Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Kuliah Online

Semenjak pandemi COVID-19 tahun 2020 lalu, proses belajar tatap muka di sekolah dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring. Metode pembelajaran daring ini menuntut kamu menatap layar HP atau laptop terus-menerus setiap harinya. Bukan tidak mungkin, kesehatan mata menjadi terganggu karena hal tersebut. Mata jadi sering kelelahan atau kering selama belajar online di rumah. Berikut beberapa tips yang harus diikuti agar mata kamu tetap sehat dan bisa terjaga dengan baik.

  1. Pastikan Cahaya di Ruangan Cukup

Pencahayaan lampu di ruangan sangat penting agar kamu bisa melihat secara jelas. Hanya saja, saat belajar online di rumah, kamu perlu mengatur tingkat pencahayaan tersebut. Hindari pencahayaan yang terlalu terang karena membuat silau. Jangan pula membiarkan pencahayaan terlalu redup karena membuat penglihatan buram. Atur pencahayaan yang cukup sesuai kondisi mata kamu saat ini.

Selain dapat merawat kesehatan mata, ternyata pencahayaan ruangan juga berpengaruh terhadap produktivitas belajar, lho. Belajar dalam ruangan terang cenderung dapat meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan semangat belajar ketimbang dalam ruangan remang-remang.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya yaitu mengonsumsi makanan bergizi. Makanan seperti sayuran hijau, ikan segar, serta buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan meningkatkan kinerja mata. Mengonsumsi wortel secara rutin juga membantu menjaga kesehatan mata kamu. Hal ini karena wortel sarat akan beta karoten, suatu antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula pada mata.

  1. Sering Mengedipkan Mata

Selama pembelajaran daring, sebaiknya kamu rutin mengedipkan mata. Normalnya, manusia berkedip sebanyak 15-20 kali dalam satu menit. Namun, frekuensi mengedipkan mata tersebut bisa menurun saat kamu membaca buku, menonton televisi, bahkan menatap layar laptop atau HP terlalu lama. Kalau kamu membiasakan berkedip sebanyak 15-20 kali saat belajar online, kamu akan terhindar dari mata kering dan kelelahan.

  1. Atur Pencahayaan dan Jarak HP atau Laptop

Untuk menurunkan risiko mata tidak sehat karena belajar online, pastikan mengatur pencahayaan layar. Usahakan pencahayaan tidak terlalu terang atau gelap agar mata tidak cepat lelah dan kamu lebih mudah melihat materi pelajaran di layar tersebut. Jika perlu, gunakan filter blue light pada layar untuk melindungi mata dari paparan sinar biru laptop maupun HP. Selain itu, kamu perlu memberi jarak setidaknya 60-65 cm antara layar dengan wajah. Pastikan posisi layar tepat di depan mata sehingga kamu tidak perlu menunduk maupun mendongak. Jadi, tubuh kamu tetap dalam kondisi nyaman dan kinerja mata tetap prima selama belajar online di rumah.

  1. Menjaga Kesehatan Mata dengan Metode 20-20-20

Metode 20-20-20 ini terbukti ampuh merawat kesehatan mata. Khususnya bagi kamu yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop, HP, dan komputer. Metode ini berarti, setiap 20 menit sekali saat belajar online, usahakan melihat objek lain sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter, selama 20 detik. Cara ini bermanfaat mengurangi ketegangan mata karena menatap layar terlalu lama. Itu dia beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa kamu ikuti selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Yuk, mulai membiasakan diri menjalankan kelima cara tersebut! Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.

  1. Pilih Posisi yang Pewe (Paling Wenak)

Agar kamu tetap nyaman dalam melihat laptop atau komputer, bisa nih dicoba untuk set tempat kamu duduk, jarak kamu dalam melihat laptop, atau posisikan laptop mu agar sejajar dengan pandangan mata mu. Ingat untuk atur jarak 30cm antar mata dengan layar laptop. Dengan posisi duduk yang baik, kamu bisa terhindar dari mata lelah dan low back pain loh.

Nah itu tadi merupakan tips untuk menghindari penyakit mata maupun cara menjaga kesehatan mata pada saat pembelajaran daring. Tips ini juga bisa diterapkan siapa saja, dimana saja. Semoga bermanfaat!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.