Deretan Film Tentang Financial Planning Wajib Nonton Untuk Tips Mengelola Keuangan!

Masa pandemi ini memberikan banyak waktu untuk menata kembali kondisi keuangan. Salah satunya bagi kita, kita dapat berhenti sejenak untuk mengevaluasi gaya hidup dan kebiasaan belanja. 💸
Nah kali ini UC Library punya rekomendasi film tentang tips mengelola keuangan yang wajib kalian tonton nih 😊

  1. Uptown Girls 

    Molly Gun (Britanny Murphy) tidak pernah memikirkan masa depan, sampai suatu hari ayahnya meninggal. Ia baru menyadari pentingnya perencanaan keuangan sejak usia dini. Akhirnya, ia bekerja menjadi seorang pengasuh untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Film ini mengajarkan kita 5 cara mengelola keuangan yaitu SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Time-based)

  2. Pursuit of Happiness 

    Chris Gardner (Will Smith) seorang ayah yang bertanggung jawan untuk menjaga keluarganya disaat krisis ekonomi melanda negaranya. Ia mengalami kesulitan membayar sewa rumah dan mengharuskan dirinya dan putranya tinggal di toilet sebuah statiun. Kesulitan tersebut tidak menghalanginya untuk menyerah, ia terus berusaha mencari pekerjaan. Film ini menginspirasi agar memiliki strategi pengaturan keuangan yang baik dan pantang menyerah dalam berusaha.

  3. Confession of A Shopaholic 

    Seorang jurnalis, Rebecca Bloomwood menyalahgunakan kartu kreditnya. Hingga suatu saat hutangnya menumpuk dan ia diburu oleh banyak debt collector. Film ini mengajarkan untuk bijak dalam menggunakan kartu kredit. Wajib banget ditonton buat kalian pengguna kartu kredit.

  4. Knocked UpBen Rogan (Sett Rogan) selama hidupnya bergantung pada uang jaminan sosial dan pekerjaan sambilan lainnya. Sampai suatu saat ia memiliki seorang anak dan harus menghidupi keluarganya. Film ini mengajarkan bahwa dalam hidup akan selalu ada kejadian yang tidak terduga. Oleh karena itu, menabung merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh kita semua.
  5. The Wall of Wall Street 

    Film yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio ini akan membuat terpesona penontonnya. Bagaimana tidak, usaha Belfort untuk membangun perusahaan investasi kecil menjadi perusahaan jutaan dolar dengan hanya mengandalkan ilmu pemasaran dalam jual beli saham disajikan dengan sangat epic. Film ini mengajarkan bahwa menjadi investor tidak selalu harus cerdas, tetapi harus memiliki karakter cekatan, berpikir kritis dan berani memanfaatkan peluang yang ada.

     

    Gimana UC People, film mana dulu yang rencana akan kalian tonton? 😊

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *