda:

Bantuan yg diberikan library UC cukup besar yaitu melalui lib UC, kami mendapatkan buku2 yang menjadi sumber / bahan lomba yang digunakan. Lib UC memudahkan kami dalam mendapatkan literatur yang kami butuhkan untuk lomba. Hal tersebut sangat menolong kami untuk belajar dan mempersiapkan lomba. Selain itu, tempat saat kami belajar di lib UC juga sangat mendukung untuk kami berkumpul, berdiskudi, dan belajar untuk mempersiapkan lomba.

  1. Apa efek ‘buku2’ yang sudah kalian gunakan sebagai literature selama kalin mengikuti lomba Lomba Cerdas Cermat PICASO 2018 tersebut? Apa yang kalian alami jika tidak diperlengkapi buku-buku dari library?

Zita:

Ketika di arena lomba, tim lain banyak yang enggak dapat full set buku lengkap (Kita ada 9 bahan buku) ada pun mereka dari e-book yang halamannya enggak lengkap. Kita terbantu banget di sini, lebih enak belajar dari buku karena bisa ditempelin sticky notes buat nandain dibandingkan PDF. Kalau sampai kita enggak dapat full set bukunya yang pasti kita kesulitan dalam belajar karena semua buku terpakai ketika lomba. Kita enggak bakalan bisa jawab soal

Agata:

Efeknya adalah bisa belajar lebih cepat (krna nemu bukunya mudah) dan lebih lengkap (sesusai edisinya) sehingga tidak ragu saat ikut LCC. Pastinya kalo bukan karena UC Library, tim kami akan sangat kesusahan dalam memperlengkapi materi LCC.

Melinda:

Tentu efek-efek dari buku itu sangat besar karena bahan/sumber lombanya terdapat di buku-buku tersebut. Bila UC Library tidak dapat memperlengkapi buku tersebut, tentu kami pasti sulit untuk mencari sumber literatur yang kamu butuhkan untuk kami belajar dan mempersiapkan lomba. Tidak menutup kemungkinan juga bila waktu kami juga dapat habis untuk mencari buku-buku di UC Library. Sehingga, kami tidak dapat belajar mempersiapkannya dengan matang.

 

  1. Apa suka duka mengikuti lomba tsb? (tentang perjuangan mempersiapkan diri selama libur semester)

Zita:

Sukanya sih bisa ketemu orang baru sekaligus liburan berbalut akademis gitu. Dukanya ketika liburan aku sampai harus nambah bagasi pesawat buat bawa buku terus juga liburan jadi enggak tenang karena kepikiran ditambah waktu sama keluarga kepotong tapi worth it kok

Agata:

Suka: pengalaman baru di bidang cerdas cermat, bisa ngerti kerja sama tim, dan pastinya nambah banyak ilmu ttg Psikologi.

Melinda:

Suka : menjadi produktif ketika liburan, punya kegiatan yang positif dan membangun melalui adanya lomba

Duka : waktu liburan pasti terpotong karena harus mempersiapkan lomba, belajar terus menerus hingga larut malam di kala yang lain liburan, lelah

  1. Apa target kalian berikutnya?

Zita:

Target berikutnya untuk satu semester ke depan sih mau meningkatkan GPA sama fokus buat lomba debat di bulan November

Agata:

Target pasti tetap berprestasi baik di bidang apapun. Selagi banyak fasilitas yg disediakan UC, khususnya Lib, akan sangat rugi kalau tidak dimanfaatkan untuk menambah ilmu

Melinda:

Targetnya tentu berusaha meraih prestasi2 lain dan berusaha untuk mempertahankannya agar dapat mengharumkan nama UC. Selain itu, dapat merambah ke jenjang yang lebih besar dan lebih luas, lebih baik lagi bila dapat memberikan dampak untuk orang lain.

 

  1. Ada tips dan trik buat adik-adik yang ingin juga ingin berprestasi ikut lomba?

Zita:

Tips dan trik aku cuma bisa kasih tiga aja sih. Pertama, niat yang konsisten. Kalau punya niat doang tapi enggak konsisten sama aja bohong. Meskipun materinya kelihatan mudah, jangan pernah sedikit pun diremehin. Kedua, jaga stamina dan istirahat yang cukup saat persiapan lomba. Energi tubuh itu penting banget! Kalau sudah penat dan mood berantakan lebih baik refreshing dulu baru mulai latihan lagi. Biar enggak burn out juga kebanyakan belajar. Yang terakhir sih, percaya sama diri sendiri. Mau bener apa salah, hasil itu dipikirkan belakangan. Percaya dulu dari diri sendiri. Menaklukan diri sendiri, minder, nervous, perasaan macem gitu mesti dipadamin dulu sebelum lomba. Hasil itu tidak akan mengkhianati usaha asal prosesnya adil

Agata:

Ada. Simple sih.

  1. Percaya sama Tuhan
  2. Percaya sama diri sendiri
  3. Kerja keras
  4. Kerja sama
  5. Mau dievaluasi dan berkembang

Melinda:

– Niat. Niat sangat diperlukan ketika akan mengikuti lomba. Jika tidak memiliki niat, hasilnya pun pasti tidak akan maksimal. Milikilah niat di mana Anda akan memperjuangkan apa yang sudah menjadi niat Anda. Jika menjalani sesuatu dgn niat. Hasilnya juga akan maksimal.

– Menerapkan jadwal/waktu khusus untuk berlatih

Untuk menguasai materi perlombaan dengan baik, tentu saja diperlukan latihan yang intens dan ‘berbobot’. Jadi Anda bukan hanya sekedar datang, latihan, dan menerima materi saja, tetapi Anda juga harus memahami materi yang diberikan. Latihan ini point sangat penting, mengingat pada saat latihan akan ada banyak hal baru yang dapat kita ketahui, sehingga akan lebih baik bila dilakukan seintens mungkin.

-Berdoa

Hal ini juga merupakan point yang tidak boleh dilupakan dan yang paling penting, yaitu berdoa. Seperti kata pepatah, do your best and let God do the rest. Setelah berusaha semaksimal mungkin, hal lainnya yang wajib dilakukan adalah berdoa. Serahkan segalanya ke dalam genggaman tanganNya yang agung. Yakinlah, segala yang terbaik telah dipersiapkan untuk kita.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *