Diskusikan Metode Melepas Penat dengan Ngobrol.Jawapos.2 Februari 2021.Hal.20

Ngobrol santai dengan teman atau konselor merupakan salah satu cara untuk menghilangkan penat atau stres,” ucap praktisi psikologi Kartikanita Widyasari. Dia mengatakannya saat menjadi narasumber acara Ngobrol Santai di Mamacal Deli, Surabaya. Kartika mendiskusikan metode untuk mengatasi kepenatan. Tidak sendiri, sang suami Ostatika Badai Nirmala juga menjadi narasumber utama dalam diskusi tersebut.

Menurut Kartika, stres bisa disebabkan banyak hal. Mulai urusan hubungan dengan pasangan, pekerjaan, hingga keluarga. Sebagian orang memilih untuk memendam masalah tersebut. Akibatnya, stres muncul dan masalah belum terselesaikan. “Karenanya, kita butuh ngobrol untuk menemukan solusi dan inspirasi. Itu bisa dilakukan di luar aktivitas wajib kita sehari-hari,” tandas alumnus Psikologi Universitas Putra Bangsa itu.

Kartika menyatakan, ngobrol bisa dilakukan dengan siapa saja. Bisa teman, pasangan, atau konselor seperti dirinya dan sang suami. Konselor bisa dipilih jika memang membutuhkan solusi yang efektif dan bebas dari sikap keberpihakan. Dia pun memberikan contoh metode points of you dalam proses ngobrol santai.

Metode tersebut dicontohkan saat berdiskusi. Awalnya, Kartika dan Okta mengeluarkan sejumlah kartu bergambar. Lantas, mereka memilih beberapa orang relawan untuk memilih beberapa orang relawan untuk memilih satu di antara kartu-kartu itu. Seorang relawan bernama Ika memilih gambar seorang anak sedang bermain ayunan dengan wajah antusias. Okta lalu memberikan penafsirannya terhadap pilihan itu.

 

Sumber: Jawapos, 2 Februari 2021

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *