Dibalik Cerita Gedung Asuransi di Jalan Sikatan (8)_Pernah Digunakan sebagai Kantor Media Cetak. Radar Surabaya. 16 Februari 2020. Hal.3. Chrisyandi. Library

Gedung asuransi yang terletak di Jalan Sikatan nomor 1 ini memiliki bangunan yang kokoh. Gedung tersebut termasuk bangunan cagar budaya. Meski dahulu digunakan untuk perusahaan asuransi Belanda tahun 1845, gedung tersebut juga digunakan untuk kantor media cetak di Surabaya.

MENURUT Pustakawan Sejarah Chrisyandi Tri Kartika, dari satu sumber buku perencanaan pelestarian benda-benda cagar budaya di Kota Surabaya, dulu gedung tersebut memang digunakan sebagai kantor media cetak. “Ya kalau merujuk buku dari yang dikeluarkan Bappeko Pemkot Surabaya tahun 2003, gedung di Jalan Sikatan nomor 1 memang disebut gedung Surabaya Post,” katanya kepada Radar Surabaya.

Kantor Surabaya Post mempunyai kantor unit untuk percetakan dan redaksi yang bertempat di jalan Sikatan nomor 1 dan kantor cabangnya berada di Jakarta. Selain itu, karena gedung yang luas, gedung tersebut juga beberapa bagiannya disewakan, “Untuk gedung di lantai satu disewakan untuk kantor, sedangkan di lantai dua tetap digunakan untuk perusahaan asuransi,” terangnya.

Meski begitu, nama perusahaan asuransi setelah dinasionalisasi juga sempat beberapa kali mengalami perubahan nama. Seperti Perusahaan Pertanggungan Djiwa Sedjahtera, Perusahaan Negara Asuransi Djiwa Eka Sedjahtera, Perusahaan Negara Asuransi Djiwa Djasa Sedjahtera, Perusahaan Negara Asuransi Djiwasraja, Perusahaan Perseroan (Persero), Asuransi Jiwasraya, dan kini PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

“Seperti halnya beberapa perusahaan peninggalan Belanda dan dinasionalisasi setelah Indonesia merdeka, beberapa di antaranya juga beberapa kali mengalami pergantian nama, namun bidang atau sektornya tetap sama,” pungkasnya. (bersambung/nur)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *