iTalk_Green Building

i’Talk (Innovation Talk) kembali hadir pada Selasa, 1 Maret 2016 lalu, dan mengambil tema “Green Building”. Sebagai narasumber, yaitu Bapak Gervasius Herry Purwoko  (Interior & Architecture Lecturer) berbagi mengenai apa itu Green Building. Dijelaskan bahwa konsep Bangunan Hijau (Green Building) adalah bangunan/hunian dimana didalam perencanaan, pembangunan, pengoperasian, serta pemeliharaannya memperhatikan aspek-aspek dalam melindungi, menghemat, dan mengurangi penggunaan sumberdaya alam, serta menjaga mutu bangunan maupun mutu kualitas udara didalam ruangan, dan memperhatikan kesehatan penghuninya, yang semuanya berdasarkan kaidah-kaidah pembangunan berkelanjutan (GBCI-2016). Menurut Konsil Bangunan Hijau Indonesia (GBCI), terdiri atas 6 aspek untuk mewujudkan Bangunan Hijau:

  1. Tepat Guna Lahan (Appropriate Site Development / ASD)
  2. Efisiensi Energi dan Refrigeran (Energy Efficiency & Refrigerant / EER)
  3. Konservasi Air (Water Conservation / WAC)
  4. Sumber dan Siklus Material (Material Resources & Cycle / MRC)
  5. Kualitas Udara dan Kenyamanan Udara (Indoor Air Health & Comfort / IHC)
  6. Manajemen Lingkungan Bangunan (Building & Environment Management / BEM)

Bangunan Hijau (Green Building) selayaknya menjadi tanggung-jawab dan komitmen kita bersama untuk memberikan warisan hunian & lingkungan yang layak bagi anak-cucu di masa mendatang. Para Arsitek dan Desainer Interior saat sekarang punya peran yang sangat besar dalam menentukan wajah Bumi kita ini pada 100 tahun mendatang.

Terlihat sebanyak tiga puluh puluh delapan (38) mahasiswa yang hadir sebagai bagian dari perkuliahan mengikuti jalannya acara yang dilaksanakan mulai Pkl. 11.00 wib ini.

 

DSC04521

DSC04522

DSC04528

DSC04529

DSC04530

DSC04536

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *