Inpirasi dari Generasi Micin. Surya. 8 Oktober 2020. Hal. 3. Joana Evan. FDB

SURABAYA, SURYA Joana Evan berhasil memfungsikan kembali (upcycle) bungkus snack yang banyak dikonsumsi masyarakat menjadi tas mini yang fashionable. Tak hanya itu, karyanya juga terinspirasi dari banyaknya hewan yang dibunuh hanya untuk tas-tas mahal.

Tas ini terinspirasi dari sampah di burni ini dan ‘Generasi Micin’ yang tidak bisa lepas dari ‘Micin’. Semakin banyak mengonsumsi micin, semakin banyak sampah terbUang dan susah terurai,” katanya saat ditemui di kawasan Citraland Surabaya, Rabu (7/ 10).

Tas dari bungkus snack ini membentuk pattern Zebra, lalu Joana menggabungkannya dengan lanyard cord dan carabiner yang bias2 dipakai para pecinta alam untuk kemping atau mendaki gunung. Bagian alasnya berbentuk mini atau kecil.

Perempuan asal Jakarta ini menjelaskan, orang-orang yang menjadi target marketnya ialah yang menyukai hal-hal simpel dan fungsional untuk kehidupan sehari-hari. Apalagi, semua serbacashless.

Secara motif, karya tas Joana terlihat menonjol. Dia berusaha mendesain sesuai dengan jenis bungkus snack, rrIelalui tingkat lapisan dan luasan bungkusnya. Jadilah, tas selempang (pouch bag) berukuran kecil dengan motif mengikuti ukuran tas dan alat pemanasnya.

Kenapa ada alat pemanas? Joana menggunakan alat catok rambut (flat iron) dengan suhu panas tinggi untuk mendapatkan motif diinginkan. “Ini proses kreatif yang membutuhkan ketelatenan dan perasaan,” terangnya.

Mahasiswi Fashion Product Design And Business Universitas Ciputra (UC) Surabaya ini berharap, tas karyanya berfungsi sebagai neck bag, sling bag, dan juga dapat digantung di ban pinggang celana atau rok.

“Untuk perawatannya tidak susah. Tinggal seka dengan kain dan air biasa, karena tasnya sendiri 90 persen terbuat dari plastik. Tali setrap dapat dilepas dan dicuci tangan jika kotor,” jelas Joana. (zia)

 

Sumber: Surya. 8 Oktober 2020. Hal. 3

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *