Dekan Fikom Universitas Ciputra Prof Burhan Bungin Deklarasikan Asosiasi Dosen Metode Penelitian Indonesia. kempalan.com. 29 Agustus 2021. Burhan Bungin

https://kempalan.com/2021/08/29/dekan-fikom-universitas-ciputra-prof-burhan-bungin-deklarasikan-asosiasi-dosen-metode-penelitian-indonesia/

SURABAYA-KEMPALAN: Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra Surabaya Prof. Dr. Burhan Bungin, M.Si., Ph.D., CIQaR., CIQnR. bersama Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. dari Universitas Negeri Yogyakarta mendeklarasikan Asosiasi Dosen Metode Penelitian Indonesia (ADMPI), Minggu sore (29/8/2021).

Deklarasi dilakukan atas nama seluruh deklarator pembentukan ADMPI, yaitu 41 peserta Lokakarya dan Sertifikasi Peneliti Internasional bersertifikat batch 14, yang berasal dari 12 perguruan tinggi di Indonesa bersama narasumber melalui daring Zoom.

Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. dari Universitas Negeri Yogyakarta

Prof. Dr. Burhan Bungin yang akrab dipanggil Prof Bubu oleh koleganya memaparkan kepada portal berita Kempalan.com, bahwa, cita-cita mewujudkan dosen Indonesia yang cerdas, berkualitas dan memiliki pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan metode penelitian menjadi bagian dari cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang di Pembukaan UUD 45.

Namun sampai hari ini, cita-cita tersebut belum sepenuhnya tercapai dengan baik disebabkan berbagai kendala yang dihadapi oleh dosen di Indonesia, baik secara kuantitas maupun secara kualitas serta kemampuan mengakses ilmu pengetahuan dan metode penelitian.

“Bahkan pada kenyataannya bahwa perkembangan pemahaman metode penelitian di perguruan tinggi mengalami keterlambatan dari perkembanag ilmu pengetahuan, disebabkan oleh banyak keadaan termasuk adalah kemampuan dan pemahaman terhadap peran metode penelitian di perguruan tinggi,” terang Prof Bubu.

Menurut Prof Bubu, ada empat poin dalam deklarasi pendirian ADMPI, yakni:

Pertama: Perlu adanya peran masyarakat untuk membantu pemerintah mencerdaskan dosen Indonesia dalam pemahaman tertang metode penelitian secara komprehensif.

Kedua: Perlu adanya pemahaman yang sama tentang metode penelitian sehingga pengajaran metode penelitian di Perguruan Tinggi dapat meningkatkan kualitas mahasiswa dalam menghasilkan luaran-luaran penelitian yang berkualitas.

Ketiga: Perlu adanya tindak nyata dari stakeholder Pendidikan Tinggi agar usaha-usaha perbaikan kualitas penelitian di perguruan tinggi selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Keempat: Para dosen metode penelitian menyadari bahwa kualitas pembelajaran metode penelitian di perguruan tinggi harus berkembang dan menjadi tanggungjawabnya.

“Adapun persyaratan administrasi dan peraturan mendirikan ADMPI akan diselesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya,” pungkas Prof Bubu. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *