Getting Started with Refinitiv Eikon Software & Penelusuran Informasi Online – Information Literacy Class | UC Library X Refinitiv

Pada selasa (9/11) UC Library mengadakan acara yang informatif khususnya bagi rekan-rekan dosen dan mahasiswa tugas akhir yang sedang mengerjakan penelitian atau artikel. Acara ini dikemas dengan seru dan interaktif melalui media Zoom.

Acara dibagi menjadi 2 sesi yaitu informasi mengenai literasi untuk sesi pertama dan penelususran informasi online bagi untuk sesi 2. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada pukul 14:00 – 16:00 WIB melalui media Zoom Conference. Kegiatan ini memiliki dua narasumber hebat yaitu Gabriela Sutisna yang merupakan Customer Success Manager Refinitiv Eikon Software yang akan membawakan materi Getting Started with Refinitiv Eikon Software dan juga Bapak Raden Panji J. Udik Esbiantoro, S.S yang merupakan seorang Staff Perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya dengan pembawaan materi Penelusuran Informasi Online.

Information Literacy Class : Getting Started with Refinitiv Eikon Software dan Penelusuran Informasi Online tersebut berisikan pembahasan mengenai cara mengakses Software Refinitiv Eikon via install dan dapat juga melalui web. Cara penggunaan Software Refinitiv Eikon untuk mengakses informasi pasar yang berbeda dan kelas asset, harga dan berita, serta gambaran dari ekonomi negara akan dijelaskan dalam Information Literacy Class ini. Tidak hanya itu, materi lainnya yang akan disampaikan yaitu cara menemukan sumber referensi yang tepat, kredibel, dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Adanya Information Literacy Class ini didasari oleh banyaknya kekurangan kemampuan setiap individu, khususnya mahasiswa untuk belajar cara mengakses Refinitiv Eikon via install dan via web, serta menggunakan Refinitiv Eikon untuk mengakses informasi pasar yang berbeda dan kelas aset, harga dan berita, gambaran ekonomi negara. Dalam hal ini, seluruh pihak terkait dapat belajar tips and trik mengenai cara menelusur informasi dan mencari bahan referensi untuk artikel yang akan dibuat, belajar mengenai penggunaan koleksi e-resources, menelusuri koleski tugas akhir, pencarian informasi pada Online Public Access Catalog, pengumpulan tugas akhir, serta informasi layanan UC Library di masa pandemi sendiri.

Cara mengakses Refinitiv Eikon dapat dilakukan dengan cara masuk ke dalam website www.eikon.thonsonreuters.com dan dapat diakses melalui dua acara, salah satunya yaitu sign in & download yang memiliki arti mendownload dan melakukan instalasi software Refinitiv Eikon ke dalam laptop atau computer dan akan mendapatkan satu folder. Langkah selanjutnya adalah membuka isi folder yang bernama Eikon Software dan juga Eikon Excel, fungsi dari Eikon Excel sendiri adalah untuk mengupdate data yang dimiliki langsung ke dalam aplikasi excel tersebut. Seluruh informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dapat dilihat dan dipilih, karena telah disediakan banyak sekali data yang memungkinkan untuk diakses. Pemilihan tersebut dapat berdasarkan kebutuhan untuk melalukan riset, analisis manajemen perusahaan, analisis sistem maupun keuangan dari sebuah perusahaan, dan lain sebagainya. Hal pertama adalah pemilihan perusahaan yang akan di akses, maka akan muncul bagian-bagian yang dapat dilihat lebih spesifik, yaitu overview yang berisi rangkuman atau gambaran umum dari bisnis terkait, berita terbaru mengenai perusahaan tersebut, dan juga performa harga yang dimiliki. Selanjutnya terdapat juga bagian news & research, price & chart, estimates, financials, ESG, event, ownership, debt & credit, peers & valuation, derivatives, filings, dan lain sebagainya.

 

Selengkapnya silahkan klik link berikut:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *