Book Review Outliers: Rahasia di balik Sukses

Halo UC People! Apakah kalian pernah membaca buku berjudul Outliers karya Malcolm Gladwell? Buku ini merupakan karya ketiga Malcolm Gladwell setelah sebelumnya dirinya menulis buku berjudul “The Tipping Point” di tahun 2000 dan “Blink” di tahun 2005. Ketiga buku tersebut pernah menjadi buku terlaris versi New York Times loh.

Secara harfiah outliers berarti orang asing dan secara sederhana outliers didefinisikan sebagai segelintir individu yang menonjol dibandingkan orang lain pada umumnya. Kita udah sering banget ya mendengar cerita sukses orang-orang dan bagaimana mereka dapat mencapai kesuksesan. Biasanya mereka adalah sosok pekerja keras, tekun, cerdas dan berbakat. Orang-orang sukses ini lah yang disebut Outliers dalam buku ini.  Tapi apakah benar kerja keras hanyalah satu-satunya faktor kesuksesan?

Buku ini dibuka dengan cerita beberapa pemain hockey terhebat Kanada yang cenderung lahir pada bulan Januari, Februari dan Maret. Awalnya saya merasa bingung apa korelasi pemain hockey dengan bulan lahir. Masa sih buku sepopuler ini ngebahas hal yang gak saintifik. Namun ternyata Gladwell menjelaskan bahwa bulan lahir ini bukan hal yang kebetulan, alasan mengapa pemain hoki tersukses lahir di bulan tersebut adalah karena sistem pendidikan di Kanada yang memberi batas usia untuk hoki kelas usia di Kanada adalah 1 Januari. Dengan demikian, mereka yang lahir setelah tanggal tersebut ditahan satu tahun, memberi mereka keuntungan usia dan ukuran. Maka dari itu pemain hoki tersukses cenderung lahir di bulan-bulan tersebut.

Cerita ini langsung menarik perhatian saya. Dan saya pun tidak kecewa karena pada halaman-halaman selanjutnya, Gladwell dapat menjelaskan banyak hal seperti mengapa dua orang dengan IQ yang sama dapat memiliki nasib yang jauh berbeda, mengapa bangsa Cina hebat di bidang matematika dan mengapa pengacara sukses New York memiliki riwayat hidup yang sama. Di setiap cerita, saya merasa tercerahkan dengan penjelasan Gladwell yang dapat menghubungkan beberapa faktor yang tanpa disangka ternyata saling berkaitan.

Gladwell berpendapat bahwa faktor-faktor kesuksesan jauh lebih rumit dibanding yang terlihat. Cerita sukses yang biasa kita dengar biasanya adalah cerita personal yang memberi karakteristik individual seperti talenta dan kerja keras. Meskipun hal ini tidaklah salah namun cerita ini banyak mengabaikan faktor-faktor luar yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Dengan kata lain , ia percaya bahwa faktor dari luar seperti keluarga, tingkat ekonomi, cara seseorang dibesarkan, budaya,  pengalaman unik dan zaman mereka dibesarkan itulah yang akan membentuk kesuksesan seseorang

Outliers adalah penjelasan sempurna tentang apa itu privilese. Di era saat ini privilese dianggap menjadi kata buruk yang melanggengkan mental menyalahkan, padahal sebenarnya memahami privilese adalah agar kita paham keadaan sulit diri dan orang lain, bahwa kesuksesan tidak terbentuk dari faktor tunggal namun dari sederet faktor. Didunia ini, semua hal berkaitan yang secara sistemis memberikan dampak kepada banyak orang, sebagian ada yang diuntungkan dan sebagian lagi mungkin dirugikan.

Kerja keras jelas menjadi faktor penting kesuksesan, dalam buku ini sendiri Malcolm Gladwell mengatakan bahwa mengasah keahlian dalam suatu bidang selama 10,000 jam maka seseorang akan bisa sukses dalam bidang tersebut. Pernyataan ini pun memiliki dasar teori, seorang psikolog bernama Anders Ericsson adalah salah satu orang yang mengajukan teori tersebut. Gladwell juga memberi contoh beberapa tokoh terkenal seperti pemain violin dan atlet sukses yang juga telah meluangkan waktu untuk berlatih sebanyak itu.

Namun seperti yang Malcolm Gladwell sudah jelaskan, sukses bukanlah faktor tunggal. Gladwell mengatakan “Kesuksesan bukan sekadar jumlah keputusan dan usaha yang kita sendiri. Outliers adalah mereka yang telah diberi kesempatan — dan yang memiliki kekuatan dan pikiran untuk memanfaatkannya.” Perspektif ini membuat kita bisa lebih memahami keterbatasan orang lain dan menerima keterbatasan diri sendiri. Dari pemikiran Malcolm Gladwell ini kita juga bisa belajar untuk memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan yang kita miliki dan mengambil nilai baik dari faktor luar lain yang membentuk kita. Disamping itu, kita juga dapat bersama-sama memanfaatkan keuntungan yang kita miliki untuk membantu sesama yang tidak memiliki privilese mendapatkan hidup yang lebih baik.

Perspektif unik Gladwell menantang pembaca untuk melihat kecerdasan, sukses, dan kepopuleran dengan cara yang baru. Selain itu, salah satu hal yang menyenangkan dari tulisan Gladwell adalah bagaimana ia dapat menjelaskan teori yang kompleks dengan fenomena sehari-hari. Outliers adalah buku yang cerdas dan menghibur yang dapat menstimulasi pikiran, dan memperluas pandangan pembaca. Buku ini dapat kamu baca dengan meminjam buku ke UC Library loh. Dengan memanfaatkan fasilitas UC Library yang baru, kamu dapat dengan mudah mengakses buku-buku keren seperti Outliers karya Malcolm Gladwell ini. Yuk segera kontak UC Library!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.