E-JOURNAL ACCESS TUTORIAL & REFERENCE MANAGER MENDELEY” – Information Literacy Class (June 2021)

Pada 30 Juni 2021 lalu, mahasiswa dan dosen Universitas Ciputra hadir dalam Information Literacy Class (ILC) yang diadakan oleh Library UC. Tujuan dari acara ini adalah untuk mempelajari tentang penggunaan Reference Manager Mendeley dalam pengerjaan tugas akhir maupun artikel ilmiah. Mendeley membantu proses sitasi dan pengelolaan suatu referensi menjadi lebih mudah.

Dibawakan oleh Pak Tito Christye Dato Pango (Librarian UC Library) dan Pak Raden Panji J. Udik Esbiantoro, S.S (Librarian UC Library) sebagai pembicara utama, acara berlangsung interaktif dan lancar. Acara dibuka dengan pengenalan penggunaan Emerald Insight sebagai database jurnal. Emerald Insight sendiri adalah penerbit ilmiah jurnal akademik dan buku di berbagai bidang studi dengan koleksi komprehensif sehingga UC People dapat mengakses ratusan teks lengkap dan jurnal peer review. UC yang telah berlangganan Emerald memudahkan mahasiswa dan dosen untuk mengakses berbagai jurnal dan e-book terpercaya secara legal dan aman.

Untuk mengakses Emerald Insight, UC People perlu untuk melakukan registrasi melalui link emerald.com/insight/ dan mengisi data seperti nama dan email. Selanjutnya, UC People perlu untuk mencantumkan kode akses (Organisation Access Number) Universitas Ciputra yaitu 444829514269633. Setelah itu Emerald akan mengirimkan email khusus dan meminta pengguna untuk mereset password, jika tidak, Emerald akan langsung menkonfirmasi email yang telah kalian daftarkan sebelumnya. Setelah melakukan regristrasi, kalian bisa langsung login dan masuk ke My product yang tertera di halaman Emerald. Disana, UC people akan langsung ditujukan ke ratusan artikel maupun sumber yang kalian ingin cari. Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian dapat mengakses https://www.uc.ac.id/library/informasi-akses-e-journal-e-book-emerald/

Selanjutnya, bapak Panji membahas tentang Mendeley Reference Manager. Mendeley merupakan aplikasi dimana kita bisa membuat ‘perpustakaan digital’ kita sendiri. Jadi kalian dapat dengan mudah mengakses dan mencari informasi di Mendeley sendiri. Pak Panji menjelaskan mulai dari cara menginstall hingga cara penggunaannya. Partisipan diminta untuk secara saksama turut mengikuti seluruh langkah penggunaan.

Pertama, kalian perlu mengunjungi website www.mendeley.com, nantinya kalian perlu mengklik Create free account. Selanjutnya masukkan email, email yang digunakan bisa menggunakan email pribadi dan tidak harus email institusi. Kemudian masukkan nama dan password. Klik Register lalu klik Continue to Mendeley. Setelah itu UC People perlu mengunduh Mendeley dan menginstallnya di laptop atau PC kalian.

Untuk membuat perpustakaan pribadi, tentunya kalian perlu untuk menambahkan dokumen yang akan digunakan sebagai referensi artikel ke dalam Mendeley. Berikut tampilan Mendeley Desktop. Sebelah kiri atas adalah folder yang dibuat, tengah adalah jurnal-jurnal dalam folder tersebut, dan sebelah kanan adalah tampilan dari jurnal. Membangun database dapat melalui banyak cara seperti melalui google scholar, look up DOI, drag and drop article, dan input manual. Contohnya jika melalui google scholar, kalian dapat mengklik logo Cite, selanjutnya klik BibTex dan copy metadata yg muncul. Kemudian kembali ke Mendeley Desktop dan tekan Ctrl+V di kolom tengah. Secara otomatis, jurnal yang telah dipilih tersebut akan masuk kedalam perpustakaan pribadi kalian. Wah mudah ya UC People!               Sebelum mengelola daftar pustaka dan menginput sitasi, UC people perlu menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word. Untuk mengaktifkan fasilitas ini pada Mendeley Desktop,  kalian perlu mengikuti langkah-langkah untuk mengintegrasikan kedua perangkat lunak ini.

Jika teman-teman ingin mengetahui cara penginputan jurnal lainnya dan bagaimana mengintegrasikan Mendeley dengan Microsoft Word, pak Panji telah menjelaskan secara lengkap dalam webinar kemarin, untuk lebih lengkapnya teman-teman dapat mengunjungi youtube UC Library dengan judul video E-JOURNAL ACCESS TUTORIAL & REFERENCE MANAGER MENDELEY” – Information Literacy Class. UC People juga dapat mengikuti Information Literacy Class selanjutnya, yang rutin dilaksanakan setiap satu kali sebulan. Jika UC People mengikuti webinar secara langsung, kalian dapat bertanya langsung kepada pak Panji mengenai kesulitan yang kalian hadapi dalam menggunakan Mendeley.

Information Literacy Class ini sangat membantu UC People dalam mengerjakan sitasi. Karena tidak hanya diberi penjelasan namun teman-teman juga akan dibimbing pelan-pelan untuk mengikuti seluruh langkah penggunaan Mendeley. Tidak hanya itu peserta juga bisa mendapatkan e-certificate dan doorprize loh!               Acara ditutup dengan pengenalan layanan-layanan Library selama masa pandemic seperti book delivery service yang telah bekerja sama dengan grab express, layanan sirkulasi buku online, hingga layanan referensi dan layanan penelusuran. Wah lengkap sekali ya layanan UC Library. Jadi tunggu apa lagi? Yuk kunjungi Library di https://www.uc.ac.id/library/

 

Full Video:

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.