Dewi Sri – Dewi Padi, Dewi Kesuburan & Kelimpahan

Title : Dewi Sri – Dewi Padi, Dewi Kesuburan & Kelimpahan
Artist : Jenny Lee – Dosen VCD Universitas Ciputra
Year : 2010
Materials: Stoneware, Glaze, Kristal Swarowski
A Collection of: Yohannes Somawiharja (2021)

 

Catatan pematung:

Awalnya karya ini dibuat untuk pameran bersama di Surabaya dan berkaitan dengan hasil bumi (gula).

Tujuan awal dibuatnya patung ini untuk pameran yang bertema “Masa Lalu untuk Masa Kini”, dalam hal ini merespon yang berhubungan dengan pabrik gula. Pameran ini untuk merepresentasikan respon seniman terhadap tema yang diangkat.

Kemudian saya menemukan gagasan membuat patung dewi kesuburan. Dewi kesuburan ini sebagai pelindung atau penjaga hasil bumi.

Menurut yang saya yakini saya percaya bahwa semua mahluk di bumi ini dilindungi oleh dewa dewi tak terkecuali juga hasil bumi.

Dalam masyarakat Jawa mengenal juga mitos tentang dewi kesuburan. Mitos ini seirama dengan pandangan saya. Waktu saya tinggal di Jogja, saya pernah menonton perayaan panen di sebuah desa di Gunung Kidul dan saya cukup takjub dengan peristiwa itu. Perayaan itu sebagai wujud terima kasih kepada alam semesta yang telah memberikan kesuburan pada ladang para petani.

Makna patung ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada diri kita bahwa kita harus senantiasa berterima kasih kepada alam ini.

Di patung ini, dewinya mambawa sebuah kristal (dalam hal ini sintetis) untuk melambangkan kristal gula. Kristal juga bisa diibaratkan sebagai benih jika ingin diintepretasikan menjadi hal yang berbeda.

Figur wanita dipilih karena wanita dekat dengan simbol kesuburan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.