Hunian Efisien dan Sehat Jean-Maureen. jawapos.com. 6 September 2020.INA

https://www.jawapos.com/arsitektur-dan-desain/06/09/2020/hunian-efisien-dan-sehat-jean-maureen/

REDAM CUACA PANAS: Peletakan jendela dirancang sesuai dengan arah angin. Area sekitar bukaan juga didinginkan dengan sosoran atap tanaman rambat, atau pohon. (JEAN-MAUREEN AND PARTNERS FOR JAWA POS)

Efisien dan sehat. Misi tersebut diusung Maureen Nuradhi dalam membangun rumahnya. Hasilnya, hunian tampak estetis, tetapi tetap hemat.

PENATAAN ruangan yang smart dan cermat menjadi kunci kenyamanan rumah Jean Francois Poillot dan Maureen Nuradhi. Rumah mereka memaksimalkan akses cahaya matahari dan udara. Untuk meredam cuaca panas Surabaya, bukaan pun dirancang dengan teliti. Letak jendela sesuai dengan arah angin. Area sekitar bukaan juga lebih dulu ”didinginkan.”

”Caranya, memberi pembayangan. Bisa dari sosoran atap, tanaman rambat, atau pohon,” kata Maureen. Permukaan bawah juga didesain tidak memantulkan cahaya berlebih. Salah satunya ditutup rumput dan kerikil.

Dosen interior architecture di Universitas Ciputra (UC), Surabaya, itu menyatakan bahwa sejuknya rumah juga didukung permukaan tembok yang berpori. Dinding dibiarkan berlapis acian. Tampilannya lebih alami. Plus, menghemat biaya finishing hingga 30 persen. ”Karena finishing ini, teman-teman kami menyebut rumah kami bergaya industrial,” ungkapnya.

Maureen menceritakan, huniannya mengusung konsep reserved house. Area yang dikerjakan tidak ”mengenai” rumah lama. Jadi, dia beserta keluarga tidak perlu usung-usung pindahan. Denah rumah pun dibalik. Area halaman disulap menjadi rumah. Lokasinya mengitari hunian lama yang lantas dirobohkan menjadi courtyard.

Karena letaknya yang dikepung ruangan, desain courtyard dibuat bersih. Entrepreneur section head UC tersebut menjelaskan bahwa lantai courtyard dibuat miring dan dilengkapi saluran pembuangan. Ruangan juga tetap terlindung sosoran atap. ”Tidak ada air yang menggenang dan cipratan saat hujan,” papar Maureen. Tanaman di courtyard dipilih yang tidak memiliki perakaran melebar dan merusak.

Konsultan arsitektur dan desainer interior Jean Maureen and Partners itu menuturkan, smart layout tidak hanya hemat energi dan biaya. Tetapi juga ikut mendukung konsep rumah sehat. Seluruh area mendapat ventilasi dan akses sinar matahari. Termasuk di dapur. Rumah pun bebas dari lembap. ”Kegiatan menyapu, mengepel, dan bersih-bersih lebih leluasa. Kelembapan tidak terjebak sehingga sangat sedikit area yang memerangkap virus,” tegas Maureen.

REDAM CUACA PANAS: Peletakan jendela dirancang sesuai dengan arah angin. Area sekitar bukaan juga didinginkan dengan sosoran atap tanaman rambat, atau pohon. (JEAN-MAUREEN AND PARTNERS FOR JAWA POS)

CERMAT TERAPKAN FINISHING ACIAN

”Memangnya nggak rusak nanti kalau kena panas dan hujan?”

”Kalau berlumut, gimana?”

Banyak pertanyaan yang muncul ketika mempertimbangkan finishing acian. Berikut tip dari Maureen:

  • Instalasi talang harus baik.
  • Bila menggunakan atap genting, kemiringan minimal 30 persen dan ada sosoran.
  • Sloof fondasi harus baik agar air tanah tidak naik.
  • Saat pengerjaan, tukang perlu diingatkan bahwa acian sekaligus menjadi finishing. Jadi, tukang tidak ceroboh memaku atau mengotori dinding.
  • Upayakan satu bidang besar dikerjakan satu orang/tukang agar hasil rata.
  • Cermat pilih semen. Sebab, beda merek dan jenis semen, beda pula rona abu-abu yang dihasilkan.
  • Untuk bagian luar, lapisi acian dengan coating batu alam agar tidak mudah berlumut.

SMART LAYOUT

REDAM CUACA PANAS: Peletakan jendela dirancang sesuai dengan arah angin. Area sekitar bukaan juga didinginkan dengan sosoran atap tanaman rambat, atau pohon. (JEAN-MAUREEN AND PARTNERS FOR JAWA POS)

  • Hemat biaya perawatan
  • Tatanan ruangan dibuat ringkas agar perawatan dan pembersihan lebih mudah. Terutama untuk keluarga yang tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART).

HEMAT RUANG

Sebagian furnitur dibuat built-in. Dampaknya, pemakaian bahan bangunan juga irit.

HEMAT BIAYA LISTRIK

  • Pengeluaran untuk air conditioner (AC) dan lampu bisa diminimalkan karena layout memaksimalkan bukaan.
  • Rumah courtyard Jean-Maureen
  • Arsitek: Maureen Nuradhi dan Jean Francois Poillot
  • Luas tanah: 200 m2
  • Luas bangunan: 200 m2 (dua lantai)
  • Lokasi: Surabaya Timur
  • Lama pengerjaan: 1 tahun
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *