Delapan PTS di Jatim Menjadi Terbaik Versi Kemenristekdikti. Jawa Pos. 26 Juli 2021. Hal.13,19

SURABAYA, Jawa Pos-Kemenristekdikti merilis daftar universitas swasta terbaik di Indonesia 2020. Sebanyak delapan universitas berada di Jawa Timur. Sisanya adalah kampus-kampus swasta yang berada di kota-kota lain di Indonesia.

Daftar dalam bentuk klasterisasi pendidikan tinggi itu adalah pemetaan terhadap kinerja akademik universitas di Indonesia. Kinerja dinilai berdasar empat unsur, mulai input hingga output.

Kampus-kampus tersebut adalah Universitas Kristen Petra. Kampus itu menempati peringkat ke-21 secara umum dan ke -6 pada klaster 2. Disusul Universitas Surabaya mendapatkan ranking ke-30. Adapun di klaster 2 berada di peringkat ke-15. Universitas Islam Malang juga terbilang membanggakan. Kampus di Malang itu berada di urutan ke-44.

Selanjutnya, berselisih dua peringkat ada Universitas Katholik Widya Mandala. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berada di peringkat ke-48 secara umum dan peringkat ke-33 pada klaster 2. Selanjutnya, Universitas Merdeka Malang berada di peringkat ke-49. Hanya berselisih satu peringkat dengan UMM. Dua PTS lainnya adalah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan Universitas Ciputra.

Ada beragam kriteria penilaian yang menjadi ukuran. Di antaranya, mutu sumber daya manusia, mahasiswa sebagai input pengelolaan pendidikan tinggi, capaian kinerja jangka pendek, hingga capaian kinerja jangka panjang. Pemeringkatan tersebut tentu memberikan wawasan kepada masyarakat yang hendak melanjutkan dan memilih pendidikan tinggi.

Rektor Ubaya Benny Lianto mengatakan, peringkat yang diperoleh Ubaya saat ini bukan fokus utama. Namun, Ubaya terus menjaga komitmen tinggi dalam meningkatkan kualitas, pendidikan karakter, dan integritas.

“Dalam situasi apa pun, Ubaya akan terus berpegang pada komitmen meningkatkan kualitas, pendidikan karakter, dan integritas. Peringkat adalah bentuk konsekuensi yang diperoleh dari apa yang sudah kami lakukan,” katanya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Tidak hanya menjadi peringkat kedua terbaik di Jawa Timur versi Kemenristekdikti 2020, Ubaya juga menduduki peringkat pertama terbaik di Jawa Timur versi QS Asia. Itu semua diperoleh dari komitmen seluruh civitas academica Ubaya. “Pendidikan karakter dan peningkatan integritas terus kami lakukan dengan baik. Itu menjadi hal yang sangat pokok di Ubaya sejak dulu hingga sekarang. Peringkat adalah dampaknya saja,” ujarnya. (*/c6/git)

 

Sumber: Jawa Pos. 26 Juli 2021. Hal.13,19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *