Belajar Kejujuran dari Film Bad Genius

Hai semua, film tentang remaja gak melulu soal cinta-cintaan aja, lho. Ada juga film yang berfokus pada permasalahan yang ada di sekolah. Contohnya film yang satu ini, nih, “Bad Genius”. Film yang berasal dari Thailand ini merupakan film ini mengisahkan tentang anak-anak SMA yang ingin masuk ke perguruan tinggi favorit. Untuk mendapatkan nilai yang tinggi, mereka bekerja sama dalam ujian dengan cara mencontek yang sangat kreatif.

Nah, dari film ini banyak hal yang bisa kamu pelajari. Apa aja itu? [Spoiler Alert]

  1. Terdapat konsekuensi dari setiap perbuatan kita

Pelajaran pertama yang bisa kita dapatkan adalah akan akan konsekuensi yang kita terima dari setiap perbuatan yang kita lakukan. Di film ini Lyn merupakan murid yang amat pintar. Karena kepintaran yang dimilikinya itu, dia membuka jasa contekan untuk teman-temannya di kelas agar bisa lulus ujian. Awalnya berjalan dengan baik, namun pada akhirnya mereka harus menerima hukuman atas hal yang telah mereka perbuat. Sis, kamu harus tau, ketika kita melakukan kecurangan pasti ada konsekuensi yang harus diterima.

  1. Jujur itu penting

Selanjutnya nih mengenai kejujuran. Remaja laki-laki yang bernama Bank adalah salah satu karakter yang mempunyai karakter pekerja keras dan jujur dalam film ini. Dia juga merupakan siswa yang berprestasi selain Lyyn. Suatu saat Bank mulai mengetahui trik yang dipakai para siswa yang mencontek pada Lyyn, yaitu dengan menggunakan kode piano. Mengetahui hal itu, dia melaporkannya kepada kepala sekolah.

Dari sini kita tau kalau jujur itu sangatlah penting. Ketika sekolah kamu mungkin sering menemukan beberapa teman-temanmu yang melakukan kecurangan saat ujian. Tapi alangkah baiknya jika kamu jujur dan percaya terhadap kemampuanmu sendiri ya.. sehingga kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu.

  1. Rasa tamak selalu ada dalam diri manusia

Pada awalnya nih ya, Lyn sebenernya cuma membuka jasa contekan kepada beberapa temannya aja dan dia mendapatkan uang yang lumayan dari jasanya itu. Namun pada akhirnya, dia membuka jasa contekan kepada banyak siswa agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ini nih yang gak baik, pentingnya kita memilikir rasa cukup dalam diri kita sendiri, ya!

  1. Berani mempertanggungjawabkan atas apa yang sudah diperbuat

Ketika tes STIC di Sidney, Bank tertangkap basah menggunakan hp dan ia dikeluarkan oleh pihak sekolah. Sementara itu sy Lyyn masih bisa melanjutkan sekolahnya walaupun dia tidak mengambil beasiswa dan kuliah di luar negeri. Pada akhirnya Lyyn pun jujur kepada ayahnya dan membuat pengakuan bahwa dia juga terlibat dalam kecurangan tes STIC yang dia lakukan bersama Bank.

Berani berbuat, berani bertangungjawab. Mendapatkan hukuman merupakan konsekuensi dari perbuatan yang telah diperbuat.

Itu tadi beberapa pelajaran yang bisa kamu ambil dari film ini, Sis! Gimana? Tertarik untuk langusng menontonnya?

 

 

 

Daftar Pustaka

Rahmasari, Mirna. Pelajaran yang Dapat KAmu Ambil dari film Bad Genius. Wirahadie.com. diakses pada https://wirahadie.com/film-bad-genius/. 2 Agustus 2021.

Kirtan, Mikhail. (2020, November 30). Hal yang dapat kamu pelajari dari film Bad Genius. snapask.com. diakses pada https://academy.snapask.com/id-id/post/pelajaran-dari-film-bad-genius-fef901c72bb9 . 2 Agustus 2021

Gita, Puti (2018. Feb 26). 5 Pelajaran Hidup yang dapat diambil dari film Thailand Bad Genius. Idntimes.com. diakses pada https://www.idntimes.com/life/inspiration/puti-gita/pelajaran-yang-dapat-diambil-dari-film-thailand-bad-genius-c1c2/5. 2 Agustus 2021

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.