Meminimalkan Efek Ketika Bermasker.Harian DI’S Way.21 Februari.Hal.45

Oleh dr Silvia Lerick Dasilva

 

SELAMA masa pandemi Covid-19, siapa pun wajib mengenakan masker.  Terutama saat beraktivitas di ruang publik.  Apalagi untuk para tenaga kesehatan yang menggunakan masker dengan sifat proteksi lebih dan sangat ketat di wajah.

Namun sayang tidak jarang setelah beberapa saat mengenakan masker, baik masker kain, bedah masker ataupun masker N95, timbul beberapa keluhan di kulit wajah.

Ada juga yang mengalami iritasi, iritasi dan rasa gatal. Pilihannya cuma satu dan efeknya. Jangan lantas tak pakai masker,” kata dr Silvia Lerick Dasilva, dokter konsultan di Esther Darmo Permai Surabaya Eagaimana caranya supaya kulit wajah telap  sehat dan cantik sambil tetap men atuhi anjuran pemerintah untuk menggunakan masker?

Dokter Silvia menjelaskan bahwa ada banyak yang bisa dilakukan.  Melihat efek apa yang ditimbulkan.  Bila itu jerawat, biasanya disebabkan karena ketika menutupi wajah dengan masker, hal itu membuat kulit berada dalam kondisi lembab.

Juga dalam kondisi panas akibat napas yang terputus di dalam masker.  Mau tidak mau itu dapat membuat keringat dan minyak terkumpul di bawah masker.  “Lalu timbullah peradangan, kemerahan maupun jerawat,” jelasnya.

Cara mengatasinya dengan menggunakan pembersih yang bersifat lembut untuk membersihkan kulit wajah dengan jenis sabun wajah atau busa pembersih wajah yang cocok.

“Sementara menghindari scrub yang kasar atau bahan lain yang dapat menyebabkan iritasi. Gunakan krim jerawat yang cukup lembut seperti aneka krim jerawat yang dipunyai. Ini sekaligus dapat menutrisi kulit,” terangnya.

Atau bisa dengan menambahkan solusi untuk kulit seperti jenis moisturizer lotion atau face mist.  Itu digunakan sebelum mengenakan masker.  kemungkinan, jika memungkinkan dan dinilai aman, masker wajah untuk mendinginkan kulit.

Selain efek jerawat yang ditimbulkan dengan pemakaian masker adalah kulit kering, hilang dan mengelupas.  Beberapa orang mengalami iritasi pada kulit wajah setelah mengenakan masker untuk jangka waktu tertentu.

Hal ini bisa muncul dalam bentuk rasa gatal di kulit, kulit tampak kemerahan, bahkan bisa sampai mengelupas atau luka.  Tenaga kesehatan yang harus mengenakan masker N95 yang sangat ketat sampai mengalami luka di kulit wajah.

Iritasi akibat masker juga bisa disebabkan karena alergi pada bahan masker itu sendiri.  Usahakan pilih masker kain dari katun yang lembut dan digunakan secara berlapis untuk meningkatkan perlindungan.

Jika timbul reaksi alergi terhadap bahan-bahan masker yang cukup parah mungkin diperlukan anti iritasi yang dapat diberikan melalui konsultasi online.

Anjuran bermasker untuk kulit kering dan sensitif antara lain sebagai berikut.  Pertama, cuci muka dengan pembersih yang lembut setelah mengenakan masker, lalu gunakan serum dan pelembab untuk menghidrasi kulit.

Pilih serum dan flek yang mengandung ceramide, glycerin atau hyaluronic acid seperti jenis moisturizer cream, intensive day cream dan snail advanced cream.

“Untuk menghentikan penggunaan krim anti penuaan dengan bahan yang dapat membuat kulit merah atau mengelupas,” katanya menyarankan.

Yang juga harus dihindari dalam pemakaian masker adalah perubahan warna kulit dan adanya bekas jerawat.  Kulit yang sangat kering, berulang dan pemeliharaan masker yang terus menerus dapat menyebabkan kulit berubah menjadi lebih gelap.

Begitu juga jerawat yang sudah sembuh juga dapat meninggalkan noda yang berwarna gelap.  “Selain mencerahkan, tambahkan serum yang mencerahkan dan menghilangkan noda untuk mengatasinya seperti jenis-jenis produk serum berseri atau serum dark spot,” ujarnya.

Terakhir yang mungkin bisa terjadi adalah luka di hidung atau di belakang telinga.  Ternyata memakai masker untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan luka di hidung dan bagian belakang telinga akibat masker pada kulit.

Jika mengalaminya, lindungi bagian tersebut dengan solusi untuk mengurangi masalah dan masalah kulit.

“Meskipun banyak efek yang ditimbulkan tetap wajib bermasker ya. Cuma efeknya minimal dengan mengikuti solusinya. Tetap aman dan jangan lupa pakai masker. I protect you, you protect .” katanya.  (Heti Palestina Yunani)

Main Musik Bisa Genjot IQ.Surya.25 Februari 2021.Hal.11

SEBUAH penelitian terbaru mengungkapkan fakta bahwa berkebun, merajut, dan membaca adalah beberapa hobi yang dapat meningkatkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ).

Pada Juli 2020, tim di DIYS.com meminta 4.694 sukarelawan untuk mengikuti tes IQ guna menemukan aktivitas yang dapat meningkatkan kecerdasan dan kekuatan otak.

Hasilnya ditemukan bahwa instrumen musik menjadi posisi teratas dari hobi yang dapat meningkatkan 19.

Penelitiari tersebut melihat.  bermain musik melibatkan hampir setiap area otak sekaligus, Faktanya, memainkan musik menggunakan kedua bagian otak dan dapat meningkatkan aktivitas di dalam korpus kalosum yang berfungsi sebagai jembatan atau tempat komunikan antar belahan otak.  Posisi kedua dan ketiga adalah kegiatan merajut dan berolahraga.

Kedua aktivitas itu juga melibatkan stimulasi kognítif.  Dalam penelitian tersebut, 71 persen responden mengatakan, merajut membantu meningkatkan konsentrasi. Sementara berolahraga ternyata dapat meningkatkan memori di otak.

“Tahun 2020 memberikan begitu banyak tantangan pada kita secara fisik, mental, dan emosional. Sehingga tidak mengherankan jika hobi baru mulai melonjak.”  terang Stefan Gheorghe dari DIYS.com.

“Berpartisipasi dalam aktivitas baru adalah cara praktis untuk membantu kesehatan mental kita, terutama jika kita terkurung dalam rumah untuk jangka waktu menjahit  (Kompas.com/Ryan Sara tu yang lama.” sambung dia.

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, aktivitas seni dan kerajinan tidak hanya dapat meningkatkan suasana hati tetapi juga mengembangkan keterampilan kognitif kita.

“Tanpa, aktivitas ini meningkatkan kesehatan  emosi kita, serta membuat kita lebih pintar,” ujarnya.

Hobi lain yang masuk ke dalam daftar antara lain bermeditasi, menulis, memasak. hingga menPratiwi)

 

Sumber: Surya.25 Februari 2021.Hal.11

Lho, Katanya Nggak Sehat .Jawa Pos.25 Februari 2021.Hal.20

Berbahaya kalau Dimakan dengan Nasi Meski makan nasi dan mi instan bikin kenyang, ternyata kebiasaan itu tidak sehat kalau dilakukan terus menerus.  Sebab, nasi dan mi sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi.  Seperti yang dr Sungadi di YouTube SB30 Health, “Kalau semua yang kamu konsumsi itu karbohidrat, kamu akan kekurangan zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral.”  Jadi, kalau dilakukan terus menerus, kita bisa malnutrisi!

Karbohidrat dalam mi dan nasi tergolong karbohidrat yang cepat diubah menjadi gluten.  Ketika semakin banyak gluten yang dicerna, pankreas akan mengeluarkan hormon insulin yang banyak pula.  Nah, jika pankreas bekerja terlalu keras, kita jadi berisiko terkena diabetes melitus.  Memang, makan mi instan dan nasi bersama berbahaya secara langsung, tetapi akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.  Yuk, jaga pola makan!

Lho Katanya Nggak Sehat?

            Mitos dan Fakta tentang Mi Instan

SIAPA sih yang nggak suka makan mi instan?  selain bikin perut kenyang, rasanya enak banget!  Tetapi, mi instan juga populer karena pernyataan yang bilang kalau makanan itu tidak baik untuk tubuh kita Iho.  Hmm, kira-kira benar nggak sih pernyataan-pernyataan itu?  Yuk, simak penjelasannya!  (elvic12/tikus)

Mi Instan Bisa Dimakan Mentah

Dengan viralnya teknik memasak mi instan selama satu menit 45 detik, banyak orang khawatir mi instannya jadi tidak aman dikonsumsi karena kurang dari tiga menit.  Ternyata, mi instan bisa dimakan alias tanpa kokl Sebab, mi instan matang dan mentah sehingga suasana “mentah” kurang tepat.  Meski nggak berdampak buruk bagi tubuh, pasti rasanya nggak enak kalau dilihat dulu.  Hehe.

Menariknya, durasi merebus mi instan ini ternyata bagian dari teknik marketing!  Jadi, dengan membuat kita menunggu selama tiga menit sampai mi matang, kita akan merasa lapar sehingga mi terasa lebih enak.  Tetapi, kok ada produk mi instan yang durasi masaknya berbeda?  “Alasannya karena ada perbedaan alat dan bahan yang digunakan di setiap negara,” tutur juru bicara salah satu brond mi instan asal Swiss dikutip NZHerald.

Air Rebusan Pertama Harus Dibuang

Pasti kamu sering mendengar kalau air rebusan mi instan nggak boleh dipakai jadi kuah untuk dimakan.  Katanya sih gara-gara ada lapisan lilin pada mi yang bakal larut dalam air rebusan itu.  Eitts, ternyata ini hoax “Air rebusannya jangan dibuang dan diganti. Sebab, ada beberapa vitamin dan kandungan dalam tepung terigu yang larut dalam air,” ungkap Prof Dr Hardinsyah MS, guru besar departemen gizi masyarakat di IPB.

Melansir dari Kominfo, salah satu kandungan dalam tepung terigu adalah asam folat yang berfungsi sel-sel tubuh.  Bagaimana dengan mi goreng instan yang air rebusannya dibuang?  Tenang, di dalam bumbunya sudah ada tambahan vitamin untuk pengganti vitamin yang terbuang.  Jadi, air rebusan mi itu aman untuk dikonsumsi ya.  Kalau nggak aman, BPOM pasti akan melarang kita mengonsumsi mi instan.

Spice Up Your Instant Noodle

SALAH satu produk mi instan asal Indonesia dinobatkan sebagai Best Instant Ramen oleh LA Times Ranking.  Nggak heran mi instan udah jadi makanan sehari-hari di sini.  Apalagi, kepraktisan memasaknya menjadi nilai plus saat kita lapar di tengah malam.  Mau coba cara baru masak mi instan?  Simak kreasi mi instan rekomendasi Zetizen inil (elv/c12/rat)

Mie Kimbab

Pengin piknik ala Korea bareng teman?  Jangan sampai lupa bawa kimbab!  Kimbab adalah snack asal Korea yang mirip Sushi.  menambahkan mi bikin kimbo mu mengenyangkan dan bikin enak.  Cara bikinnya gampang banget!  Siapkan nori, mi instan yang sudah dimasak, dan tambahkan topping seperti slice keju, kornet, dan telur mata sapi.  Tinggal digulung deh!

Pizza ft Mi

Bikin kombinasi pizza dan mi?  Ide bagus!  Eits, meski terdengar seperti kombinasi yang aneh, kamu harus sangat berharga.  Mi akan menjadi base pizza yang bisa kamu tambahi keju mozzarella dan berbagai topping lainnya.  Cuma perlu dioven selama 15 menit dan langsung bisa disajikan.  Perpaduan dari mi yang renyah dan lelehan keju mozzarella dijamin bikin ketagihan.

Lumpia Mi

Kalau biasanya lumpia berisi sayuran atau bihun, cobain deh diisi mi instan.  Bahan lumpia mi sendiri juga praktis dan mudah didapat Kamu cukup menyiapkan tiga bahan, yakni mi instan, kulit pangsit, dan telur.  Cara dibuat dilipat dan digoreng.  Gampang kan?  Kamu bisa langsung mencoba dan menikmati perpaduan renyahnya kulit lumpia dan lembutnya mi.

Latihan Terbaik adalah yang Kita Nikmati.Surya.25 Februari 2021.Hal.11

MANFAAT berolahraga untuk menurunkan kolesterol atau menjaga tubuh tetap stabil sering disampaikan oleh para ahli.  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meningkatkan aktivitas olahraga setidaknya selama 30 menit hari atau 90 menit per minggu.

Jika durasi 30 menit terlalu lama, temuan sebuah penelitian mengungkapkan jika kita dapat berolahraga dengan durasi yang lebih lama untuk memperpanjang usia.

Berdasarkan penelitian tahun 2011 yang The Lancet, orang yang memiliki aktivitas relatif rendah memiliki harapan hidup tiga taman lebih lama daripada orang yang tidak aktif berolahraga.

Peserta yang diteliti rata-rata berolahraga 92 menit per minggu atau sekitar 15 menit sehari.  Mereka yang berada dalam kelompok aktivitas rendah juga memiliki risiko kematian 14 persen lebih rendah dari penyebab penyakit jantung dan kanker dibandingkan orang yang sama sekali aktif berolahraga.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Medicine menemukan, olahraga dengan intensitas sedang atau berjalan kaki selama 75 menit per minggu bisa meningkatkan harapan hidup sekitar 1,8 tahun.

Lalu, sebuah temuan yang dimuat ke dalam Journal of Aging Research menemukan aktivitas fisik secara umum memperlama usia seseorang.

Namun Alexis Halpern, MD, dokter pengobatan byterian/Weill Cornemll Medarurat di NewYork-Presical Center menyebut, lebih banyak penelitian serupa yang dibutuhkan untuk menentukan durasi olahraga minimum yang tepat.

Sebagaimana sudah disinggung di paragraf sebelumnya, tidak ada durasi olahraga yang pasti untuk memperpanjang usia. Akan tetapi, penelitian mengungkap olahraga juga mengurangi risiko tertentu, terang Carolyn Dean, MD, ND, anggota dewan medis di Nutritional Magnesium Association.

“Satu studi menemukan bahwa dua setengah jam berjalan cepat dalam seminggu mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 30 persen,” kata Dean.  memiliki manfaat psi.

Rutinitas olahraga pun kologi, hormon endorfin menonton saat berolahraga. Hal itu membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik.

Dean mengingatkan, sedikit berolahraga lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali.  Namun beberapa latihan bisa meningkatkan harapan hidup lebih baik ketimbang jenis latihan lainnya.

Sebagai contoh, satu studi mengungkap latihan terbaik untuk umur panjang adalah tenis, kolam renang.  dan aerobik, menurut Dean.  “Di antara orang yang melakukan aktivitas sedang hingga berat selama 150 menit setiap minggu, orang yang bermain olahraga raket memiliki risiko meninggal 47 persen lebih rendah selama studi sembilan tahun dibandingkan dengan yang tidak berolahraga.”

Berjalan kaki, berenang, dan latihan kekuatan juga merupakan pitihan latihan yang baik, menurut Halpern.  Secara keseluruhan, latihan terbaik adalah latihan yang bisa kita nikmati secara konsisten. “Jika Anda tidak menyukainya, Anda tidak akan melakukannya,” cetus Halpern.  (Kompas.com/Gading Perkasa)

Kenali Makanan Penyebab Cegukan.Surya.11 Februari 2021.Hal.11

CEGUKAN memang bukan hal yang berbahaya dan akan berhenti dengan sendirinya.  Namun ada beberapa orang yang bisa mengalami cegukan relatif lama dan tidak bisa berhenti.  Tentu saja cegukan seperti itu bakal mengganggu kita.

Cegukan terjadi ketika ada kontraksi otot diafrugna yang berulang dan tidak terkendail.  Hal-hal yang dapat memicu cegukan yang sifatnya sementara yaitu minuman bersoda, makanan pedas, alkohol, rokok, stres, dan sebagainya.

Daniel Allan, MD, dokter pengobatan keluarga di Cleveland Clinic, menjelaskan penyebab cegulkan.  Menurutnya, saat diafragma (otot yang tertetak di antara paru-panu dan perut) menjadi teriritat, maka diafragma akan mulai kejang.

Kejang ini menyebabkan apa yang dikenal sebagal cegukan. Cegukan bisa terjadi jika ada gangguan pada jalur saraf yang mengarah ke otak ke diafragma.  Hal itu menjelaskan mengapa kita sering mengalami cegukan saat menghadapi situasi emosi atau perubahan suhu.

lah medis yang “Cegukan juga muncul setelah Anda menelan terlalu banyak udara, terlalu banyak atau terlalu banyak, atau mengalami kegembiraan atau kecemasan,” ujar Allan.

“Di dalam rahim. cegukan mungkin merupakan latihan paru-paru yang diprogram untuk membantu pernapasan janin. Penyebab cegukan lainnya mungkin termasuk refluks asam dan minum dalam waktu beberapa hari softdrink.”

Jika kita mengalami cegukatau lebih, segera periksakan kotoran ke dokter.  “Ini mungkin bertemu dengan adarya masa Perhatian. kadang-kadang, penyakit tertentu atau bahkan proselur medis. Yang melibatkan anestesi, dapat terutama menyebabkan cegukan yang berkepanjangan,” jelas dia. Banyak jenis pengobatan yang dapat menyembuhkan cegukan. Namun menurut para ahli, tidak ada yang bisa dibuktikan secara ilmiah.  Dapat membantu mengatasi cegukan.

“Menahan napas atau napas ke dalam kantong kertas meninglkatkan kadar X karbon dioksida di paru-paru dan diafragma, dapat kejang dan cegukan,” kata Allan. (Kompas.com/Gading Perkasa)

 

Sumber: Surya.11 Februari 2021.Hal.11

Insomnia Picu Risiko Penyakit Jantung Koroner.Surya.25 Februari 2021.Hal.11

INSOMNIA menibuat seseorang menyalakan tidur, schingga waktu tidurnya berkurang.  Padahal kurang tidur jumlah elek negatif untuk kesehatan.

Penelitian metigungkapkan, waktu lidhar yang kurang dari tujuh jam atan lebili dari seambilan jam berkaitan derugan penyakt jantung koroner, Ahli jantung Leslie Cho,M) mengatakan, tidur yang buruk dapat menyebabkan penambahan berat kadan, diabetes, tekanan darah tinggi, dan peningkatan aktivitas sistem saraf  simpati  Semuanya itu merupakan faktor resiko yang dapat menyebabkan nyakit janturg koroner.

Suatu studi besar tentang tidur menenukan fakta pria memiliki peningkatan kematian 1.7 kali lipat lebih tinggi apabila waktu tidurnya kurang dari enam jam.  Hal yang sama Juga berlaku apabila waktu tidur lehih dari sembilan jam.  Waktu tidur terbaik dikatakan selamat 7-8 jam.

Di sisi lain, studi terhadap 71.000 wanita menemukan, apa bila waktu tidur kurang dari lima jam, naka risiko metigembangkan Jantung kosonex meningkat 1,82 ipat.  Sedangkan bila waktu tidurnya lebih dari sembilan jam. wanita berisko 1.57 kali lipat lebsh tinggi menganbangkan penyakit jantung koroner.

Selain insomnia, masalah tidur lainnya yang berdampak negatif pada jantung adalalı sleep apnea.

Gangguan tidur ini ditandai dengan dengkuran.  “Slep apnea dikatakan dengan beberapa kondis jantung. dari atrum fibrilasi, Mulai jantung memaksa, tekanan darah tinggi, hingga gagal jantung.”  kata Cho.

Sementara itu, studi tahun 2017 menunjukkan gangguan tidur dapat meningkatkan kemungkisan terkena penyakit jantung koroner hingga 70 persen. Balikan terjadi pula peningkatan kemungkinan risiko lerjadinya stroke mencapal 45 persen.  Hal itu dikarenakan gangguan tidur.  Kondisi yang termasuk gangguan tidur antara lain kualitas Lilur yang buruk, tidur durasi pendek, sleep apnea, kesulitan Tituk tetap tdiur, dan penggunaan pilticha.  “Tidur selamat 7-8 jam setiap malam adalah yang terbatk.”  ujar Cho.

Nerckomendasikan bebermpa macam Bagi yang kesulitan tidur. Untuk memperbaiki kebiasaan tidur.  Misalnya berolahraga secara teralur, menghindari tidur siang, tidak minum kafein, dan mematikan perangkat elektronik sebelum tidur.

Selain itu, mempertahankan jadwal tidur yang ketat yakni tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Kemudian pada orang yang ke tebihan berat badan, mendengkur atau berhenti bemapas saat teratur, sebaiknya menemui spesialis tidur untuk mengatasinya. “Hindari mengagunakan alat tidur yang dijual bebas. Bekerja malah dengan penyedia kesehatan untuk menentukan penyebab sulit tidur dan solusi. kala Cho. (Kompas.com/Maria Adeline Tiara Putri)

Aduh, Mak Saraf Terjepit !.Harian DI’S Way.22 Februari 2021.Hal.42-43

SARAF terjepit bisa menimbulkan rasa sakit yang tak terputuskan, sehingga terkadang kita memertukan obat untuk meredakannya.  Ada beragam obat saraf terjepit dengan cara kerja yang berbeda-beda.  Agar hasilnya maksimal, obat saraf kejepit kadang perlu dikombinasikan dengan metode pengobatan lain.

Jadi, jika Anda mengalami nyeri, sakit, kesemutan, atau keluhan lain pada punggung atau bagian tubuh tertentu akibat saraf terjepit, periksakanlah ke dokter agar dapat diberikan pengobatan yang aman dan sempurna.

Salah satu yang kerap terjadi adalah hemia nucleus pulposus (HNP).  Itu terjadi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang.  HNP Itulah yang kerap disebut dengan istilah awam: saraf terjepit.

Saraf tulang holakang yang kejepit dapat menimbulkan gejala nyeri punggung bawah (pinggang), nyeri punggung atas, atau nyeri pada leher.  Semua pada lokasi HNP.

Sebagan besar HNP dapat sembuh dengan sendirinya. Namun bila nyeri masih berlargang sampai berbulan-bulan, dokter dapat memberikan pengobatan yang jenisnya disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala pada pasien.

Apa saja gejala-gejalanya?

Jika bantalan bergeser sekali tidak sampai menjepit saraf, Anda mungkin hanya merasakan sakit punggung ringan atau bahkan tidak merasakan sama sekali.  Namun bila hemia menekan atau menjepit saraf tulang belakang, gejala yang muncul tergantung pada lokasi dan banyaknya saraf yang terjepit.  Kondisi ini dapat menyebabkan punggung kiri, kanan, atau keduanya, yang menjalar hingga ke paha atau kaki.

Meski saraf terjepit sering membaca dengan saraf tulang belakang, kondisi ini juga bisa terjadi pada beberapa saraf lainnya.  Misalnya:

  1. Saraf median di tangan),
  2. Saraf ulnaris pada siku.
  3. Saraf peroneal pada tungkai dan lutut,
  4. Saraf lateral femoral cutaneous pada paha.

Dan penyakit-penyakit itu punya gejala-gejala yang berbeda, berdasarkan pada waktunya.

HNP yang menjopit saraf di leher disebut juga dengan HNP cervical.  Gejalanya, nyeri pada leher dan bahu yang menjalar ke lengan.  Bisa juga kesemutan, lemah, atau kaku otot di salah satu lengan.  Terkadang juga menjadi sensasi seperti terbakar di leher, bahu, dan lengan.

Di bawah punggung, yang torjadi adalah HNP lumbal.  Hernia yang menjepit saraf di pinggang atau punggung bawah dapat memunculkan sejumlah gejala yang mengganggu.  Misalnya, sakit di punggung bagian bawah yang membuat memburuk ketika bergerak.  Terkadang, nyeri juga bisa dirasakan pada bagian tulang ekor.  Beberapa orang mengalami nyeri seperti tertusuk di area bokong yang menjalar ke salah satu tungkai.  Bisa juga mengalami kesemutan atau kelemahan otot pada tungkai. HNP lumbal juga dapat menyebabkan penderitanya tidak bisa menahan buang air kecil.

Saraf terjepit bisa disebabkan oleh banyak hal.  Tetapi, semuanya bermula pada kondisi ketika saraf tertekan oleh jaringan di sekitarnya.  Misalnya, tulang, tulang rawan, tendon, ligamen, atau otot.  Kondisi itu tentu mengganggu fungsi saraf dan menimbulkan beragam gejala.  Mulai nyeri, kesemutan, hingga mati rasa di daerah tertentu.  Munculnya tekanan pada saraf sering dipicu oleh gerakan yang dilakukan secara berulang atau berada dalam satu posisi yang sama untuk jangka waktu lama, contohnya menekuk siku saat tidur.

Saraf terjepit biasanya terjadi karena sebab berikut ini:

1.Memiliki keluarga dengan riwayat saraf kejepit.  2

.Memiliki berat badan berlebih.

3.Mengangkat beban berat dengan posisi dan tumpuan yang salah.

4.Melakukan gerakan menunduk dan berputar secara langsung atau berulang.

5.Memiliki kebiasaan merokok.

6.Kehamilan

7.Cedera akibat kecelakaan atau olahraga

8.Radang sendi

Untuk mengobatinya, penderita harus menjalani pemeriksaan di CT Scan atau MRI untuk melihat kondisi tulang belakang.  Mereka juga bisa menjalani elektromiografi (EMG) untuk mengukur aktivitas listrik otot saat berkontraksi.

Dengan besarnya risiko saraf terjepit itu, Anda harus segera memeriksa diri ke dokter bila nyeri di punggung tak kunjung hilang, menjalar ke tungkai, atau menyebabkan kesemutan serta lemah otot di tungkai.  Segera ke LGD bila nyeri punggung yang dirasakan dapat menyebabkan Anda mengompol, tidak bisa menahan buang air besar, kelumpuhan, atau sehabis mengalami cedera.

Salah satu pengobatan HNP adalah melakukan fisioterapi.  Rutinlah dengan dokter rehab medik untuk mendapatkan terapi program yang tepat dan evaluasi hasil dari fisioterapi.

Dokter mungkin akan menggunakan obat-obatan ini untuk mengatasi kondisi tersebut:

  1. Antiinfiamasi nonsteroid. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) morupakan kelompok obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi rasa nyeri akibat saraf terjepit. Contoh obat golongan ini adalah ibuprofen dan naproxen.
  2. Steroid antinflamasi (kortikosteroid). Obat ini juga dapat diberikan kepada penderita saraf terjepit untuk mengurangi nyori. Kortikosteroid tersedia dalam bentuk obat yang diminum atau disuntikkan.  Contohnya adalah prednison dan prednisolon.
  3. Antikonsulvan. Selain itu dikenal sebagai obat untuk mengatasi kejang.  antikonsulvan juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri saraf, tormasuk terjepit.  Beberapa contoh obat antikonsulvan adalah carbamazepine, Oxcarbazepine, dan kamotrigin.
  4. Antidepresan. Meski umum digunakan oleh pasien penderita gangguan psikologis, antidepresan dapat diresepkan oleh dokter untuk meredakan nyeri saraf.  Beberapa contoh obat antidepresan adalah antidepresan trisiklik, serotonin-noropinephrine reuptake inhibitors (SNRIS), dan seloctive serotonin reuptake inhibitors (SSRIS).

Selain memberikan obat, dokter mungkin akan menyarankan hasil pengobatan lain untuk meredakan nyeri saraf terjepit.  Dua metode pengobatan yang dilakukan dalam penanganan saraf terjepit adalah:

1.Fisioterapi Dalam terapi ini, fisioterapis akan mengajarkan latihan peregangan maupun penguatan otot-otot saraf terjepit.  Tujuannya adalah untuk mengurangi tekanan pada saraf, serta memperbaiki atau mengembalikan fungsi fisik.

  1. Operasi atau pembedahan Jika saraf terjepit tidak akan membaik dengan obat-obatan dan fisioterapi, maka dokter bisa saja merekomendasikan operasi saraf terjepit untuk menghilangkan tekanan pada saraf. Jenis operasi atau operasi pun bervariasi, tergantung pada lokasi saraf yang torjepit.

Selama Anda mengalami saraf terjepit, biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk mengurangi aktivitas yang bisa momperparah kondisi.  Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi obat saraf torjopit tanpa sepengetahuan dokter.

Onkologi. Kenali Gejala Kanker Lambung. Kompas. 11 Februari 2021. Hal.8

ONKOLOGI Gejala Kanker Lambung JAKARTA, KOMPAS – Kanker lambung menjadi penyebab kematian ketiga akibat kanker. Gejalanya tidak spesifik membuat deteksi dan penanganan menjadi terlambat.  Sejumlah tanda terkait jenis kanker itu perlu diwaspadai.

Menurut data Globocan 2018, kasus kanker lambung menempati urutan keempat dari jenis kanker lain.  Dari 18 juta kasus kanker baru, sebanyak 5,7 persen kasus merupakan kanker lambung.  Namun, kanker kanker menjadi penyebab kematian ketiga setelah kanker paru dan kanker kolorektal.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Aru Sudoyo, di Jakarta, Rabu (10/2/2021), menuturkan, angka kematian akibat kanker lambung disebabkan rendahnya kesadaran warga mendeteksi dini.  Gejala yang timbul tidak spesifik karena kerap dianggap seperti sakit mag ataupun tukak lambung.  Akibatnya, banyak pasien yang terlambat ditangani.

“Perbedaan tukak lambung dan kanker lambung biasanya rasa nyeri pada tukak lambung akan hilang setelah makan, tetapi pada kanker lambung justru semakin parah dengan makan. Biasanya, orang yang mengalami tukak lambung tidak mengalami penurunan berat badan, sementara penderita kanker lambung akan mengalami penurunan.  berat badan yang signifikan,” katanya.

Ada enam kondisi yang harus diwaspadai sebagai gejala kanker lambung.  Pertama, nyeri abdomen, yaitu nyeri pada bagian perut panjang.  Kedua, sulit untuk menelan makanan.  Ketiga, mual dan muntah saat makan.  Keempat, cepat terisi karena sebagian terisi tumor.  Kelima, berat badan penderita turun drastis.  Keenam, perdarahan mulai terjadi.

Adapun faktor risiko kanker lambung, antara lain, merokok, dan banyak mengonsumsi makanan dengan garam, berat badan berlebih, memiliki riwayat keluarga dengan kanker, usia lebih dari 60 tahun, serta mengonsumsi makanan yang dibakar atau diasap dan olahan.

Oleh karena itu, General Manager Taiho Pharma Singapore untuk Indonesia Ervina Hasti Widyandini, diagnosa sejak dini agar tingkat harapan hidup pasien semakin tinggi, (TAN) HIPPAX LIBRARY Kompas.

Tidak Perlu Repot-repot Detoks dan Puasa.Harian DI’S Way.10 Februari 2021.Hal.41

Sudah berbulan-bulan diet, dan cukup berhasil, eh tiba-tiba Imlek di depan mata.  Mau seperti membatasi apa pun, sulit untuk tidak menghajar setiap menu yang tersaji di meja makan.  Apalagi kalau sok diet pasti ditegur oleh nenek dan ai-ai.  Jangan khawatir.  Kita bisa segera kembali ke “jalan yang benar” setelah makan berlebihan selama liburan tahun baru.

Domi menjalankan spirit kerbau, ITA memasuki The Year of Ox.  Yang di Indonesia disebut Tahun Kerbau.  pasti menyenangkan setelah semua sajian Imlek buatan nenek langsung tidur lama (ditabok).  Bagian terakhir tadi menjelaskan bercanda.  Tapi bagian sebelumnya, soal risiko makan berlebihan saat tahun baru, memang sulit dihindari.

Selama acara tahun baru, berkumpul bersama keluarga besar adalah acara Wajib.  Dan pada momen spesial itu, sudah pasti tersaji bermacam santapan di saya Apalagi banyak makanan yang menambah pelengkap.  Mulai mi, iken, daging, bebek, hingga sayuran hijau dan aneka jajanan manis.

Saking enak-enaknya, seluruh sajian tersebut bakal menggoda iman para pelaku diet. Baik yang tujuanya untuk mengurangi berat badan, maupun diet karena alasan medis. Sehingga meroka rela memberlakukan cheating day. Alias hari ketika prinsip-prinsip diet dibuang ke luar jendela.

Efek Cheating Day

Apakah sehari cheating bisa membuat jarum timbangan bergerak ke kanan? Bisa. Karena berat badan bakal otomatis naik jika kita mengalami kelebihan kalori. Menurut riset Alefia Vasanwala, kepala dietitian rumah sakit Mount Elizabeth Singapura, ekses 3.500 kilo kalori yang menumpuk dan tidak dibakar akan membuat bobot kita naik 0,5 kilogram.

Padahal, untuk mencapai angka itu, sangat mudah.  Bahkan dalam dua hari.  Sepiring besar yee sang (salad ikan Imlek) bisa lebih dari 500 kilo kalori.  Semangkuk sup Delapan bentuk yang berisi teripang, ikan, udang kerang, abalon, dan jamur) nilainya mencapai 350 kilo kalori.  Suka bebek panggang?  Dua iris saja sudah 100 kilo kalori.  Oh ya, sajian pork belly yang digoreng renyah itu bakal menambah 400 kilo kalori per porsi.

Belum lagi jayanan lain yang sayang untuk dilewatkan.  Yang di hari-hari tidak mungkin kita sentuh karena kalorinya tinggi.  Seperti nastar nanas, bakkwa, dan kue keranjang.  Sudah begitu, karena berkumpul dengan keluarga, sulit meluangkan waktu untuk olahraga.  Alhasil, dalam dua hari liburan saja, kita bisa menyimpan 5.500 kilo kalori.

Dari penelitian Departemen Kesehatan Taiwan, sebanyak 39 persen warga di sana mengalami makan berlebihan selama liburan Imlek.  Dan hampir 45 persen penduduk mengalami kenaikan berat badan rata-rata 1,7 kg selama liburan Imlek.  Di Singapura, selama tahun baru, delapan dari 10 orang mengonsumsi lebih banyak garam daripada hari biasa.

Ah, apa artinya naik setengah atau sekilo?  Toh cuma sekali setahun.  Masalahnya, bagaimana kalau cheating day terjadi lebih dari sekali?  Jangan lupa, dalam setahun, ada beberapa acara lain yang juga sering bikin kalap.  Misalnya Natal.

“Kalau ada kenaikan berat badan sebanyak satu atau dua kilo yang tidak bisa dibuang setelah liburan, risiko obesitas dan penyakit degeneratif akan meningkat,” kata ahli diet senior Changi General Hospital Phoi Yan Yin, seperti dilansir Channel News Asia.  “Seperti yang kita ketahui, kegemukan akan memicu diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung,” tuturnya.

Risiko itu akan semakin tinggi jika liburan liburan kita juga meminum alkohol secara berlebihan. “Terlalu banyak alkohol dalam waktu yang singkat akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Dan bakal mengarah ke pembengkakan hati,” kata Joanne Loh, ahli gizi Yishun Community Hospital Singapura. Beberapa ekstra gelas wiski dan bir bakal meningkatkan kinerja organ-organ vital yang lain.  Misalnya jantung.

 Apa yang Harus Dilakukan? 

Nah, setelah makan secara menggila, apakah kita pertu melakukan detoks?  Metode ini cukup populer di kalangan pencinta gaya hidup sehat.  Metodenya macam-macam.  Mulai dari yang simpel, seperti meminum lebih banyak air dalam beberapa hari.  Ada juga yang jelang.  Atau hanya minum jus buah selama tiga hari penuh.  Serta minum yogurt dan pil probiotik.

Ternyata, cara ini sangat tidak disarankan oleh para ahli gizi. “Tubuh kita punya kemampuan mengatasi kelebihan kalori. Jika makan berlebihan hanya terjadi jika terjadi saja,” kata Dr Reuben Wong, ahli gastroentrologi dari rumah sakit Gleneagles. “Anda boleh saja mengurangi makan selama beberapa hari setelah liburan. Tapi jangan sampai melakukan diet ekstrem secara tiba-tiba. Atau melakukan defisit kalori secara drastis, yang terjadi ketika Anda melakukan detoks atau harian,” lanjutnya.

Loh setuju.  “Sistem pencemaan kita bisa menahan tekanan akibat makan berlebihan. Di sisi lain, waktu, atau detoks dalam waktu singkat tidak akan banyak membantu menurunkan kadar trigliserida atau kolesterol dalam tubuh,” papar dia. “Artinya, detoks hampir tidak ada gunanya,” imbuh Loh.

Dr Lim Su Lin, kepala ahli gizi di National University Hospital Singapura, berpendapat sama.  Bahkan ia menyebut bahwa detoks hanya sebatas seksi yang dipakai oleh penyedia tren-tren gaya hidup.  “Agar orang merasa bersalah sudah makan banyak. Sehingga tergerak untuk membel produk mereka. Entah berupa jus sehat atau pil probiotik,” tulisnya.

Jika memang meminum jus sayur dan buah bisa mengurangi rasa telah menikmati berpiring-piring makanan yang kaya lemak, silakan saja .

MESKI namanya salad, kandungan seafood yang berlimpah pada yee sang membuat kandungan kalori pada makanan cukup tinggi.

Tapi, jangan sampai hanya minum itu selama beberapa hari ke depan. Hingga menemukan sumber nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, dan lemak esensial.

“Inti dari kompensasi setelah makan berlebihan adalah mengurangi asupan kalori, dan menyantap lebih banyak makanan sehat,” jelas Lim.  “Buah-buhan segar, sayuran, dan jus yang tinggi antioksidan cocok untuk itu. Karena memang lebih rendah kalori dibandingkan makanan lengkap. Harapannya, setelah makan buah dan sayur, nafsu makan kita lebih terkontrol,” lanjutya.

Namun, ia mengingatkan lagi, kita harus memastikan sumber dalam terpenuhi. Antara lain protein, lemak esonsial, dan vitamin B. “Kembali ke pola akan seimbang yang sehat masih lebih baik daripada puasa atau detoks” togasnya.

Bagaimana kalau overating menyebabkan perut tidak nyaman” Kata sering disebut sakit perut atau kram perut. Jangan buru-buru ke dokter. Berhenti makan, lalu minum air putih yang banyak. Sampainya berkurang. Kalau perihnya sangat parah, dan tidak berkurang dalam sehari (atau  disertai muntah, demam, dan diare), barulah menemui dokter.

Jadi, Makan Apa setelah Liburan?

Makan biasa saja. Kembali ke pola makan yang seimbang sebelum Imlek. Karbohidat kompleks, protein, serta sayur dan buah. Plus air putih. Awali  pagi setelah liburan dengan sarapan yang kaya serat, kalsium, dan vitamin. Disarankan memilih gandum utuh sebagai sumber karbohidrat.

“Ini bisa diponuhi dongan dua roti gandum utuh dengan selai kacang dan potongan buah pisang.  Lalu minumnya pilihan susu kedelai tinggi kalsium,” Lim. “Atau bisa juga sereal multigrain dengan susu, dengan topping aneka buah potong dan kacang campuran.  Dua opsi menu itu cukup kaya serat dan protein yang akan membuat kita tetap kenyang sampai makan siang.  Serta Rendah lemak dan gula olahan,” lanjutnya. (Retna Christa)