How to Branding Yourself in Digital Era – Innovation Talk (iTalk) UC Library

Tanpa kita sadari, era digital memang sudah menjadi bagian dari hidup kita yang akan terus berkembang. iTalk (Innovation Talk) yang diadakan oleh UC Library pada hari Kamis, 12 Mei 2022 lalu kembali mengedukasi kita mengenai pentingnya membuat personal branding di era digital ini. Pada acara iTalk kali ini, UC Library mendatangkan narasumber yang telah berpengalaman dalam bidang membangun personal branding dari Kreativv_id, yaitu Kak Miela Indarto (Head of Content Kreatiff_ID dan alumni INA UC 2008). Acara ini terbuka bagi semua kalangan baik dari yang masih bersekolah hingga yang sudah bekerja dan berfokus juga pada bagaimana tata cara penggunaan LinkedIn dan IG reels.
Kak Miela, membuka acara iTalk kali ini dengan menjelaskan mengenai betapa pentingnya branding itu sendiri. Jika kita lihat, barang yang tidak diberi branding terlebih dahulu akan memiliki value dan harga yang jauh lebih murah daripada barang dengan branding yang sudah terkenal. Sama halnya juga dengan diri kita sendiri, bagaimana kita membuat personal branding kita untuk dilihat oleh orang-orang disekitar kita. Personal branding ini sendiri tentunya akan mendatangkan keuntungan bagi diri kita sendiri, contohnya seperti menambah kepercayaan diri, kredibilitas, networking, dan juga membantu dengan karir kita loh!. Coba deh jika kamu sudah memiliki personal branding yang bagus dalam bidangmu, maka jelas kamu akan lebih mudah mendapat kenalan pada bidangmu kan.
Mungkin kamu bingung, kalau mau buat personal branding, kira-kira harus mulai darimana ya?. Nah pertama-tama, kamu harus bisa mengetahui tentang dirimu sendiri. Apa yang kamu suka, apa yang memotivasimu, juga apa yang mungkin orang lain perlukan dari kamu. Tahap yang kedua, kamu harus mengetahui goals yang ingin kamu tuju itu apa. Kamu bisa juga mulai untuk mengeksplor lebih lagi dalam bidangmu dengan berani untuk melamar di tempat-tempat kerja dalam bidangmu. Dari sana, kamu akan mendapat lebih banyak insight dan informasi yang lebih professional dalam bidangmu. Penting juga untuk selalu membuat konten mengenai bidang yang kamu sukai, agar orang-orang disekitarmu juga mengerti tentang bidang yang sedang kamu geluti. Jangan lupa juga untuk selalu konsisten dalam bidangmu ya! Jangan pantang menyerah walaupun memang memulai sebuah karir itu mungkin akan susah. Tidak lupa juga, networking itu memegang point penting dalam karirmu loh!. Dari networking yang kamu dapat, mungkin kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan orang lain untuk membuat sesuatu yang luar biasa.
Keseruan iTalk ini tidak hanya sampai sini loh! Kak Miela juga menjelaskan mengenai betapa pentingnya LinkedIn sebagai personal branding kita. Pertama-tama, pastikan profile picture kamu jelas, pencahayaan bagus, foto yang tidak terlalu jauh, berpakaian professional, dan jangan ada aksesoris yang menghalangi mukamu yah!. Jangan lupa juga dengan cover photo yang mencerminkan tentang dirimu yah. Kamu juga bisa menjelaskan mengenai dirimu pada search engine yang ada di linkedin dan juga aboutmu!. Jika kamu masuk lebih dalam kedalam linkedin, kamu juga bisa memasuki group-group yang sekiranya memang menarik perhatian kamu loh.
Tips selanjutnya nih, jangan pernah malu untuk memulai sesuatu yah teman-teman! Apalagi untuk mengembangkan koneksimu sendiri. Ketahuilah bahwa semua yang kita lakukan itu membutuhkan suatu progress dan tidak ada yang instan.
iTalk ini juga selalui dipenuhi dengan keseruan lainnya loh!. Tidak hanya sekedar memberi informasi, namun juga dilengkapi dengan QnA dan tutor yang tentunya akan sangat membantu kamu! Jadi jangan lupa untuk selalu mengikuti next iTalk dari UC Library yah! Salam literasi!
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.