Dibalik Cerita Gedung Asuransi di Jalan Sikatan (6). Kaca Patri Didatangkan dari Batavia. Radar Surabaya.14 Februari 2020. Hal.3. Chrisyandi. Library

Bangunan bekas kantor Nederlansch Indlesche Levenzverzekering en Liffrente Maatschappij (NILLMIJ), yakni perusahaan asuransi pada asuransi pada zaman kolonial Belanda yang ada di Jalan Sikatan nomor 1 ini memang memiliki ciri khas bangunan yang kokoh. Gaya bangunan khas Eropa tersebut selain gentingnya berasal dari Karang Pilang, juga kaca patrinya berasal dari Batavia.

SEPERTI kebanyakan gedung peninggalan colonial, selalu dibangun dengan ukuran besar sehingga tampak megah dan mewah. Begitu juga dengan bangunan gedung asuransi bekas kantor NILLMIJ ini. Dari tampilan depannya sudah mewah dengan jendela-jendela besar dan lebar. Begitu pula bagian dalamnya.

Menurut Pustakawan Sejarah Chrisyandi Tri Kartika, kaca patri tersebut terletak di tengah tangga menuju lantai dua di seberang tangga juga ada kaca patri. “Perubahan hanya pada interior dan tata ruang. Selebihnya tidak ada perubahan katanya kepada Radar Surabaya. Chrisyandi mengungkapkan fisik bangunan masih seperti awal pembuatannya. Masih ada ruang berpintu besi, kaca patri pun masih asli. “Bangunan tersebut memang bergaya Eropa, namun di padukan dengan iklim tempat bangunan itu di bangun. Sehingga beberapa bagiannya dibuat menyesuaikan dengan kebutuhan disini,” terangnya. Lanjut Chrisyandi, tujuannya juga sangat fungsional, yakni untuk menahan hempasan saat hujan maupun peneduh sengatan matahari. Selain itu juga menyesuaikan dengan bentuk lahan tempat bangunan tersebut dibangun. “Agar bangunan dingin dengan sirkulasi udara silang, istilahnya cross ventilation,” pungkasnya. (rmt/nur)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *