Beri Pelatihan Rutin untuk Warga. Jawa Pos. 27 September 2018.Hal. 28_Yohanes Somawiharja. Rektorat

SIDOARJO – Nuryono, kepala Desa (Kades) Kalisampurno, Tanggulangin, terus mendorong warganya semakin produktif dalam berwirausaha. Yakni, memfasilitasi warganya yang ingin mengikuti pelatihan pembuatan kerajinan berbahan kulit. Mulai dari tas, dompet, sabuk, koper, sepatu, sampai jaket.

“Bahkan, saya siap menampung hasil produksinya. Kami juga membelikan mesin jahit khusus belajar,” kata Nuryono.

Menurut dia, target utama dari pengembangan wirausaha itu adalah para anak muda karang taruna. Dengan demikian, dia berharap sejak muda mereka memiliki skill dalam berusaha. Namun, ibu-ibu maupun bapak tetap boleh bergabung. Bahkan, dari luar desa boleh mengikuti pelatihan. “Saya dibantu karyawan akan memberikan pelatihan sampai bisa. Ada instruktur yang membantu melatih,” ujarnya.

Tidak hanya menjahit, Nuryono pun menfasilitasi pelatihan pengelemannnya hingga cara membuat desain kreatif. “Anak-anak SMK biasanya juga latihan di sini. Kami sediakan waktu tiga bulan untuk belajar. Jika dirasa masih kurang, bisa ikut latihan lagi,” ungkapnya.

Nuryono akan menampung hasil pelatihan tersebut. Barang itu bakal dijual di toko miliknya. Bahkan, jika ingin melamar kerja atau menjadi karyawan usaha kerajinan kulit di tempatnya, dia mempersilahkan. “Untuk pemberdayaan,” katanya.

Tak heran, di salah sati tempat produksi usaha kulit miliknya di RT 16, RW 5, ada seratus karyawan yang dipekerjakan. Dalam sehari, mereka bisa menghasilkan 50-100 produk dari kulit asli. Para pekerja itu rata-rata adalah warga sekitar Desa Kalisampurno, Kedensari, dan Kludan.

Sementara itu, pemetaan dan pendampingan program Desa melangkah 2018 segera berjalan. Kemarin (26/9) tim Jawa Pos melaksanakan penandatanganan MOU (memorandum of under standing) dengan Universitas Ciputra (UC).

Hadir dalam kesempatan itu Rektor UC Ir Yohannes Somawihardja MSc beserta para dekan UC, program Desa melangkah mendapatkan dukungan pemkab. (uzi/c25/hud)

Sumber : Jawa-Pos.27-September-2018.Hal.28

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *