iTalk (Innovation Talk) Papua: Culture, Art & Nature

Pada 15 Desember 2020 lalu, UC Library bekerja sama dengan Heritage School & Library dan Dance of Maestro mengadakan iTalk Archipelago Series. Nah pada iTalk kali ini akan sedikit berbeda dengan iTalk sebelumnya, sebab kita akan ditunjukkan keberagaman dan kekayaan budaya yang ada di Indonesia.

Acara iTalk yang diadakan mulai Pkl. 09.00 WIB ini mengangkat topik PAPUA: Culture, Art & Nature. Kami sengaja membahas dari ujung Timur Indonesia, karena dari sanalah matahari terbit pertama kali dan juga ada beragam hal yang mungkin tidak pernah dibahas oleh media-media mainstream selama ini.

Bu Inggrita Febriza Putri sebagai MC membuka iTalk dengan membacakan beberapa peraturan kegiatan, dan mempersilahkan Pak Yehuda Abiel selaku PJS Kepala Perpustakaan UC untuk memberikan sambutan. Pak Abi sapaan Yehuda, berharap audiens memperoleh wawasan lebih luas tentang Papua dan bisa bersama-sama berdiskusi di iTalk online ini. Setelah itu Bu Inggrita memperkenalkan Pak Christie Pango Dato selaku moderator dan mempersilahkan waktunya untuk memandu acara.

Pada sesi pertama Pak Tito, sapaan Christie mempersilahkan Pak Darlane Litaay (Choreographer) untuk presentasi.

Pak Darlane mengangkat topik “Dance as Cultural Exchange”. Beliau menceritakan kiprahnya di dunia tari sejak tahun 2010 hingga 2020. Beliau telah kolaborasi dengan berbagai koreografer dunia dan beliau juga telah memperkenalkan tari Papua ke berbagai negara. Setelah itu Pak Robert Hewat (Ethno-Ecologist) memaparkan materinya tentang “Papuan Culture & Nature”. Sebagai seorang Ethno-Ecologist beliau telah tinggal bersama warga pedalaman Papua sejak tahun 2005. Beliau menjelaskan tentang seni, tari, kehidupan dan kematian di tanah Papua. Penjelasan beliau sangat mendalam dan rinci, seperti menceritakan kehidupannya sehari-hari. beliau juga memberikan sebuah pertunjukan yang luar biasa dengan mengkombinasikan budaya Papua-Jawa, lalu tradisi yang disajikan apik dengan menyatukan unsur-unsur budaya. beliau juga menceritakan banyak tentang pengalamannya. beliau juga menceritakan tentan pengalamannya mendapat beasiswa ke Korea. mulai dari banyaknya kegiatan yang berkaitan dengan seni, beliau muali menyukai seni dan mulai mendalami.

Setelah itu Pak Robert Hewat (Ethno-Ecologist) memaparkan materinya tentang “Papuan Culture & Nature”. Sebagai seorang Ethno-Ecologist beliau telah tinggal bersama warga pedalaman Papua sejak tahun 2005. Beliau menjelaskan tentang seni, tari, kehidupan dan kematian di tanah Papua. Penjelasan beliau sangat mendalam dan rinci, seperti menceritakan kehidupannya sehari-hari. Beliau juga masuk di Papua dalam bidang kesehatan, Pertaniaan, ekowisata, pemberdayaan perekonomian rakyat, kehutanan, dan sumber daya alam serta penguatan masyarakat adat. beliau juga merupakan pelestarian lingkungan etnik atau dikenal dengan Ethno-Ecologist yang sudah 18 tahun bekerja dan tinggal dipapua di daerah tanah air Indonesia, dan juga pernah tinggal di daerah lain Indonesia di Papua Nugini, kepulauan solomon, Malaysia, Kamboja, Thailand, dan Myanmar. Dalam tiga dekade terakhir Bapak Robert mempelajari kekayaan seni dan budaya Papua dan memiliki ribuan patung dan benda seni patung. Beliau menyampaikan beberapa materi yaitu kondisi Alam dan seni budaya ditanah Papua. Beliau menceritakan perjalanan beliau ketika 18 tahun berada di Papua, banyak sekali keragaman hayati ditanah Papua. Di Indonesia, Papua memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan sangat melimpah. Beberapa contoh keragaman Hayati sekitar ratusan jenis burung yang berasal dari Indonesia. Dari sisi ekosistem laut Papua juga paling kaya akan keragaman bawah laut di Indonesia. di Papua juga banyak jenis hutan Mangrove yang memiliki banyak fungsinya. Kemudian di akhir presentasi Pak Robert menyaksikan video ketika masyarakat Papua menjalani Upacara adat.

Sesi selanjutnya yaitu tanya jawab bersama dengan partisipan. iTalk Archipelago Series ini ditutup dengan sajian rekaman “Tarian Sepik Covid” karya Darlane Litaay.

Jadi bagi UC People yang belum sempat mengikuti iTalk Archipelago Series, jangan sia-siakan kesempatan iTalk yang akan datang untuk menambah wawasan dari ahlinya. Jangan sampai kelewatan ya!!! See You 😊

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *