Information Literacy Class: Reference Manager Mendeley dan Tutorial Akses E-Resources

Universitas Ciputra Library kembali lagi mengadakan Information Literacy Class (ILC) pada tanggal 31 Maret 2021 lalu. ILC ini merupakan suatu acara bulanan yang diadakan oleh Universitas Ciputra Library agar dapat membantu para mahasiswa Universitas Ciputra agar tidak kebingungan dalam mencari jurnal yang terpercaya dan juga membuat referensinya loh. ILC kali ini diadakan pada pukul 14.00 – 16.00 WIB dan dihadiri oleh 56 orang melalui Zoom Meeting. Bulan ini, Universitas Ciputra Library memfokuskan untuk mengajarkan mengenai tips and trik cara menelusur informasi dan mencari bahan referensi serta belajar reference manager Mendeley. Reference manager Mendeley ini sendiri sangat berguna agar kita dapat menentukan format sitasi penggunaan fitur ‘’add citation’’ serta bibliography secara otomatis dalam penulisan karya akhir kita. Buat kamu khususnya mahasiswa yang sedang kebingungan dalam membuat skripsi kamu, tentu acara Information Literacy Class bukanlah suatu acara yang mau kamu lewati deh! Disini kita akan dibimbing oleh Pak Raden Panji J. Udik Esbiantoro, S.S sebagai salah satu staff perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya yang akan menjelaskan lebih lanjut mengenai topik yang sudah ditentukan.

Kelas ini diawali dengan penjelasan dari Pak Panji yang membahas tentang pengenalan kembali pada salah satu website terpercaya yang bisa kita akses untuk mencari suatu jurnal ataupun artikel. Bagi kalian yang sudah sering mampir ke kegiatan ILC ini, tentu kalian sudah familiar nih dengan garuda.ristekbrin.go.id Yap, di situs ini, kita bisa mengetahui dengan jelas mengenai journal-journal yang ingin kamu download. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu menginput keyword yang ingin kamu cari, dan ribuan jurnal maupun artikel akan tersedia untuk kamu download.

Setelah mengetahui cara untuk mendownload artikel dari garuda.ristekbrin.go.id, sekarang Pak Panji kembali menjelaskan tutorial untuk mengakses E-Journal Emerald. Cara mengakses Emerald ini sendiri tentu saja pertama-tama kalian harus pergi ke halaman web emerald di https://www.emerald.com/insight/. Setelah sudah berhasil mengakses website, kalian bisa klik “Register” yang ada di halaman depan website. Kalian bisa lanjut mengisi data diri kalian mulai dari nama, email, nomor akses organisasi (diberikan pada saat zoom meeting class), dan kalian tinggal register deh. Setelah mengeklik register, kalian akan diminta untuk reset password melalui email yang sudah diregistrasi sebelumnya. Ketika akun kalian sudah jadi, kalian bisa log in langsung menggunakan email yang sudah didaftarkan. Jika kalian sudah memasukan nomor akses organisasi Universitas Ciputra saat registrasi, maka kalian nantinya bisa mengakses langsung ribuan jurnal yang telah di upload. Cara pencariannyapun mudah, kalian bisa langsung mengeklik topik mana yang menarik perhatian kalian. Setelah itu, kalian akan langsung diarahkan ke topik-topik yang lebih terperinci dan lebih detail agar memudahkan kalian untuk mencari inspirasi.

Pencarian jurnal sudah, mendownload jurnal sudah, cara mengakses jurnalnya juga sudah dijelaskan. Kini, Pak Panji juga melengkapi penjelasannya dengan cara-cara untuk menggunakan Reference Manager Mendeley. Jika kamu sering ketinggalan atau kebingungan untuk mengaksesnya, tenang saja, disini Pak Panji bersedia untuk membimbingmu dan menunggu agar kita bisa mengakses Mendeley bersama-sama. Untuk mengakses Mendeley, kalian harus menggunakan Microsoft word yah. Mendeley bisa diconnectkan langsung ke Microsoft word agar memudahkan kita untuk membuat suatu reference. Pak Panji menjelaskan secara detail mengenai caranya untuk membuat sutau reference maupun mencari reference malalui Mendeley.

Menarik bukan? Bagi kalian yang masih suka ketinggalan informasi penting ini, coba deh set hari untuk mengikuti ILC di bukan depan! Jangan sampai kamu stuck di tugas akhir hanya karena kesalahan yang bisa diminimalisir sekarang yah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *