Coping with Anxiety

BY DARANINDRA

Ngerasa cemas atau panik di stuasi tertentu sebenernya wajar. Tapi rasa khawatir yang timbul bisa bertambah dan bakal berdampak ke kesehatan psikologis dan emosional kalo nggak cepet-cepet ditangani dengan serius.

More than just worry

Menurut Guy Winch Ph. D dari American Psychological Association, walaupun anxiety dan gelisah biasa keliatannya mirip, tapi efeknya ke kesehatan psikologis sangat berbeda. Rasa khawatir biasanya bersifat sementara, spesifik, lebih realitis, dan lebih mudah dikontrol. But anxiety is a whole new level, di mana kita nggak bisa mengotrol rasa cemas kita akan banyak hal, kadang nggak realistis, dan bisa berdampak buruk sama kesehatan pikiran, kinerja tubuh, motorik, bahkan depresi!

Stay away from it!

Walaupun penyebab pastinya belum ditemukan, kita hars selalu aware sama gejala anxiety ini. Soalnya anxiety bisa berdampak negatif yang berkepanjangan, bahkan bisa berujung bunuh diri. Ini beberapa cara buat ngatasin anxiety:

Find sources of anxiety

Pinpoint hal-hal yang bisa nyebabin anxiety, and take steps to comfort it. Kalo kita cemas nilai ujian bakal jelek, baiknya kita belajar supaya lebih siap.

Do something we love

Sisihin waktu minimal 10 menit setiap hari buat ngelakuin hal yang kita suka, misalnya nulis diary atau doodling. It will bring positicity to our mind.

Stay healthy

Ngejga tubuh setiap sehat seperti rutin olahraga bisa ngebantu tubuh kita ngelepas hormon endorfin yang akirnya bisa menurunkan, bahkan menangkal rasa cemas.

Relax!

Enjoy every single moment in our life. Tinggalin dulu media sosial yang mungkin keliatanya menyenangkan, padahal sebenernya bisa jadi pemicu rasa cemas kita.

Sharing is caring!

Degan cerita tentang kendala dan perasaan yang lagi kita hadapi, kecemasan yang kita rasakan bakal lebih ringan dan terasa lega.

 

Sumber: Gogril!vol.153/oktober2017/financial

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *