Bikin Sendiri String Art yang Sederhana. Jawa Pos. 27 Mei 2018.Hal.23

SURABAYA – Jalinan benang yang membentuk pola geometris, nama, dan berbagai gambar sederhana dapat menjadi sesuatu yang menggugah pandangan. Ornamen cantik hasil tangan kreatif itu bernama string art. Dilakukan dengan membelitkan benang berwarna ke sekitar jarum atau paku dengan pola tertentu. Asyiknya membuat string art tampak pada workshop yang dihelat di Pakuwon Mall kemarin (26/5).

Adalah Agnes Shella, owner gerai kreatif Kaotn Soco, yang menjadi pemandu workshop. Perempuan 23 tahun itu berbagi ilmu membuat string art dengna cara sedeharana. Pola yang dibuat biasanya berbentuk dengan teknik lilit dan pemilihan warna.

Untuk membuat string art, alat-alat yang wajib disiapkan adalah benang sulam katun, paku/jarum, palu karet, dan alat yang terbuat dari kayu balsa. Jening benang yang digunakan bisa menyesuaikan tampilan yang ingin dibuat. Benang sulam biasanya digunakan untuk karya dengan penampakan tipis dan lembut. Benang wol yang lebih tebal cocok untuk karya timbul. Sementara itu, jarum dan paku yang bagus digunakan memiliki kepala kecil. Bisa juga menggunakan jarum pentul dengan kepala satu warna untuk menciptakan sentuhan lain. Untuk alas, Shella menyarankan menggunakan kyu balsha karena karakternya yang empuk dan ringan. Kreator boleh juga menambahkan kanvas yang dilapisi kayu agar paku tidak mudah goyah.

String art dibuat berdasar pola yan gdibuat dengan kertas. Caranya, diletakan pola di tengah-tengah alas. Tahan dengan selotip supaya kertas tidak bergeser ketika paku ditancapkan. Barulah, satu per satu paku ditancapkan menyesuaikan titik-titik pada pola. “Pukul setiap paku sedalam kurang lebih 6 mm dari permukaan. Pastikan tingginya sama dengan tidak bengkok, ya,” ujar mahasiswa DKV Universitas Ciputra itu.

Setelah jarum tertancap semua, angkat pola. Mulailah menjalin benang ke paku. Pada tahap itu, setiap peserta boleh memulai dari paku mana saja. (esa/c10/tia)

Sumber : Jawa-Pos.27-Mei-2018.Hal.23

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *