Tips Cara Melakukan Parafrasa

Parafrase merupakan salah satu cara meminjam gagasan/ide dari sebuah sumber tanpa menjadi plagiat. Bagi yang masih bertanya-tanya, gimana sih caranya parafrasa. Nah, pas banget nih ada tips dari UC Library cara membuat parafrasa. Jangan lupa disimak ya!

 

  1. Baca dan pahami isi dari suatu text. Ini yang paling penting. Sebelum kita melakukaan parafrasa, kita harus paham dulu denngan isi/gagasan dari teks tersebut, agar nanti lebih mudah untuk membahasakannya kembali.
  2. Ubah beberapa kata dengan sinonimnya. Untuk mencari sinonim dari kata tersebut, bisa menggunakan Tesaurus (http://tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/). Selain itu ada beberapa kamus yang bisa digunakan, seperti:
    a. Meriam-Webster Dictionary
    b. Oxford Dictionary
    c. Urban Dictionary
    d. U-Dictionary
    e. KBBI V
  3. Susun dan atur ulang kalimat tersebut. Susun dan atur ulang kalimat tersebut menjadi padanan kalimat yang pas. Selain itu, apakah kalimat yang kita susun ulang maknanya sama dengan teks asli atau tidak.
  4. Bandingkan tulisan Anda tadi dengan naskah aslinya untuk mengecek apakah semua gagasan, terutama gagasan yang penting telah tercantum dalam hasil tersebut. Jika memiliki makna yang sama, berarti kalian sudah bisa membuat kalimat parafrasa.

 

Rekomendasi Film peringatan Hari Anak Nasional

Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN) dan tahun ini memiliki tantangan tersendiri karena diperingati pada masa pandemi Covid-19.

Mengutip Pedoman HAN 2021 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, tujuan peringatan HAN 2021 adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Tema tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, dengan tagline #AnakPeduliDiMasaPandemi.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, berikut rekomendasi tontonan buat kalian tentang anak dan keluarga yang bisa kalian tonton di weekend ini.

I Not Stupid (2002)

Ketika menyaksikan film ini, kamu akan diajak mendalami arti pentingnya peranan orangtua dalam mengasuh anak, menjadi guru yang sesungguhnya dan bagaimana lingkungan tempat tinggal dan komunikasi keluarga menjadi elemen yang sangat penting dalam pertumbuhan karakter seorang anak.

 

Film bergender komedi ini adalah film ketiga tertinggi terlaris di Singapura, setelah Money No Enough dan sekuel film ini, I Not Stupid Too, dirilis pada tanggal 27 Januari 2006.

Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi itu sendiri merupakan sebuah sebutan untuk 11 siswa di sekolah tersebut karena dengan segala bakat yang berbeda-beda dan kekurangan yang mereka punya, mereka tetap satu untuk melengkapi sesamanya. Bu Muslimah yang sudah mendedikasikan dirinya sebagai seorang guru dengan ikhlas dan terus menanamkan ajaran-ajaran penting dalam kehidupan. Salah satu pembelajaran yang perlu diingat seperti, kita harus bisa memberi sebanyak-banyaknya, bukan menerima sebanyak-banyaknya.

Raya and The Last Dragon

Film animasi besutan Disney ini juga terinspirasi dari budaya Asia tenggara dan salah satunya adalah Indonesia? Awalnya dari judul sekaligus nama sang tokoh utama, Raya. Dalam bahasa Indoenesia, raya berarti besar, dan kata ini dipakai dalam percakapan sehari-hari, seperti jalan raya, hari raya, sampai lagu kebangsaan kitapun berjudul Indonesia Raya.

Issue utama yang diangkat melalui film ini adalah tentang rasa percaya (trust). Jika sebelumnya kita pernah dikhianati, apakah kita bisa kembali mempercayai orang lain? Itulah enaknya menonton film animasi, pesannya bisa dikemas sedemikian rupa tanpa terasa menggurui. Kalau anak-anak kita sudah besar, boleh sempatkan berdiskusi dengannya setelah menonton.

 

 

Wonder

Tentang perjuangan seorang anak laki-laki bernama August Pullman (Jacob Trembley) yang biasa dipanggil Auggie, terlahir dengan kelainan bentuk wajah yang sangat langka, yang dikenal sebagai ‘mandibulofacial dysostosis’. Hal itu membuat Auggie minder, dan menghindar untuk pergi ke sekolah umum. Selama operasi wajah, Auggie belajar di rumah dengan metode homeschooling oleh ibunya, Isabel (Julia Roberts).

Namun ketika Auggie duduk di kelas 5 SD, Isabel dan Nate (Owen Wilson) kedua orangtua Auggie memutuskan memasukannya ke sekolah swasta umum.

Ketika di sekolah, Auggie harus membuktikan dirinya sama seperti anak lainnya, meskipun anak-anak lain tidak menyukainya.

 

Like Stars on Earth/Taare Zameen Par

Taare Zameen Par bercerita tentang Ishaan Awasthi, putra bungsu keluarga Awasthi yang jauh berbeda dengan kakaknya, Yohan. Jika Yohan begitu cemerlang dalam pelajaran, maka Ishaan adalah kebalikannya. Nilainya selalu buruk dan tak punya minat pada pelajaran. Para guru di sekolahnya pun tak sanggup lagi menghadapi Ishaan dan kelakuannya. Demi menyelamatkan sang putra dari tidak naik kelas untu kedua kalinya, sang ayah akhirnya memutuskan memindahkan Ishaan ke sekolah berasrama di pertengahan semester. Berada di sekolah baru, tidak serta merta membuat kondisi Ishaan membaik. Perasaan ditinggalkan, sebutan bodoh yang kerap ditujukan padanya membuat Ishaan sempat menjalani masa sulit. Namun Ishaan memiliki sebuah bakat, yaitu menggambar.

Beruntung dia bertemu dengan Ram Shankar Nikumbh (Aamir Kahn), seorang guru kesenian pengganti yang pada akhirnya berhasil menemukan penyebab ketidakmajuan Ishaan dalam belajar, yakni Dislexia. Dan seperti yang kita tahu, Disleksia adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Dengan pengalamannya sebagai guru tetap di sebuah sekolah anak cacat, Ram berusaha mengembalikan semangat yang sempat hilang dari diri Ishaan, serta semangat untuk mengembangkan bakat menggambarnya. Di akhir tahun pelajaran, sekolah asrama ini mengadakan lomba menggambar antar siswa dan guru. Gambar dari pemenang lomba ini akan dijadikan cover dari buku tahunan sekolah. Pemenang lomba ini adalah Ishaan dan sang guru yang selalu membimbingnya. Gambar mereka pun dijadikan cover buku tahunan.

 

Fireflies: River of Light

Karya sutradara Hiroshi Sugawara, melalui film ini kita dapat belajar melalui seorang guru sekolah dasar, Hajime Miwa, yang memiliki impian dapat melihat kunang-kunang  dapat terbang kembali di atas Sungai Yamaguchi. Namun hal tersebut tidaklah mudah. Ia harus membuat habitat tempat tinggal kunang-kunang sesuai dengan habitat aslinya, yang artinya ia harus membersihkan sungai yang sudah tercemar air dengan berbagai kotoran seperti ban sepeda, keyboard computer, dan sepeda itu sendiri! Para muridpun sangat bersemangat, dan para muridlah yang menjadi penyemangat pak guru Miwa untuk terus membersihkan sungai dan mengkembangbiakan kunang-kunang walaupun kegiatan tersebut ditentang oleh pihak sekolah. Namun ia tetap bertanggung jawab jika kunang-kunang yang dikembangbiakkannya tidak berhasil hidup ia akan berhenti dari pekerjaannya.

Sebuah langkah yang berani dari Pak guru Miwa untuk tetap berkomitmen kepada apa yang telah ia mulai. Ia tetap berkomitmen membersihkan lingkungan demi kunang-kunang kembali hidup serta mengembalikan alam kepada tempat yang semestinya kembali.

The Boy Who Harnessed the Wind

Film ini memotret kehidupan masyarakat Malawi yang sangat bergantung pada hujan. Intensitas hujan yang sangat jarang berakibat pada sedikitnya hasil panen dan pendapatan masyarakat. Kesulitan pangan memaksa mereka untuk menjarah satu dengan yang lainnya agar bisa bertahan hidup. Di tengah kesulitan ini hadir perusahaan multi nasional yang ingin memperluas lahan tembakau dengan mengiming-imingi warga dengan uang pengganti yang sangat rendah.

Dalam situasi seperti ini Trywell Kamkwamba (Chiwetel Ejiofor) masih sempat berusaha agar anak-anaknya memperoleh pendidikan. William Kamkwamba (Maxwell Simba) anak kedua Trywell memiliki ketertarikan pada sains dan sering memperbaiki radio dan tape warga sekitar. Pada suatu saat William terpaksa harus dikeluarkan dari sekolah karena orang tuanya belum membayar uang sekolah. Kondisi ini tidak mematahkan semangatnya untuk terus belajar. William merasa terpanggil untuk memecahkan masalah yang sedang mereka alami.

William mampu melihat peluang dari berbagai masalah yang sedang terjadi. Angin dan Sains. William menemukan ide inovatifnya untuk memadukan angin dan sains sebagai sumber energi pompa air. Ide ini muncul ketika dia melihat dinamo sepeda yang mampu memberi energi pada lampu sepeda. Dari situ William ingin menggunakan angin sebagai penggerak dinamo. Untuk mewujudkan idenya William membutuhkan ilmu pengetahuan, sumber daya dan kepercayaan. William yang sudah dikeluarkan dari sekolah harus bersekongkol dengan guru sains (pacar kakaknya) agar boleh belajar di perpustakaan, meskipun pada akhirnya ketahuan. Untuk membangun kincir angin yang besar William memanfaatkan barang-barang rongsokan. Dia masih harus meyakinkan ide gila ini pada ayahnya agar rangka sepeda ayahnya dapat dia manfaatkan sebagai salah satu bagian dari kincir angin. Tidak semulus yang diharapkan, ayahnya tidak setuju begitu saja. Setelah melewati proses yang sulit akhirnya kincir angin pun berhasil beroperasi dan air pun mulai mengalir ke kebun warga.

 

STOP PLAGIARISME!

Hai UCpeople, plagiat emang bukan hal yang terpuji. Tapi sebenarnya, siapa aja bisa lho kena kasus plagiarisme ini~ Baik secara sadar atau ngga dan secara disengaja maupun ngga disengaja #ucpeople.

Nah, makanya nih, buat kamu calon pejuang tugas akhir, atau punya hobi menuangkan ide lewat karya tulis, harus tahu nih aturan biar karyamu gak kesandung masalah plagiarisme. 📚

Nih mimin kasih wawasan buat kalian tentang cara mencegah plagiarisme 😌 btw swipe sampe habis ya, ada sedikit kejutan dari mimin 😉 Share juga ke teman2mu yang perlu tahu info ini ya!

  • Apa itu plagiarisme?
  • Menurut Oxford English Dictionary plagiarisme merupakan “the action or practice of taking someone else’s work or idea and passing it off as one’s own.
  • Menurut KBBI Kemendikbud plagiarisme merupakan penjiplakan yang melanggar hak cipta.
  • Perlu diingat bahwa tidak hanya tulisan yang dapat diplagiat, tapi juga gambar, charts, grafik, video, musik, dll. untuk itu perlu dicantumkan sumbernya.

 

  • Sanksi plagiarisme
  • Menurut undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 70 :

“Lulusan yang karya ilmiah yang digunakannya untuk mendapatkan gelar akademik, profesi, atau vokasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (2) terbukti merupakan jiplakan dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah).”

 

  • Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 17 Tahun 2010 Pasal 12 ayat 1, jika mahasiswa terbukti melakukan plagiat maka akan mendapatkan sanksi sebagai berikut:
  1. Teguran
  2. Peringatan tertulis
  3. Penundaan pemberian sebagian hak mahasiswa
  4. Pembatalan nilai
  5. Pemberhentian dengan hormat dari status sebagai mahasiswa
  6. Pemberhentian tidak dengan hormat dari status sebagai mahasiswa
  7. Pembatalan ijazah apabila telah lulus dari proses pendidikan.

 

  • Cara menghindari
  • Cantumkan sumber

Tuliskan referensi pada daftar pustaka sesuai dengan ketentuan penulisan daftar pustaka.

  • Pengutipan

Gunakan tanda kutip jika mengutip satu kalimat secara langsung dan sebutkan sumbernya.

  • Paraphase

Menyampaikan ide orang lain dengan menggunakan kata-kata sendiri, tanpa merubah makna/ substansi ide dan tetap menyebutkan sumbernya.

  • Jangan menunda pekerjaan

Mencicil pekerjaan memungkinkan seseorang lebih teliti dan tidak terburu oleh deadline.

 

Sumber:

Avoiding Plagiarismhttp://writing.mit.edu/wcc/avoidingplagiarism

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Oxford English Dictionary

KBBI Kemendikbud

 

ORANG PENTING DALAM SEJARAH YANG JUGA SEORANG PUSTAKAWAN

Hay UC People, tahukah kamu setiap tanggal 7 Juli diperingati sebagai Hari Pustakawan sekaligus hari jadi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Hari Pustakawan pertama kali dicanangkan pada 7 Juli 1990 sedangkan IPI lahir pada 7 Juli 1973. Namun seringkali profesi Pustakawan ini terlupakan gitu aja ya GenK, karena dikira terlalu ketuaan buat kita-kita. Padahal, seiring berjalannya waktu, pekerjaan pustakawan justru cocok banget buat kita para anak muda yang melek teknologi loh!

Tahukah juga kalian kalau dalam sejarah, ada banyak orang penting yang juga pustakawan lho, siapa aja sih mereka? Check it out!

 

  1. GRIMM BERSAUDARA (PUSTAKAWAN DAN PENULIS CERITA JERMAN)

Wilhelm and Jacob Grimm, 1847; daguerreotype by Hermann Blow

 

Tentu anda pernah membaca atau didongengkan ceritera Cinderella atau Putri Salju. Penulisnya adalah Jacob Grimm. Grimms ‘Fairy Tales pertama kali diterbitkan pada tahun 1812, tetapi ceritanya, termasuk “Hansel dan Gretel”, “Cinderella”, dan “Putri Salju”, masih merupakan cerita anak-anak klasik yang terus-menerus diciptakan kembali sebagai drama, film Disney, dan banyak lagi.

Jacob Grimm bekerja sebagai pustakawan di Kasel, Jerman setelah lulus dengan gelar sarjana hukum. Selama waktu itu, Jacob Grimm dibantu saudaranya Wilhelm Grimm (sering disebut sebagai Grimm Bersaudara) mengumpulkan berbagai cerita rakyat Jerman dari warga biasa, dengan harapan menyatukan wilayah kerajaan atas dasar berbagi budaya yang sama.

Karya Jacob Grimm dan saudaranya ini seakan abadi, buku cerita, drama dan film dalam berbagai versi terus digubah hingga saat ini.

 

2. LAURA BUSH (IBU NEGARA AMERIKA YANG JUGA PUSTAKAWAN)

Mantan Ibu Negara Laura Bush memperoleh gelar Master dalam Ilmu Perpustakaan dari University of Texas di Austin setelah bekerja sebagai guru sekolah dasar. Sebagai Ibu Negara Texas, dia mendukung kampanye George W. Bush dan memulai proyek publiknya sendiri tentang pendidikan dan literasi.

Ketika George W. Bush menjadi Presiden Amerika Serikat, Laura mendukung inisiatif perekrutan pustakawan dan mengunjungi banyak perpustakaan di seluruh dunia, untuk mengkampanyekan pentingnya penguatan literasi masyarakat.

 

3. GOLDA MEIR (PRESIDEN DAN PERDANA MENTERI PUSTAKAWAN)

Golda Meir adalah perdana menteri keempat Israel, dari 1969-1974. Dia juga salah satu dari dua puluh empat orang yang menandatangani deklarasi kemerdekaan Israel pada tahun 1948; pernah menjadi duta besar untuk Uni Soviet; Menteri Tenaga Kerja dari 1949-1956, dan inspirasi untuk drama Broadway Golda, yang dibintangi oleh Anne Bancroft. Namun, sebelum karier politiknya yang menonjol itu, Golda Meir bekerja sebagai seorang pustakawan.

4. MAO ZEDONG

Mao Zedong adalah orang yang berhasil menyatukan Tiongkok selama 1940-an dan 50-an dan membentuk awalnya Republik Rakyat Tiongkok. Ia adalah seorang pustakawan. Pada tahun 1918, Mao tinggal di Peking China dengan memulai karir sebagai asisten pustakawan di Universitas Peking.

5. SEYD MOHAMMAD KHATAMI

Seyd Mohammad Khatami adalah presiden kelima Iran dan mantan Menteri Kebudayaan Iran. Dia juga mantan kepala Perpustakaan Nasional dan Organisasi Arsip Iran. Dia dianggap reformis dalam budaya dan politik Iran, mendukung kebebasan berekspresi dan diplomasi luar negeri.

 

Coping with Anxiety

BY DARANINDRA

Ngerasa cemas atau panik di stuasi tertentu sebenernya wajar. Tapi rasa khawatir yang timbul bisa bertambah dan bakal berdampak ke kesehatan psikologis dan emosional kalo nggak cepet-cepet ditangani dengan serius.

More than just worry

Menurut Guy Winch Ph. D dari American Psychological Association, walaupun anxiety dan gelisah biasa keliatannya mirip, tapi efeknya ke kesehatan psikologis sangat berbeda. Rasa khawatir biasanya bersifat sementara, spesifik, lebih realitis, dan lebih mudah dikontrol. But anxiety is a whole new level, di mana kita nggak bisa mengotrol rasa cemas kita akan banyak hal, kadang nggak realistis, dan bisa berdampak buruk sama kesehatan pikiran, kinerja tubuh, motorik, bahkan depresi!

Stay away from it!

Walaupun penyebab pastinya belum ditemukan, kita hars selalu aware sama gejala anxiety ini. Soalnya anxiety bisa berdampak negatif yang berkepanjangan, bahkan bisa berujung bunuh diri. Ini beberapa cara buat ngatasin anxiety:

Find sources of anxiety

Pinpoint hal-hal yang bisa nyebabin anxiety, and take steps to comfort it. Kalo kita cemas nilai ujian bakal jelek, baiknya kita belajar supaya lebih siap.

Do something we love

Sisihin waktu minimal 10 menit setiap hari buat ngelakuin hal yang kita suka, misalnya nulis diary atau doodling. It will bring positicity to our mind.

Stay healthy

Ngejga tubuh setiap sehat seperti rutin olahraga bisa ngebantu tubuh kita ngelepas hormon endorfin yang akirnya bisa menurunkan, bahkan menangkal rasa cemas.

Relax!

Enjoy every single moment in our life. Tinggalin dulu media sosial yang mungkin keliatanya menyenangkan, padahal sebenernya bisa jadi pemicu rasa cemas kita.

Sharing is caring!

Degan cerita tentang kendala dan perasaan yang lagi kita hadapi, kecemasan yang kita rasakan bakal lebih ringan dan terasa lega.

 

Sumber: Gogril!vol.153/oktober2017/financial

Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton Bersama Keluarga

Film keluarga adalah film yang sangat cocok untuk kamu tonton saat kamu sedang berlibur bersama keluarga (seperti kakak, adik, dan orang tua). Ketika kamu masih kecil, apakah kamu sering menonton film bersama orang tua?

Saat ini, banyak orang tua yang sering khawatir tentang seberapa banyak waktu layar yang cocok untuk anak-anak mereka, Itu dikarekan banyak film membingungkan dan tidak cocok untuk keluarga dari segala usia. Namun, apa yang ditonton anak-anak dan bagaimana mereka menonton adalah bagian penting. Sekaligus, salah satu kegiatan yang bisa Anda pilih di akhir pekan adalah mengajak anggota keluarga menonton streaming film di rumah.

Nah, buat kamu yang juga ingin nonton film keren bersama orang tua, berikut rekomendasi film keluarga terbaik untuk kamu tonton.

  1. Finding Ohana

Gengs, Finding Ohana yang berlatar belakang di Hawai ini cocok untuk ditonton bersama keluarga loh… Narasi petualangan dalam film Netflix ini mengalihkan perhatian dari kisah mendalam tentang warisan budaya dan dinamika keluarga. Menemukan Ohana dalam keluarga yang disfungsional adalah sebuah petualangan. Kisah menemukan Ohana juga tentang bagaimana melindungi identitas dan makna budaya melalui generasi mendatang.

  1. Keluarga Cemara (2019)

Tak ketinggalan, film yang berasal dari Indonesia ini juga sangat disarankan loh..

Selamat pagi ibu, selamat pagi ayah, matahari indah hari ini. Oya, siapa bukan bocah 90-an yang familiar dengan lirik lagu ikonik ini? Berawal dari cerita yang ditulis oleh almarhum Arswendo Atmowiloto di tahun 70-an, Keluarga Cemara akhirnya dijadikan film pada tahun 2019 sebelum dijadikan sinetron di tahun 90-an.

Film keluarga yang menyentuh ini menceritakan kisah keluarga seorang gadis kecil bernama Cemara (Widuri Sasono), yang akrab disapa Ara. Setelah ditipu oleh seorang kerabat, Ara dan keluarganya harus rela menjual hartanya dan pindah ke desa kecil yang terpencil. Walaupun kepindahan ini awalnya sulit untuk dicerna, Ara dan keluarganya lambat laun menyadari kalau sebenernya mereka masih memiliki harta yang paling berharga, yaitu keluarga.

  1. June & Kopi

Film June & Kopi yang tayang di Netflix merupakan tontonan yang wajib ditonton bersama keluarga di akhir pekan. Taukah kamu kalau film ini diambil dari kisah nyata? Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini mengemas cerita yang unik. Film ini menceritakan tentang kisah persahabatan manusia dan anjing.

June & Kopi adalah film Indonesia kedua yang bertemakan hubungan persahabatan antara manusia dan anjing setelah “Boni dan Nancy” dirilis pada tahun 1974. Peran June juga didasarkan pada kisah anjing yang diadopsinya, memiliki tiga kaki dan sangat takut pada pria. Kopi terinspirasi dari anjing pertama sutradara bernama Cody.

  1. Soul

Soul merupakan film keluarga yang bisa kamu ditonton bersama streaming di Disney Hotstar. Film Soul menceritakan mengenai kehidupan manusia di bumi dan kehidupan setelahnya ketika manusia sudah menjadi jiwa (soul). Cerita ini berfokus pada konselor jiwa, yang mengatur dan mempersiapkan jiwa-jiwa muda untuk hidup di bumi.

  1. Laskar Pelangi

Ada lagi nih, film lokal yang tak kalah bagus dari film luar.. yap! Laskar Pelangi!

Sebagai film yang diambil dari novel populer karya Andrea Hirata, film Laskar Pelangi dari Riri Riza sangat dinantikan sebelum dirilis. Riri Riza menceritakan perjuangan 10 anak dari desa terpencil di Pulau Belitung, menggunakan bakat anak-anak lokal untuk menjaga keaslian film.

Dengan pemandangan yang indah dan soundtrack yang sangat ikonik, film rumahan terbaik Indonesia ini pasti akan membuat penontonnya tersenyum, geng! Bagi yang terpesona dengan film keluarga yang luar biasa ini, ada 2 sekuel film setelah Laskar Pelangi, Sang Pe dreamer dan Edensor. Cus yang belum nonton, nonton sekarang deh!

  1. Ali & Ratu Ratu Queens (2021)

Hay UC People, film yang berlatar belakang di new York ini cocok untuk ditonton di weekend ini. Ceritanya seputar Ali (Iqbaal Ramadhan) yang setelah ayahnya meninggal, pergi ke New York untuk mencari ibunya yang hidup terpisah. Film karya sutradara Lucky Kuswandi ini tetap berhasil membawa kisah yang heartwarming dan wholesome soal perjalanan seorang remaja mencari ibunya di luar negeri. Tonton di: Netflix

  1. Slide 8: The Mitchells vs. the Machines (2021)

Film ini mengisahkan keluarga Mitchell yang sedang dalam sebuah perjalanan untuk mengantar anaknya ke kampus barunya. Namun, di tengah perjalanan, mereka terperangkap di tengah sejumlah robot AI yang mencoba mengambil alih dunia. Kini, keluarga yang aneh tersebut pun terpaksa harus menyelamatkan dunia di tengah konflik internal yang sedang mereka hadapi. Tonton di: Netflix

 

Daftar Pustaka

Pratiwi, Mutiara (2021, Januari 13). Sinopsis Finding Ohana, Perburuna Harta Karun di Hawaii, Segera di Netflix. Kompas.com. diakses pada https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/13/144200366/sinopsis-finding-ohana-perburuan-harta-karun-di-hawaii-segera-di-netflix. 1 Juni 2021.

 

Sembiring, Ira (2020, Juni 26). “Sinopsis Film Keluarga Cemara, Kekuatan Cinta Keluarga Abah dan Emak. Kompas.com. diakses pada https://www.kompas.com/hype/read/2020/05/26/170637066/sinopsis-film-keluarga-cemara-kekuatan-cinta-keluarga-abah-dan-emak.  1 Juni 2021

Ningsih, Widya (2021, Januari 7). “Sinopsis Film June&Kopi, Kisah Persahabatan Anjing dan Manusia. Kompas.com. diakses pada https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/07/164500766/sinopsis-film-june-kopi-kisah-persahabatan-anjing-dan-manusia. 1 Juni 2021.

Putri, Olivia (2021, Februari 10). “Sinopsis Soul 2020: Film Animasi Tentang Mimpi Besar Guru Musik. Tirto.id. diakses pada https://tirto.id/sinopsis-soul-2020-film-animasi-tentang-mimpi-besar-guru-musik-f9Rh. 1 Juni 2021.

Wihayanti, Titik (2020, Oktober 27). “Sinopsis Laskar Pelangi, Film Inspiratif dari Novel Andrea Hinata. Kompas.com. Diakses pada https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/27/201800166/sinopsis-laskar-pelangi-film-inspiratif-dari-novel-andrea-hirata. 1 Juni 2021

 

New Collection – July 2021

Hayo, siapa yang disini ketika mengerjakan tugas atau sedang melakukan sesuatu yang membutuhkan fokus sambil mendengarkan musik? Mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas tentunya menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Pasalnya, ketika mendengarkan musik, aktivitas yang kita lakukan menjadi lebih bersemangat dan dengan musik kita bisa melewati waktu tanpa terasa karena setiap detik yang mengalir ditemani oleh irama musik yang kita sukai. Apalagi dengan kehadiran aplikasi pemutar musik digital, tersedia bayak sekali playlist lagu-lagu yang bisa disesuaikan ragam jenis musik dan pemutarannya sesuai dengan mood kita saat itu.
Kegiatan membaca umumnya adalah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi bagi yang melakukannya karena membaca adalah proses menyerap informasi. Namun, ternyata ada juga loh musik yang pas untuk bisa menemani kita membaca, yaitu musik instrumental klasik. Menurut kebanyakan orang, musik instrumental klasik itu dapat juga digunakan untuk meningkatkan konsentrasi ketika kita sedang belajar maupun membaca. Tidak dianjurkan untuk mendengarkan lagu-lagu berlirik yang biasa kita dengarkan karena hal tersebut malah membagi fokus kita ketika membaca dan mendengarkan lagu untuk lebih cenderung bernyanyi mengikuti riang musiknya. Hayo ngaku siapa yang sering malah hilang fokus akibat keasikan denger nih?
Buat kalian yang ingin tetap produktif dan membaca buku, jangan kuatir! Selama masa pembelajaran online Perpustakaaan tetap melayani kalian 🤩
Saat ini Book Delivery Service UC Library melayani hingga area seluruh pulau Jawa dan Bali. 📖
Ayo maksimalkan layanan ini #ucpeople! Silahkan akses katalog online kami dan dapatkan buku yang kalian butuhkan tanpa harus keluar dari rumah. Bagi UC People yang ingin menggunakan layanan ini silahkan menghubungi Bu Essy (WA +62 817-0389-5544, email: essy.marischa@ciputra.ac.id) 📲
Berikut daftar koleksi buku terbaru UC Library. Happy reading 😀

Klik di sini.

Tips Mengelola FOMO (Fear of Missing Out)

“Pada pamer saham, apa gue ikutan juga ya”

“Si A udah kerja di perusahaan gede, aku masih disini aja”

“Sepatu ini lg ngetren banget, meskipun harus kredit gapapa deh”

“Kata orang umur 23 udah harus punya rumah, aduh mana bisa”

Apakah UC People pernah merasakan hal yang sama? Bisa jadi secara tidak sadar UC People mengalami yang namanya FOMO. Tapi apa sih sebenarnya FOMO itu?

FOMO (Fear of Missing Out) adalah perasaan takut tertinggal yang berasal dari persepsi bahwa hidup orang lain lebih baik dan lebih menyenangkan dibanding kita. Hal ini ditandai dengan keinginan untuk tetap terhubung dengan apa saja yang orang lain lakukan atau miliki dan ketakutan bahwa memutuskan untuk tidak berpartisipasi adalah pilihan yang salah. Mulai dari takut karena tidak membeli barang yang sedang populer hingga perasaan khawatir tentang studi dan karir.

FOMO semakin menjadi-jadi salah satunya adalah karena penggunaan social media yang berlebihan. Arus informasi yang begitu deras membuat kita menjadi kalang kabut dengan list pencapaian yang didasari dari pencapaian orang lain. Kalo dulu kita membandingkan diri dengan teman2 yg dikenal, skrg kita membandingkan diri dengan ratusan hingga ribuan orang yang lalu lalang di media social kita. Yang kadang terabaikan adalah bahwa social media memang tempat ajang pamer, social media hanya menampilkan sisi terbaik dari seseorang. Alhasil kita disibukkan dengan berbagai hal yang sebenarnya bukan merupakan kebutuhan kita, hal tersebut mengaburkan kita dengan standar pencapaian dan tujuan pribadi yang sebenarnya.

Efeknya, seseorang bisa merasa stress, khawatir berlebihan, memiliki citra diri yang buruk hingga membuat keputusan-keputusan yang merugikan.  Misalnya tren Bitcoin yang sedang menjamur belakangan, banyak yang  mengikuti tanpa benar-benar mempelajari dan memahami cara kerja Bitcoin, beberapa sampai rela  berhutang dan mengorbankan aset, dan ketika nilai bitcoin anjlok, mereka tidak hanya kehilangan aset tapi juga kehilangan relasi.

UC Library memiliki beberapa tips agar UC People dapat mengenali dan mengelola FOMO agar tidak berdampak buruk pada kebahagiaan kita

  1. Find inward

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyadari bahwa FOMO bukanlah pola pikir yang membangun. Selanjutnya adalah dengan mengenali diri sendiri lebih dalam dan belajar untuk menghargai proses yang diri ini sudah jalani. Terkadang gemerlap social media membuat kita merasa kecil, seolah menutupi seluruh pencapaian yang kita sudah dapatkan. Nah ini waktunya untuk kamu melihat kedalam dan melihat bahwa dirimu juga berharga.  Jika perlu, kurangi penggunaan social media. Misalnya dengan menjadwalkan penggunaan instagram maksimal 45 menit setiap harinya.

 

  1. Count what you have now

Kadang rasanya memang rumput tetangga selalu lebih hijau ya, sampai-sampai kita lupa kalo ada bunga yang sedang tumbuh tepat dibawah kaki kita. Mungkin sebenarnya diri kita sudah berjalan jauh, hanya saja kita membandingkan diri kita dengan orang lain dengan mengabaikan banyak faktor yang ada. Kesuksesan orang lain bisa jadi hanyalah pucuk gunung es dari banyak hal yang terjadi dalam diri mereka. Kita perlu memahami bahwa setiap orang memulai dari titik yang berbeda dan setiap orang memiliki pergumulannya masing-masing.

Jadi alih-alih menghitung hal-hal yang tidak kita miliki, kita perlu belajar mensyukuri apa yang saat sudah ini kita miliki

 

  1. Needs vs Want

Di dunia yang serba cepat dan serba ada ini rasanya banyak sekali yang harus kita kejar dan dapatkan. Tapi dari semuanya itu mana sih yang sebenernya kita perlukan? Kita perlu mengkotak-kotakan antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) terleih dahulu. Jangan sampai yangg kita lakukan hanyalah sifat impulsif kita karena takut ketinggalan. Perlu sedikit riset sebelum mengambil keputusan. Misalnya, jika kalian FOMO dengan gadget terbaru, pastikan terlebih dahulu apakah gadget tersebut kebutuhan atau hanya keinginan. Selanjutnya, riset dulu kemampuan finansialmu dan pastikan bahwa spec barang sesuai untuk dirimu. Tujuannya adalah agar keputusan yang kita buat tidak merugikan kita secara mental dan material.

 

  1. Be Willing to Not Have It All

Saran diatas bukan berarti discourage kamu untuk terus mendapatkan banyak hal ya. Tapi untuk mengembalikan fokusmu kepada hal yang lebih penting dan bermakna untuk dirimu. Jika saat ini kamu dalam proses membangun bisnis, maka self-worth kamu tidak akan berkurang kalau kamu tidak bekerja di perusahaan besar tempat temanmu bekerja. Terima fakta bahwa kamu tidak perlu memiliki semua hal untuk bisa berharga. Memutuskan untuk memprioritaskan sesuatu butuh untuk merelakan opsi lain. Buatlah goal personalmu, teruslah bekerja keras, tekuni hobimu, perlahan namun pasti apa yang kamu impikan akan tercapai.

Ronaldo: Minumlah Air, Bukan Soda

In this handout picture taken and released on June 14, 2021 by UEFA, Portugal’s forward Cristiano Ronaldo gives an MD-1 press conference at the Puskas Arena in Budapest, on the eve of the UEFA EURO 2020 football match between Hungary and Portugal. (Photo by Handout / UEFA / AFP) / RESTRICTED TO EDITORIAL USE – MANDATORY CREDIT “AFP PHOTO / UEFA” – NO MARKETING – NO ADVERTISING CAMPAIGNS – DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTS

 

Beberapa waktu Cristiano Ronaldo menghebohkan internet karena menggeser botol Coca-Cola  dan menggantinya dengan botol air mineral saat konferensi pers jelang laga Hongaria vs Portugal.  Pernyataannya di perhelatan Euro 2020 ini ternyata merembet hingga turunnya nilai saham Coca cola hingga 57 triliun!

Cristiano Ronaldo merupakan atlet sepak bola yang memang terkenal mengkampanyekan gaya hidup sehat. Ronaldo juga sempat mengatakan “Minumlah air, bukan soda” kepada media yang meliputnya.

Tapi apasih dampak buruk minuman bersoda untuk kesehatan sampai-sampai Ronaldo kekeh menggeser botol cola itu?

  1. Merusak gigi

Minuman bersoda biasanya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Kandungan gula yang tinggi yang menjadi makanan bakteri di gigi dan kandungan phosphoric acid dan carbonic acid yang bersifat asam  dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Selain itu pewarna Cola yang gelap dapat membuat gigi menjadi lebih kuning. Jika tidak segera mengurangi konsumsi soda, lama kelamaan masalah gigi dapat merembet kepada masalah mulut lainnya.

 

  1. Bikin jerawatan

Menurut Livestrong, kandungan kafein dalam soda dapat berdampak pada pola tidur yang buruk yang menyebabkan tubuh menjadi stress dan melepaskan kortisol. Hal ini membuat kulit memproduksi minyak lebih banyak dan menjadi penyebab munculnya jerawat.

 

  1. Diabetes

Dikutip dari MedicalNews Today, satu kaleng Coca Cola mengandung 37 gram gula yang setara dengan 10 sendok teh gula. Satu kaleng Coca Cola saja sudah melebihi standar saran WHO yaitu konsumsi 6 sendok perhari. Nah kandungan gula yang tinggi dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh yang juga menyebabkan melonjaknya insulin. Bebrapa studi menyatakan konsumsi gula yang berlebihan berhubungan dengan diabetes tipe 2

 

  1. Naiknya berat badan

Pernah dengar bahwa minum cola dapat menurunkan berat badan? Ternyata hal tersebut adalah mitos, UC People! Selain memiliki kadar gula yang tinggi, satu kaleng Cola mengandung kurang lebih 140 kalori . Selain itu minuman gula yang tidak mengenyangkan, biasanya membuat orang  tetap ingin makan berat lagi yang membuat kalori semakin menumpuk. Alhasil bikin kita makin gendut deh. Dan jika konsumsinya tidak terkontrol, meminum soda berisiko menyebabkan obesitas.

 

Bisa jadi faktor-faktor diatas menjadi alasan Ronaldo menyarankan agar kita memperbanyak minum air putih dan bukan Coca Cola ya UC People. Meminum minuman bersoda memang memiliki risiko kesehatan yang buruk, namun kita masih bisa kok minum minuman bersoda hanya saja harus dalam kadar yang rendah. Memang tidak mudah untuk beralih, terlebih jika minuman soda sudah menjadi kebiasaan, tapi perlahan namun pasti kita dapat membuat kebiasaan baru dengan beralih meminum air putih, infused water, jus atau teh tawar.

 

Fenomena BTS Meal

Gengs, baru aja kemarin suatu fenomena megguncangkan jagad maya! Tepatnya, 9 Juni 2021 lalu, peluncuran BTS Meal di McDonald’s di Indonesia menjadi hari pusat dari perhatian para netizen Korea Selatan. Meskipun McD Indonesia tidak menyediakan menu makanan, hal ini tidak menghalangi tantara BTS untuk mendapatkan BTS Meal.

Army, sebutan para penggemar boyband tersebut sudah menyiapkan segala cara untuk bisa memesan BTS meal melalui hotline, drive-thru, atau pengiriman online. Ojek online tersebar banyak di seluruh gerai McD di Indonesia. Bahkan nih ya, pengemudi harus mengantri selama beberapa jam untuk menunggu makanan BTSxMcD ini! Mereka mengaku harus mengantri berjam-jam untuk mendapatkan menu yang dipesan pelanggan, yaitu BTS Meal. Bahkan, beberapa orang pulang dengan tangan hampa karena parselnya sudah habis atau tokonya tutup.

Bang ojol nya kasihan ya panas-panasan gitu ngantri…

Etitsss! tunggu dulu, di balik ini ada gerakan sosial yang menyasar para pengemudi ojek online loh.. Army Indonesia mengajak para penggemar BTS untuk berdonasi kepada pengemudi yang membeli dan mengantarkan BTS Meal. Dalam dua hari, Selasa (08/06) lalu, total yang terkumpul mencapai Rp 235 juta!

Kerumunan itu menyebabkan puluhan gerai McDonald’s di Indonesia tutup sementara gengs! Menurut beberapa laporan media, 20 outlet media di Jakarta ditutup sementara dan 12 menerima sanksi tertulis. Empat cabang McDonald ditutup di Semarang, Jawa Tengah, lalu tiga cabang di Kota Bandung, Jawa Barat, Kota Surabaya, Jawa Timur, dan wilayah lainnya.

Sampai kapan ya BTS Meal tersedia?

Nah, ada berita bagus nih gengs! Buat kamu yang belum kebagian BTS Meal kemarin, manajemen McD Indonesia mengatakan BTS Meal tidak akan dijual hanya pada 9 Juni 2021. Yeayy masih ada kesempatan dong buat kamu-kamu yang belum kedapetan, hihi… Tapi, manajemen belum bisa menentukan berapa lama BTS Meal akan dijual

Buat kamu yang belum tahu apa saja menu dari BTS Mels, sini Mimin kasih tahu…

Menu BTS Meals termasuk sembilan nugget emas, minuman sedang, kentang goreng sedang dan dua saus spesial, saus manis cabai dan saus cajun. Harga menu ini Rp 50.000. Selain penutupan banyak gerai, fenomena lainnya adalah jumlah kantong kertas kemasan BTS Meals yang dijual melalui e-commerce melebihi harga makanan kemasan BTS Meals.

Antusiasme masyarakat yang besar terhadap BTS Meal membuat harga melambung tinggi. Dalam aplikasi jual beli online, harga BTS Meal berkisar antara 50.000 rupiah Indonesia hingga ratusan ribu hingga beberapa juta rupiah. Dari aplikasi Tokopedia, beberapa akun menjual BTS Meal McD seharga 1 juta rupiah dan 1,5 juta rupiah. Ngeri benar ya… mereka mengambil kesempatan dalam kesempitan dalam menaikkan harga, sampai berkali kali lipat!

Melihat fenomena McD Indonesia di media sosial ini, netizen dari negara tempat BTS berada mengaku terpesona. Mereka mengomentari foto ojek online yang mengantri di McDonald’s di Indonesia selama pandemi virus corona. Banyak orang mengira ini seperti foto dalam adegan film. Benar-benar the power of army, hahah..

 

Daftar Pustaka

Hestin, Pernita (2021, Juni 10). Dianggap sebagai Pahlawan BTS Meal, ARMY Traktir Driver Ojol. Sindonews.com. Diakses pada https://lifestyle.sindonews.com/read/451448/185/dianggap-sebagai-pahlawan-bts-meal-army-traktir-driver-ojol-1623297996. 15 Juni 2021.

Lova, Cynthia (2021, Juni 10). Keseruan ARMY Berburu BTS Meal, Rela Tunggu Berjam-jam dan Bayar Lebih Mahal. Kompas.com. diakses pada https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/10/090517666/keseruan-army-berburu-bts-meal-rela-tunggu-berjam-jam-dan-bayar-lebih-mahal. 15 Juni 2021.

Sari, Yenny (2021, Juni 7). ARMY!. BTS Meal Rilis 9 Juni di Indonesia, Ini info dan Cara belinya. Detik.com .diakses pada https://food.detik.com/info-kuliner/d-5596590/army-bts-meal-rilis-9-juni-di-indonesia-ini-info-dan-cara-belinya. 15 Juni 2021.