Information Literacy Class 29 April 2021

Buat kalian yang sedang di semester akhir, pasti banyak dari kalian yang sedang kebingungan dalam mengerjakan skripsi bukan? Tenang saja, UC Library selalu membuat kegiatan Information Literacy Class (ILC) setiap bulannya loh! Pada tanggal 29 April 2021 lalu, UC Library bersama Pak Raden Panji J.Udik Esbiantoro, S.S selaku Staff Perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya mengadakan ILC melalui Zoom meetings. Pada ILC kali ini, Pak Panji menjelaskan mengenai Mendeley desktop, instal mendeley web importer, pengenalan pengelompokan jenis dokumen dan tutorial akses e-resource serta layanan perpustakaan.

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai Mendeley Desktop, Pak Panji menjelaskan kembali mengenai tutorial dalam mengakses Emerald. Pertama-tama, kalian bisa masuk ke www.emerald.com/insight/ lalu klik tombol ‘Register’. Setelah itu, kalian bisa mendaftar dengan mengisi informasi-informasi yang diperlukan seperti nama, email, access number, dan mencentang kolom Terms and Condition. Paling penting, untuk kalian mahasiswa-mahasiswi Universitas Ciputra, kalian bisa memasukkan kode akses yaitu 868680000354999 agar bisa langsung terhubung. Setelah sudah melanjutkan ke halaman berikutnya, kalian bisa langsung masuk ke email untuk melakukan password reset/hanya sekedar memasukkan password kalian yang lama. Setelah itu, kalian sudah bisa mendapatkan akun Emerald dan mengakses dokumen berupa e-book, jurnal, maupun resource lainnya loh! Oh ya, buat kalian yang masih mengalami trouble dalam mengakses Emerald, Pak Panji juga bersedia untuk membantu kalian setelah sesi zoom ini selesai.

Setelah itu, penjelasan dilanjutkan mengenai Mendeley Desktop. Pertama yang harus kalian lakukan, kalian bisa membuat akun Mendeley dengan masuk ke websitenya di www.mendeley.com dan klik ‘Create a free Account’. Setelah itu, kalian juga tinggal mengisi data-data yang diperlukan seperti nama, email, dan password. Nah setelah itu, sekarang kalian harus mendownload terlebih dahulu Mendeley Desktop yang ada di websitenya. Setelah melakukan instalasi Mendeley desktop, kalian bisa sign in dengan akun yang barusan kalian buat dan mengakses data-data yang kalian butuhkan dari Mendeley.

Nah kali ini, Pak Panji akan menjelaskan mengenai cara-cara untuk membangun database dari Google Scholar, Look up DOI, Drag and Drop article, menginput manual, maupun melalui web importer. Pada google Scholar, kalian bisa memilih artikel yang ingin kalian cari. Kemudian kalian bisa memanfaatkan “Cite” Google Scholar untuk mencari literatur yang kalian butuhkan. Cite tersebut bisa kalian temukan dengan mengeklik logo “ pada bawah website artikel di google scholar. Kemudian, kalian bisa mengeklik BibTeX dan meng-copy tulisan yang keluar selanjutnya. Nah darisitu, kalian bisa langsung menggunakan data yang kalian ambil dari Google scholar dan memasukkannya ke Mendeley Desktop. Selanjutnya, pada Look up DOI (Digital Object Identifier), kalian disarankan untuk membacar sumber artikel agar memiliki pemahaman yangkomprehensif sebelum melakukan sitasi. Jenis-jenis dokumennyapun ada 20, jadi kalian bisa mengetahui lebih jelasnya dengan berkonsultasi langsung dengan Pak Panji ataupun mengikuti Information Literacy Class ini yah!. Begitu juga dengan sistem Drag and Drop yang dimana kalian bisa langsung ‘menarik’ data yang diperlukan ke Mendeley Desktop.

Nah sekarang kalian bisa menggunakan Mendeley Desktop maupun Emerald sebagai salah satu sarana yang membantu kalian dalam mengerjakan skripsi kalian. Pastikan data-data yang kalian ambil itu akurat dan benar adanya yah teman! Kalian juga bisa mengakses tugas akhir online di dspace.uc.ac.id untuk mencari inspirasi lebih.

Oiya, jangan lupa yah buat kalian mahasiswa-mahasiswi Universitas Ciputra, kalian tetap bisa mengakses layanan perpustakaan meskipun ada pandemic Covid-19 yang terjadi nih. Mereka menyediakan pelananan pengiriman buku dan membuka perpustakaan pada jam operasional yang ditentukan yah. Stay safe everyone!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *