Ilmu Bisnis yang Didapat Dari Drama Korea “Hometown Cha-Cha-Cha”

Hometown Cha Cha Cha adalah drama komedi romantis berdasarkan film Korea tahun 2004. Drama yang akan tayang perdana di tvN pada 28 Agustus 2021 ini disutradarai oleh Yoo Jae-won dan streaming di seluruh dunia melalui Netflix. Selain Kim Seong-ho dan Shin Min-ah, Lee Sang-i berencana untuk tampil di kampung halamannya secara bertahap. Drama romantis para penggemar membuat kalian menantikan drama ini.

Di Hometown Cha Cha Cha, Kim Seong-ho, Shin Min-ah, dan Lee Sang-yi mengambil peran utama, dan Kim Seong-ho berperan sebagai Hong Doo-shik, seorang pengangguran yang  pandai dalam segala hal. Shin Min-ah memerankan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang ambisius dan perfeksionis. Lee Sang-eun berperan sebagai sutradara variety show gila kerja Ji Seong-hyeon, dan selain ketiganya, ada juga  sejumlah aktor  yang berperan aktif dalam peran pendukung di kampung halaman Cha-Cha-Cha. Hometown Cha Cha Cha juga merupakan penampilan cameo oleh aktor senior Lee Jong-eun.

Hometown Cha-Cha-Cha menceritakan kisah dokter gigi  perfeksionis dan  pengangguran. Nama dokter giginya adalah Hyejin Yoon. Dia baru saja pindah ke Desa Gonjin, yang terletak di tepi laut. Yoon Hye-jin membuka rumah sakit di desa. Yoon Hye-jin keras tetapi memiliki hati yang  hangat. Yoon Hye-jin bertemu dengan seorang pria bernama Hong Doo-sik (Kim Seong-ho) di Desa Gongjin. Penduduk desa disebut kepala suku hondu-sik. Hong Doo-sik adalah seorang  pengangguran yang selalu siap  membantu masyarakat Desa Gungjin. Doo-Sik Hong bekerja keras untuk membantu warga. Dari pengantar makanan hingga pekerjaan toko desa. Doo-Sik Hong adalah orang yang cerdas dan penuh perhatian. Anda selalu dapat berpaling kepadanya ketika orang membutuhkan bantuannya. Hong Doo-sik adalah tipe ideal Desa Gongjin karena dia suka membantu orang dengan ketampanan dan kepribadiannya yang baik. Yoon Hye-jin tertarik pada Hong Doo-sik, yang menganggur tetapi selalu sibuk. Yoon Hye-jin menjadi semakin tertarik pada Hong Doo-sik, yang selalu bersamanya dan membantu penduduk desa yang membutuhkan. Keduanya akhirnya bertemu dan menjadi tertarik satu sama lain.

Menonton drama ini membuat kamu belajar banyak tentang kehidupan, diantaranya ilmu bisnis. Berikut adalah ilmu bisnis yang bisa didapatkan dari series Drama Hometown Cha-Cha-Cha:

  1. Perjanjian Sewa Menyewa

Setelah Hye-jin memutuskan lokasi, dia menandatangani kontrak sewa  dengan Yeo Hwa-jeong, pemilik gedung tempat dokter gigi Hye-jin berada. Tandatangani kontrak dan buat dua salinan sehingga pemilik dan penyewa  memiliki salinan kontrak. Dalam lakon tersebut, Bajang Hong  menyebutkan bahwa kontrak memiliki hak dan kewajiban pemilik dan penyewa. Para pihak juga berkewajiban untuk mematuhi ketentuan  kontrak. Sebaliknya, aturan  kontrak  Korea  hampir identik dengan  Indonesia. Selain itu, aturan  kontrak di Indonesia menetapkan bahwa kontrak adalah sah selama persyaratan kontrak tidak bertentangan dengan hukum dan kontrak dilaksanakan dengan itikad baik, dan para pihak berkewajiban untuk melakukan kewajiban yang ditetapkan dalam kontrak.

  1. Mencari Lokasi Usaha Strategis

Ketika Hyejin memutuskan untuk membuka rumah sakit di Gongjin, hal pertama yang dia lakukan  adalah mencari lokasi  yang strategis untuk usahanya. Dalam drama tersebut, Hyejin mencari pekerjaan dengan Hongbajan, yang  bekerja paruh waktu di real estate pada saat itu. Saat memulai bisnis, lokasi benar-benar menjadi faktor penentu keberhasilan dan keberlanjutan bisnis. Semakin strategis lokasi bisnis Anda, semakin mudah bagi konsumen untuk menjangkau produk atau layanan Anda. Klinik Gigi Hyejin sendiri letaknya sangat strategis. Tidak hanya terletak di jalan utama desa, tetapi juga dekat dengan balai kota, restoran, pasar, dan tempat tinggal penduduk desa, begitu banyak acara sosial diadakan di sekitar tempat kerja Heo Jin.

  1. Merekrut karyawan

Ketika Hyejin membuka klinik di Gongjin, langkah selanjutnya adalah merekrut staf. Hyejin meluangkan waktu untuk mempromosikan lowongan tersebut. Namun, pacar Hyejin, Mison, yang juga seorang perawat dan dari Seoul, datang melamar. Dalam adegan dramatis, Mi-sun menuntut kenaikan gaji £10 untuk tempat tinggalnya. Hye-jin setuju dan mempekerjakan Mison sebagai pegawai  kliniknya. Dari sudut pandang hukum, hubungan kerja  antara Hye-jin dan Mi-seon harus ditentukan dalam kontrak kerja. Perjanjian lisan memang sah, tetapi akan lebih mudah untuk membuktikan bahwa perjanjian itu adalah perjanjian tertulis. Kontrak kerja juga dibuat sedemikian rupa sehingga hak dan kewajiban yang timbul antara pemberi kerja dan pekerja menjadi jelas.

  1. Promosi dengan Memanfaatkan Momen

Hal terakhir yang  tidak dilewatkan Hye-jin saat memulai bisnis di Gongjin adalah  promosi. Di awal episode 2 Hometown ‘Cha Cha Cha ‘, Yeo Hwa-jeong mengunjungi rumah Hye-jin dan mengundang Hye-jin ke pesta untuk orang tua. Selain itu, Yeo Hwa-jeong mengundang Hye-jin ke pesta  untuk memperkenalkan dirinya dan berbicara tentang membuka dokter gigi. Hyejin pun memutuskan untuk mengobrol dengan warga Gongjin untuk mempromosikan kliniknya. Promosi sebenarnya adalah salah satu cara  untuk menginformasikan orang dan mengajak mereka untuk menjadi konsumen bisnis Anda. Promosi yang baik meningkatkan penjualan dan citra bisnis.

  1. Izin Mendirikan Klinik

Meski tidak muncul dalam drama, Hye-jin juga perlu mendapatkan izin untuk membuka klinik. Di Indonesia, Anda dapat memperoleh izin untuk membuka klinik  dengan menghubungi PTSP di wilayah tempat klinik tersebut berada. Setiap daerah memiliki persyaratan sendiri untuk izin klinik. Namun, terlepas dari lokasi, dokter gigi harus memiliki dokumentasi lingkungan dalam format SPP.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.