Information Literacy Class: Reference Manager Mendeley & Tutorial E-Resource

Information Literacy Class (ILC) yang diadakan oleh UC Library hadir kembali untuk rekan-rekan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir dan rekan-rekan dosen yang sedaang mengerjakan artikel ilmiah. Pada acara yang diadakan pada 28 Mei 2021 pada Pkl. 14.00-15.00 WIB lalu ini kita akan sama-sama belajar tips and trik cara menelusur informasi dan mengakses koleksi E-Resources Library dan mencari bahan referensi serta belajar reference manager Mendeley yang sangat berguna dalam menentukan format sitasi penggunaan fitur add citation serta bibliography secara otomatis dalam penulisan karya ilmiah.

Pada awal, Pak Raden Panji J. Udik Esbiantoro, S.S. (Staff Perpustaakaan Universitas Ciputra Surabaya (Pustakawan)) sebagai narsumber siang itu menjelaskan mengenai tutorial untuk mengakses database Emerald. Bagi kalian yang sudah mengikuti ILC sebelumnya pasti tidak asing lagi dengan situs database Emerald ini, dimana kalian bisa mengakses banyak sekali sumber-sumber terpercaya terkait jurnal-jurnal serta e-book dan tentunya akan membantu kalian dalam mengerjakan penugasan kalian. Kalian bisa registrasi langsung melalui link emerald.com/insight/ dan mengisi data-data yang diminta seperti nama, email, dll. Kemudian yang paling penting, kalian juga bisa menggunakan Organisation Access Number dari Ciputra yaitu 868680000354999 agar kalian bisa langsung terhubung pada sumber-sumber UC sendiri. Setelah itu nanti kalian akan langsung mendapatkan email sendiri dari emerald untuk diminta reset password maupun langsung menkonfirmasi email yang telah anda daftarkan sebelumnya. Setelah melakukan regristrasi, kalian bisa langsung login dan masuk ke My product yang tertera di halaman Emerald. Disana, kalian akan langsung ditujukan ke ribuan artikel maupun sumber yang kalian ingin cari.

Setelah itu, sesi selanjutnya adalah pembahasan mengenai Mendeley Reference Manager. Gampangnya, Mendeley ini sendiri merupakan aplikasi dimana kita bisa membuat ‘perpustakaan digital’ kita sendiri. Jadi kalian dapat dengan mudah mengakses dan mencari informasi di Mendeley sendiri. Cara menggunakan Mendeley itu sendiri pertama-tama kalian harus mendownloadnya terlebih Mendeley desktop. Tentu saja, Pak Panji akan membimbing kalian untuk pembuatan akun di Mendeley sendiri. Setelah berhasil mendownload Mendeley desktop, kalian bisa langsung sign in dengan email yang telah kalian buat sebelumnya. Nah sebelum kalian membuat ‘perpustakaan’ kalian sendiri di Mendeley, tentu kalian membutuhkan referensi yang bisa kalian dapatkan di google scholar, look up doi, Drag and Drop article, maupun menginput manual dari buku maupun membangun database melalui web importer juga. Nah setelah kalian mendapatkan referensinya, kalian bisa langsung pergi ke Mendeley desktopnya dan Pak Panji telah menjelaskan satu-persatu cara memasukan sitasi pada Mendeley Desktop tersebut. Pertama kalian bisa membuat folder di Mendeley Desktop kemudian kalian tinggal mengopy-paste pada kolom yang berada di tengah Mendeley. Setelah itu, makan otomatis sumber sitasi anda akan langsung terdaftar pada Mendeley Desktop.

Tentunya dengan adanya Mendeley Desktop ini, akan memudahkan kalian dalam mencari sumber situs yang telah kalian gunakan sebelumnya. Setelah mempelajari mengenai Mendeley Desktop, Pak Panji menjelaskan juga mengenai Mendeley web importer dimana akan memudahkan kalian untuk memasukan data sitasi kedalam Mendeley Desktop sendiri. Tahu gak sih kamu ternyata Mendeley desktop ini juga ternyata bisa kalian hubungkan dengan Microsoft Word sendiri loh! Nah dengan ini, kalian bisa langsung menaruh sumber dari sitasi dari ‘perpustakaan’ Mendeley desktop kita, ke tulisan di word kita.

Information Literacy Class ini tentunya akan sangat membantu kalian yang sedang kebingungan dengan membuat sitasi. Kelas ini sungguh dipenuhi dengan informasi yang sangat kaya dan sangat memudahkan kalian dalam membuat daftar Pustaka maupun sitasi lainnya. Dengan bimbingan yang sangat detil pasti akan membuat kalian paham deh!. Ditambah lagi biasanya akan ada sesi tanya jawab maupun Quiz yang berhadiah loh!. Tunggu apa lagi? Yuk ikut acara Universitas Ciputra Library ini di bulan depan!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *